Quantcast
KomputerLaptopNewsPC DesktopTech News

Intel Thunderbolt Share: Permudah Interaksi Dua Perangkat PC Lewat Port USB

Terhubung antar PC kini semakin mudah. Intel memperkenalkan Thunderbolt Share. Lewat teknologi ini Anda dimungkinkan untuk menghubungkan dua perangkat PC lewat satu kabel Thunderbolt.

Intel Thunderbolt Share

Fitur Intel Thunderbolt Share

Thunderbolt Share bukan komponen hardware. Melainkan sebuah aplikasi yang akan dilisensi Intel ke para pabrikan untuk dipasang ke produk laptop, PC desktop, dan aksesoris.

Ini artinya semua laptop, PC desktop dan aksesoris yang sudah dilengkapi teknologi port Thunderbolt 4 atau 5 bisa memanfaatkannya.

Intel Thunderbolt Share

Lalu apa saja kegunaan Thunderbolt Share? Setidaknya ada empat fungsi utama yang ditawarkan. Pertama, Control Other Computer. Lewat fungsi ini Anda bisa menghubungkan dua perangkat PC untuk digunakan bersamaan dengan satu monitor, keyboard dan mouse yang sama.

Misalnya, di skenario Anda memiliki PC desktop dan laptop. Anda bisa menghubungkan PC desktop dan laptop tersebut menggunakan satu kabel Thunderbolt. Kemudian, PC desktop dan laptop tersebut bisa digunakan bersamaan menggunakan satu keyboard dan mouse yang sama. Selain itu, Anda juga dimungkinkan untuk berbagi layar di resolusi Full HD 60p.

Intel Thunderbolt Share

Fitur kedua adalah Sync Files. Sesuai namanya Anda bisa melakukan sinkronisasi file yang ada di masing-masing PC. Fitur ketiga Drag & Drop Files. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan file dari satu PC ke PC yang lain dengan cepat dan mudah.

Terakhir, Transfer Data to New Computer. Lewat Fitur ini semua file yang ada di PC lama bisa langsung dipindahkan ke PC baru. Jadi, tidak lagi perlu repot membuat backup ke hard disk atau SSD portabel terlebih dulu.

Hingga saat ini tercatat sudah ada delapan pabrikan yang sudah siap mengadopsi Thunderbolt Share ke perangkat mereka. Di antaranya MSI, Lenovo, Acer, Kensington, Belkin, Razer, Promise Technology dan Plugable.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button