Quantcast
Foto & VideoCamera RoomLensaReview

Review Canon RF 85mm F2 IS STM

Lensa Portrait Harga Terjangkau untuk Kamera Mirrorless Canon

Reader Rating0 Votes
0
8.3

Salah satu focal length favorit buat fotografer Portrait adalah 85mm.  Selain minim distorsi, lensa yang memiliki rentang fokal 85mm juga mampu mengisolasi subyek dengan memadai. Bagi pengguna kamera mirrorless dengan mount RF, Canon menghadirkan lensa Canon RF 85mm F2 IS STM dengan harga yang terjangkau.

Desain dan Autofocus Canon RF 85 F2 IS STM

Dilihat dari desainnya, lensa ini cukup ringkas. Tidak terlalu panjang dengan bobot relatif ringan. Cincin untuk mengatur fokus secara manual juga cukup nyaman dan mudah digunakan.

canon rf 85mm f2

Pada bodi lensanya ada tiga switch, yaitu untuk memilih fokus otomatis dan manual, mengaktifkan Image Stabilizer serta mengatur jarak fokus.

Pengaturan jarak fokus ini penting untuk mempercepat lensa menemukan fokus. Satu keunikan lensa 85mm ini adalah perbesaran gambar yang diambil hingga 1:2 dengan jarak fokus minimum 35mm. Ini membuatnya bisa merangkap sebagai lensa makro secara terbatas. Untuk memotret makro dari jarak dekat, Anda dianjurkan membatasi gerak autofocus dari jarak dekat saja sehingga fokus bisa dikunci dengan lebih cepat.

Kinerja fokus otomatisnya tidak terlalu cepat, masih belum secepat Canon RF 35mm f/1.8, dengan suara motor yang agak berisik. Tapi setidaknya cincin fokus RF 85mm F2 nyaman digunakan sehingga dapat diandalkan untuk merekam video.

Hasil foto Canon RF 85mm F2 IS STM

Kami memasangkan lensa ini dengan Canon EOS R8 yang tidak memiliki I.B.I.S atau penyetabil gambar di bodi. Hasilnya ternyata amat baik. Berikut beberapa hasil foto langsung dari kamera, tanpa proses editing.

Bicara soal stabilisasi, Canon RF 85mm F2 IS STM ini punya dua spesifikasi yaitu Hybrid OIS hingga 5 stop untuk memotret biasa dan Hybrid OIS hingga 3 stop saat memotret makro. Dari pengujian, kami bisa memotret dengan tajam hingga kecepatan 1/15 detik. Fitur ini terbukti amat berguna saat memotret makro dari jarak dekat.

Hasil foto makronya juga baik, selama Anda tidak membutuhkan perbesaran gambar 1:1 dan puas dengan 1:2. Berikut contoh hasil foto makro Canon RF 85mm F2 IS STM.

F2
f2

F4
f4

Pada setting diafragma f/5.6, detil terlihat amat baik dan tajam untuk berbagai obyek.

IMG_1718

Lensa Portrait Murah Meriah untuk RF Mount

Canon RF 85mm F2 IS STM hadir sebagai solusi lensa portrait murah meriah untuk sistem RF mount. Bagi yang sudah cukup dengan diafragma F2, lensa ini bisa menjadi andalan untuk bekerja. Kemampuan makronya jadi bonus menarik yang bisa berguna saat memotret makanan atau obyek lain dari jarak dekat. Kualitas hasil fotonya juga amat baik, tidak kalah jauh dengan Canon RF 85mm F1.2 L yang harganya mencapai 4 kali lipat.

Jadi bagi kamu yang mencari lensa portrait medium telephoto, lensa ini layak dijadikan pilihan.

Kelebihan Canon RF 85mm F2 IS STM

  • Hasil foto tajam
  • Bokeh menarik
  • Fokus cukup cepat
  • Bisa fokus dari jarak dekat untuk foto makro
  • Stabilisasi cukup oke
  • Bobot cukup ringan

Kekurangan Canon RF 85mm F2 IS STM

  • Autofocus kurang senyap
  • Walaupun paling murah dari Canon, harganya tidak murah
canon rf 85mm f2
Canon RF 85mm F2 IS STM hadir sebagai solusi lensa portrait murah meriah untuk sistem RF mount. Bagi yang sudah cukup dengan diafragma F2, lensa ini bisa menjadi andalan untuk bekerja. Kemampuan makronya jadi bonus menarik yang bisa berguna saat memotret makanan atau obyek lain dari jarak dekat. Kualitas hasil fotonya juga amat baik, tidak kalah jauh dengan Canon RF 85mm F1.2 L yang harganya mencapai 4 kali lipat. Jadi bagi kamu yang mencari lensa portrait medium telephoto, lensa ini layak dijadikan pilihan.
Desain
8
Hasil Foto
9.5
Harga
7.5
Reader Rating0 Votes
0
8.3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Hasil Foto
Harga
Final Score

Back to top button