Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNewsProduct News

Fujifilm GFX 100S II: Mirrorless Medium Format dengan Sensor 102 Megapixel Paling Ringan

Kehadiran Fujifilm X-T50 tidak sendirian. Fujifilm juga mengumumkan GFX 100S II. Kamera mirrorless medium format ini adalah yang paling ringan di lini GFX-Series.

Fujifilm GFX 100S II

Spesifikasi Fujifilm GFX 100S II

Bobot GFX 100S II hanya sekitar 883 gram saja. Menjadikannya semakin mudah untuk diajak bepergian.

Di balik rancangan bodinya yang ringkas sekilas spesifikasi GFX 100S II mirip GFX 100 II. Kamera ini datang dengan sensor medium format 102 megapixel dan prosesor X-Processor 5.

Bedanya, GFX 100S II menggunakan sensor medium format CMOS II yang telah diperbarui. Sementara, GFX 100 II dengan teknologi sensor CMOS II HS.

Fujifilm GFX 100S II

Perbedaan sensornya menjadikan kemampuan kedua kamera ini berbeda. Misalnya, di skenario memotret tanpa henti. GFX 100S II bisa memotret dengan kecepatan 7 fps. GFX 100 II kecepatan memotret tanpa hentinya 8 fps. Jadi, GFX 100 II masih tetap mirrorless medium format tercepat Fujifilm hingga saat ini.

Menurut Fujifilm, sensor GFX 100S II yang telah diperbarui membawa peningkatan di beberapa sektor. Sensor tersebut kini mendukung pengaturan ISO mulai dari ISO 80, bisa memotret RAW 16-bit, dan cakupan dynamic range yang lebih luas. Selain itu, sensor tersebut juga diklaim memiliki kendali noise yang lebih baik di ISO tinggi jika dibandingkan generasi sebelumnya GFX 100S.

Fujifilm GFX 100S II 2

Di modus video GFX 100S II bisa merekam video hingga resolusi 4K 30fps. Opsi kualitas perekaman video di format 10-bit 4:2:2 kini juga mendukung hingga 720mbps. Selain itu, GFX 100S II bisa merekam video ke eksternal SSD di format Apple ProRes 422 lewat port Type-C.

Modus videonya turut didukung sistem penstabil IBIS 5-axis (In Body Image Stabilization) dengan kemampuan stabilisasi hingga 8-stop dan sederet fitur kelas profesional. Seperti misalnya profil F-Log2, fungsi tap-to-track autofocus, serta tampilan waveform dan vectorscope. GFX 100S II kini juga kompatibel dengan perangkat recorder eksternal dari Atomos dan Blackmagic untuk perekaman video di format ProRes RAW atau Blackmagic RAW.

Pembaruan lain ada di sektor autofocus. GFX 100S II dilengkapi teknologi Autofocus berbasis kecerdasan buatan. Jadi, sistem autofocus kamera ini bisa mengenali beragam subyek mulai dari orang, hewan, kendaraan dan masih banyak lagi dengan sangat cepat dan akurat.

Sebagai tambahan GFX 100S II kini juga membawa efek simulasi film Reala ACE dan memiliki fitur camera-to-cloud. Fitur ini bisa memungkinkan pengguna untuk langsung mengunggah hasil foto dan video ke platform Adobe Frame.io dan beragam platform lain.

Harga Fujifilm GFX 100S II

Fujifilm GFX 100S II akan tersedia di bulan Juni 2024 dengan harga US$4995 atau sekitar 79 Jutaan Rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button