Quantcast
ReviewKomputerMade for BusinessWorkstation

Review HP Zbook Firefly 14 G10

8.5
Cek harga

Laptop di kelas workstation identik dengan dimensi yang bongsor. Menjadikannya kurang ideal untuk diajak mobilitas. Namun, lewat Zbook Firefly 14 G10 HP berhasil menghadirkan laptop kelas workstation dengan dimensi yang sangat ringkas.

Review HP Zbook Firefly 14 G10

Desain HP Zbook Firefly 14 G10

Desain laptop Zbook Firefly 14 G10 terlihat seperti laptop bisnis HP pada umumnya. Terlihat modern dan minimalis dengan kelir bodi berwarna silver.

HP Zbook Firefly 14 G10

Rancangan bodinya yang sangat ramping hanya setebal 1.99 cm. Sementara, bobotnya ada di kisaran mulai dari 1,45 Kg. Saat diajak mobilitas dimensinya yang ringkas tidak banyak makan tempat di dalam tas. Bobotnya yang ringan juga tidak membuat pundak pegal saat dibawa bepergian.

HP Zbook Firefly 14 G10 3

Sektor konektivitas termasuk komplit. HP tidak pelit konektivitas. Bahkan, tersedia dua port Thunderbolt 4 di sisi kiri bodinya. Segaris port Thunderbolt 4 tersebut tersedia port USB Type-A dan satu port HDMI 2.1. Di sisi kanan tersedia lagi satu port USB Type-A dan 3.5mm jack audio. Penempatan semua port konektivitasnya termasuk baik. Tidak menganggu fungsi satu sama lain saat digunakan.

Layar cukup memadai

Di sektor layar Zbook Firefly 14 G10 membawa panel layar IPS 14 inci yang resolusinya 1920 x 1200 pixel. Satu nilai tambah panel layarnya sudah mendukung fitur sentuhan. Berkat tambahan lapisan anti-glare atau anti pantulan panel layarnya cukup nyaman di mata. Tidak juga membuat mata cepat lelah.

HP Zbook Firefly 14 G10

Untuk output warna layar mendukung cakupan gamut warna 45% NTSC. Belum 100% sRGB atau 100% DCI-P3. Untuk produktivitas sehari-hari bagi kami sudah lebih dari dari cukup. Tapi, jika Anda membutuhkan output warna yang lebih akurat HP juga menyediakan opsi dengan panel DreamColor Display atau OLED (untuk versi 16 inci).

Tepat di atas layarnya bisa ditemukan kamera webcam 5 megapixel. Kamera webcam tersebut didukung dengan beragam fitur pintar untuk mengoptimalkan konferensi video. Seperti misalnya itur auto-framing dan HP Presence.

HP Zbook Firefly 14 G10 8

HP juga menyematkan mikrofon dengan dukungan teknologi kecerdasan buatan AI Noise Supression. Fitur ini bisa menghilangkan suara bising di sekitar dan memastikan suara Anda jelas saat konferensi video berlangsung.

Keyboard dan touchpad yang nyaman

HP Zbook Firefly 14 G10

Bergeser ke area keyboard Zbook Firefly 14 G10 membawa HP Premium keyboard bergaya chicklet. Ukuran setiap tombolnya cukup besar. Jarak antar tombol juga tidak terlalu dekat. Sangat nyaman digunakan untuk mengetik dan tidak membuat jari cepat lelah. Keyboard tersebut didukung dengan fitur lampu backlit dan anti tumpahan air.

HP Zbook Firefly 14 G10 9

Satu fitur yang menjadi nilai tambah dari laptop ini adalah hadirnya tombol Programmable key yang bisa diatur lewat aplikasi myHP. Tombol ini bisa diatur untuk langsung mengakses beberapa aplikasi, files, folder, hingga website yang sering Anda gunakan. Sangat praktis dan mempersingkat waktu sehingga tidak perlu lagi membuka satu persatu.

Di bagian bawah keyboard tersedia area touchpad berukuran besar. Touchpad tersebut sangat responsif dengan sentuhan jari dan sudah mendukung fitur multi-sentuh.

