Quantcast
Mobile GadgetNewsProduct NewsSmartphone

[Hands-On] Melihat Lebih Dekat iQOO Z9, Smartphone Kelas Menengah dengan Snapdragon 7 Gen 3

iQOO Indonesia memastikan akan memboyong iQOO Z9 sebagai penawaran terbarunya untuk konsumen yang menginginkan smartphone dengan performa bertenaga. Penerus dari Z7 series ini membawa banyak upgrade yang cukup signifikan, termasuk dari segi chipset.

Nah dalam artikel kali ini kami ingin mengajak Anda melihat lebih dekat seperti apa desain dari iQOO Z9. Sekilas, kami juga sudah mencoba kameranya. Penasaran? Yuk, langsung saja simak ulasan singkatnya!

Desain sekilas mirip iQOO 12

iQOO Z9

iQOO (baca: Aiku) merancang Z9 dengan desain yang cukup mirip dengan seri iQOO 12. Pada bagian belakangnya terdapat bumper kamera besar dengan dua lensa. Sementara lampu flash posisinya berada di luar frame. Sisanya? Polos saja.

Z9 bakal hadir dalam dua pilihan warna, yaitu Phantom Black atau Breeze Green seperti unit yang kami pegang. Finishing-nya cantik ketika terpapar cahaya. Yang kami suka, bagian belakang ponsel ini tidak mudah kotor oleh bekas jari.

iQOO Z9 Breeze Green 4

Dimensi iQOO Z9 terbilang ramping dan cukup ringan dengan ketebalan 7,98mm bobot 194,8 gram. Padahal perangkat ini membawa baterai sebesar 6.000 mAh. Menurut iQOO, hal itu bisa terwujud berkat teknologi Ultra-Thin Graphite Battery.

Selama beberapa hari mencobanya, menurut kami iQOO Z9 merupakan perangkat yang nyaman digenggam. Dimensinya dan beratnya pas untuk dioperasikan dengan satu tangan maupun masuk ke saku celana.

iQOO Z9 Breeze Green 1

Sementara di depan terdapat layar AMOLED dengan resolusi 1.5K dan refresh rate 144 Hz. Desain layarnya menggunakan punch hole, sehingga terlihat modern seperti kebanyakan smartphone masa kini. Bezelnya pun sudah lumayan tipis.

iQOO Z9 Breeze Green 2

Di bagian bawah terdapat port USB Type-C bersama dengan lubang mikrofon, grill speaker, dan SIM-tray. Sementara tombol daya dan pengaturan volume ada di kanan

Spesifikasi dan kamera iQOO Z9

Seperti disebutkan sebelumnya, iQOO Z9 adalah ponsel yang mengedepankan sektor performa sebagai nilai jual utama. Anda akan disuguhkan chipset Qualcomm Snapdragon 7 Gen 3 yang kinerjanya dijaga oleh 6K Vapor Chamber Cooling System. Menurut iQOO, sistem pendingin ini sebelumnya digunakan pada seri iQOO 12.

iQOO Z9 Breeze Green 3

Sementara untuk fotografi, Z9 menawarkan kamera utama dengan sensor Sony IMX882. Fitur-fitur bawaannya standar saja, mulai dari AI Scene Recognition, Night Mode, Portrait Mode, dan yang lainnya. Sedikit catatan kami, mode portraitnya masih bisa ditingkatkan lagi agar pemisahan antara objek utama dan background lebih rapi. Berikut hasil foto yang kami abadikan menggunakan kamera utama Z9:

Hasil foto iQOO Z9 (1)

Hasil foto iQOO Z9 (2)

Kesan pertama

iQOO Z9 bisa jadi pilihan yang menarik di segmen menengah, khususnya bagi pengguna yang menginginkan ponsel dengan chipset kencang untuk main game. Sayangnya di artikel kali ini kami belum boleh untuk mengungkap lebih jauh seperti apa performanya.

Yang pasti, kesan pertama kami cukup positif. Snapdragon 7 Gen 3 adalah chipset yang mantap di kelasnya. Tinggal berapa harga jualnya ketika diluncurkan secara resmi nanti. Apakah bakal bikin lawan ketar ketir, atau sebaliknya? Kita tunggu saja pengumuman di acara tanggal 29 Mei!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button