Quantcast
ReviewMobile GadgetSmartphone

Review POCO X6 5G

POCO X6 5G
7.4

POCO X6 5G hadir sebagai penerus X5 series yang menawarkan beragam peningkatan menarik dan cukup signifikan. Sektor performa tentu lebih baik, bahkan kameranya juga tergolong oke di kelas harganya.

Penasaran seperti apa keunggulan yang ditawarkan smartphone berbasis Xiaomi HyperOS ini? Yuk, langsung saja simak ulasan kami!

Desain standar

POCO X6 5G yang datang ke meja pengujian YANGCANGGIH adalah warna Hitam. Desainnya standar saja, sederhana dengan tepian flat di semua sisinya. Yang paling menonjol dari tampilan luarnya tidak lain bump kamera yang besar. Area di sekitarnya pun dibuat berbeda dengan back cover bawah.

POCO X6 5G

POCO memilih untuk menggunakan material serba polikarbonat. Wajar untuk ukuran ponsel menengah. Finishing belakangnya dominan glossy, bisa untuk bercermin dan mudah kotor oleh bekas jari. Kalau sudah kotor, agak sulit membersihkannya. Untungnya, POCO menyediakan softcase dalam kemasan.

Smartphone ini punya ketebalan 7,98mm. Tergolong tipis dan beratnya 181 gram saja. Kombinasi yang membuatnya pas untuk digenggam maupun dimasukkan ke saku celana. Kualitas rancang bangunnya juga cukup solid, sama sekali tidak terasa murahan.

Di bagian depan terdapat layar CrystalRes Flow AMOLED berukuran 6,67 inci. Desainnya layar sudah menggunakan punch hole. Selain itu bezelnya tipis, jadi kesannya lebih modern. Layarnya juga memakai Gorilla Glass Victus agar lebih aman dari goresan maupun benturan.

POCO X6 5G 3

Beralih ke bawah terdapat port USB-C bersama dengan lubang speaker, mikrofon, serta SIM-tray yang hanya menyediakan dua slot nano-SIM. Di bagian kanan ada tombol power dan pengaturan volume. Sementara di atas tersedia IR blaster, mikrofon, speaker, serta audio jack 3.5mm. Ya, masih bisa pasang headset kabel!

POCO X6 5G 4

Sekadar informasi tambahan, POCO X6 5G merupakan smartphone dengan rating IP54 untuk ketahanan terhadap percikan air dan debu. Paket penjualannya komplit, selain dapat softcase dengan kualitas yang cukup bagus, Anda juga langsung diberikan kepala charger.

Layar sedap dipandang

Seperti disebutkan sebelumnya, POCO X6 5G mengandalkan layar CrystalRes Flow AMOLED 6,67 inci. Resolusinya 1220 x 2712 pixel, sedikit di atas FHD+ dan didukung refresh rate 120Hz. Sifatnya adaptive, jadi refresh rate bisa turun sampai 60Hz tergantung kebutuhan konten. Ditambah lagi ada dukungan HDR10+ dan Dolby Vision.

POCO X6 5G 1

Singkatnya, layar ini sudah amat memadai untuk mendukung berbagai kebutuhan mulai dari browsing, nonton video, hingga main game. Tingkat kecerahannya cukup baik pada penggunaan di bawah sinar matahari, gambarnya tajam, dan warnanya pun kaya. Tidak ada keluhan sama sekali.

Sedikit membahas audionya, POCO X6 5G sudah punya speaker stereo. Kualitas suaranya jernih dan enak didengar. Bukan fitur yang spesial, namun susah sesuai untuk ukuran ponsel kelas menengah masa kini.

Kamera ada peningkatan

POCO X6 5G menawarkan kamera utama 64 MP dengan sensor OmniVision OV64B dan dukungan OIS (Optical Image Stabilization). Selain itu Anda juga disuguhkan dua kamera pendamping yaitu 8 MP ultrawide dan 2 MP makro. Untuk kebutuhan selfie dan panggilan video, terdapat kamera 16 MP di depan.

