Quantcast
NewsFoto & VideoTips

[Tips] Cara Menggunakan Fujifilm XApp untuk Memindahkan Foto dari Kamera ke Smartphone

Setiap pabrikan kamera kini punya aplikasi smartphone masing-masing. Pengguna kamera mirrorless Fujifilm bisa menggunakan XApp yang tersedia untuk sistem operasi Android dan iOS.

Fujifilm XApp

XApp adalah versi penyempurnaan aplikasi Camera Remote sebelumnya. Secara fungsi masih sama. Aplikasi ini bisa mempermudah pengguna kamera Fujifilm untuk terhubung ke smartphone atau tablet. Fitur yang ditawrakan mencakup kirim foto dan video dari kamera ke smartphone atau tablet, melakukan pengaturan kamera, remot kendali, update firmware, dan masih banyak lagi.

Bedanya, XApp lebih mudah digunakan. Antarmukanya lebih sederhana. Untuk konektivitas XApp juga bisa menghubungkan kamera ke smartphone atau tablet dengan lebih cepat dan stabil.

Di artikel berikut kami akan memberikan tips cara menggunakan XApp untuk memindahkan foto dari kamera Fujifilm ke smartphone atau tablet. Kami menggunakan kamera mirrorless Fujifilm X-S10. Bisa juga diikuti untuk pengguna kamera mirrorless Fujifilm yang lain.

Cara menggunakan Fujifilm Xapp untuk memindahkan foto dari kamera ke smartphone

1. Langkah pertama pastikan kamera mirrorless Fujifilm Anda sudah mendukung aplikasi Xapp. Berikut daftar kamera Fujifilm yang kompatibel.

Fujifilm Xapp 2

2. Jika salah satu kamera Anda termasuk di daftar tersebut selanjutnya unduh dan install aplikasi Xapp di ponsel atau tablet. Untuk pengguna Android Xapp bisa didapatkan di Play Store dan App Store untuk pengguna iOS.

3. Pastikan konektivitas Bluetooth dan WiFi pada smartphone atau tablet sudah aktif. Kemudian, pastikan juga sudah aktifkan Bluetooth dan WiFi di kamera.

4. Untuk mengaktifkan WiFi dan Bluetooth di kamera bisa ke Settings lalu pilih SETUP. Kemudian, pilih Connection Settings dan pilih Bluetooth/Smartphone Settings. Selanjutnya klik Pairing Registration.

Fujifilm XApp 3

5. Di smartphone buka aplikasi XApp. Klik pada bagian Pairing a new Camera. Pilih tipe kamera dan lanjutkan proses Pairing hingga selesai.’

6. Untuk memindahkan foto dari kamera ke smartphone pilih opsi Get. Kemudian, Anda akan diarahkan untuk terhubung ke WiFi kamera. Setelah terhubung, aplikasi akan meminta ijin untuk akses memori internal smartphone agar foto dan video bisa disimpan.

Fujifilm XApp 6

7. Setelah terhubung file foto yang ada di kamera akan langsung tampil di smartphone. Pilih foto dan klik Get di pojok kanan bawah untuk menyimpan foto ke smartphone. Anda juga bisa mengaktifkan opsi Resize untuk memperkecil ukuran file foto sehingga bisa lebih hemat ruang penyimpanan.

Fujifilm XApp 7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button