Performa HP Zbook Firefly 14 G10

HP Zbook Firefly 14 G10 7

Performa Zbook Firefly 14 G10 ditenagai prosesor Intel Core i7-1355U. Model yang kami review berikut menggunakan kofigurasi RAM 32GB dan ruang penyimpanan SSD yang kapasitasnya 512GB.

Meski masuk di kelas workstation kami cermati laptop ini tidak menggunakan prosesor H-Series. Ini memang menjadi satu kompromi mengingat rancangan bodinya yang sangat ringkas. Jika menggunakan prosesor H-Series dimensi bodinya pasti akan lebih bongsor karena memerlukan sistem pendinginan yang lebih mumpuni.

HP Zbook Firefly 14 G10 6

Tapi, di sektor grafis HP tetap memercayakan teknologi kartu grafis kelas workstation NVIDIA RTX A500. Kartu grafis ini memang dirancang untuk kebutuhan pengguna profesional yang membutuhkan kemampuan rendering 3D terbaik dan ketahanan ekstra saat digunakan dalam waktu yang lama.

Pada prakteknya dengan spesifikasi tersebut Zbook Firefly 14 G10 tetap bisa diandalkan. Untuk produktivitas sehari-hari kami seperti bekerja dengan Microsoft Office, browsing, dan konferensi video performanya masih terasa kencang. Sekalipun melakukan multitasking dengan membuka beberap apalikasi sekaligus atau browsing dengan banyak tab performanya masih tetap mulus.

Beragam tugas yang membutuhkan kinerja grafis berat juga bisa diandalkan seperti misalnya penyuntingan foto dan video di resolusi tinggi. Menjadikannya laptop yang cukup ideal untuk mendukung konten kreasi. Selain itu, untuk sekedar hiburan performa kartu grafis Nvidia RTX A500 juga cukup memadai untuk gaming di saat waktu luang.

Kompromi lain dari rancangan bodinya yang tipis dan ringan ada di manajemen thermal. Secara keseluruhan kipas pendinginnya cukup memadai untuk menjaga performanya tetap stabil di saat beban tugas semakin intens. Meski terdengar sedikit agak bising. Rasa hangat juga lebih cepat terasa di area bawah bodi dan di atas permukaan keyboard.

Fitur keamanan komplit di kelasnya

HP Zbook Firefly 14 G10 dilengkapi dengan sederet fitur keamanan kelas bisnis andalan HP. Laptop ini sudah dilengkapi sensor sidik jari dan teknologi keamanan Wolf Pro Security yang menawarkan standar keamanan paling canggih di industri.

HP Wolf Security 1

Selain itu, ZBook Firefly 14 G10 dilengkapi dengan platform Intel vPro. Platform ini memeberikan dukugnan fitur keamanan komprehensif dan berlapis, termasuk Intel Hardware Shield. Teknologi ini melindungi PC dan data Anda di tingkat hardware, memberikan lapisan pertahanan tambahan dari ancaman internal dan eksternal.

Kesimpulan

HP berhasil menghadirkan kombinasi yang pas antara performa dan dimensi. Ini menjadikan Zbook Firefly 14 G10 solusi laptop kelas workstation yang ringkas sekaligus kencang. Nilai tambah lain laptop ini juga didukung dengan sistem keamanan yang canggih dan tangguh. HP Zbook Firefly 14 G10 bisa dipilih untuk para pebisnis, profesional, arsitek, dan pekerja di industri kreatif yang mobilitasnya tinggi.

Kelebihan HP Zbook Firefly 14 G10

+ Dimensi ringkas dan ringan untuk laptop workstation
+ Layar sentuh
+ Keyboard dan touchpad nyaman
+ Tersedia tombol Programmable key
+ Fitur keamanan komplit
+ Ada dua port Thunderbolt 4

Kekurangan HP Zbook Firefly 14 G10

– Manajemen thermal kurang optimal
– Agak bising saat komputasi berat
– Opsi layar IPS belum 100% sRGB

Zbook Firefly 14 G10 solusi laptop kelas workstation yang ringkas sekaligus kencang. Laptop ini bisa dipilih untuk para pebisnis, profesional, arsitek, dan pekerja di industri kreatif yang mobilitasnya tinggi.
8.5
Cek harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Hasil Foto
Harga
Final Score

Back to top button