Jika harus membandingkan dengan generasi sebelumnya, menurut kami kamera utama X6 5G memang mengalami peningkatan. Meski disebut sebagai brand yang fokus pada performa, tapi bukan berarti tidak ada yang bisa dibanggakan dari kemampuan kameranya.

IMG_20240319_095612

IMG_20240319_101122

IMG_20240319_111236

IMG_20240318_174848

Hasil fotonya tergolong baik pada kondisi cahaya yang ideal. Detailnya tinggi, warnanya pas alias lebih ke arah natural, dan dynamic range-nya lumayan luas. Keberadaan OIS terbukti membantu dalam menghasilkan foto yang lebih stabil, jadi tidak mudah blur ketika tangan agak goyang.

Untuk low light pun sudah cukup untuk sekadar diunggah ke media sosial. Foto yang dihasilkan memang mengalami penurunan ketajaman. Yang pasti nuansa malamnya tidak berubah dari aslinya.

IMG_20240318_182217

IMG_20240318_184002

Bagi yang butuh informasi soal videografi, POCO X6 5G mampu merekam hingga resolusi 4K di 30fps, atau 1080p 60fps.

VID_20240318_175956

VID_20240318_181947

Performa oke untuk main game

Chipset smartphone ini tidak perlu diragukan. Dijamin mantap. POCO membenamkan Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2 4nm yang termasuk cukup kencang di kelas harganya. Chipset ini ditemani RAM 12 GB LPDDR4X dan memori internal 256 GB UFS 2.2.

Untuk menemani semua aktivitas sehari-hari jelas tidak ada masalah. Semua terasa gesit, beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain pun cepat. Untuk main game, judul seperti Mobile Legends dapat dijalankan hingga setting grafis Ultra dan dengan mudah meraih 70-90fps.

Game yang lebih berat seperti Genshin Impact pun bisa dimainkan dengan lancar pada setting grafis Lowest 60fps. Agak sulit menyentuh stabil 60fps, tapi rata-rata masih sekitar 40-50an fps, jadi cukup aman. Ketika menjalankan game berat, peningkatan suhunya lumayan terasa. Mungkin ini juga yang bikin performanya masih naik turun.

Urusan daya, Anda disuguhkan baterai 5.100 mAh yang tahan hingga seharian penuh dengan gaya pemakaian normal kami. Jika harus melakukan charging, teknologi 67W dapat mengisi hingga 100% dalam waktu kurang lebih 50 menitan saja.

Nah, ada satu menarik yang perlu kami jelaskan di sini. POCO X6 5G sudah mendapatkan update sistem operasi ke HyperOS berbasis Android 14. Bagi yang belum tahu, HyperOS merupakan sistem operasi paling baru dari Xiaomi dengan beberapa fitur menarik seperti opsi untuk uninstall bloatware, kustomisasi lock screen, teknologi HyperConnect untuk mengontrol semua perangkat terhubung, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Harus diakui POCO berhasil meracik produk kelas menengah yang cukup menarik dari semua sisi. Harganya kompetitif, performanya kencang, kameranya lumayan oke, dan pengisian dayanya pun cepat. Memang masih belum sempurna, tapi penawarannya seimbang sehingga membuat ponsel ini ideal untuk banyak tipe pengguna.

Bagi yang berminat, POCO X6 5G dijual dengan harga Rp3.999.000.

Kelebihan POCO X6 5G:

  • Performa ngebut dengan Snapdragon 7s Gen 2
  • Layar oke, bezelnya pun tipis
  • Kamera tergolong lumayan untuk foto harian
  • Charging cepat
  • Masih ada port audio jack 3.5mm
  • Sudah dapat update HyperOS
  • Paket penjualan komplit

Kekurangan POCO X6 5G:

  • Bodi belakang mudah kotor oleh bekas jari
  • Akan lebih menarik jika tetap menyediakan slot microSD
  • Masih banyak iklan
POCO X6 5G
POCO X6 5G
7.4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Performa
Kamera
Baterai
Harga
Final Score

Back to top button