Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNewsProduct News

Sony Hadirkan Pembaruan Firmware untuk Alpha 1, Alpha 9 III, Alpha 7s III dan Alpha 7 IV

Sony mengulirkan pembaruan firmware untuk kamera mirrorless full frame Sony Alpha. Tercatat ada empat kamera yang akan mendapat pembaruan yakni Sony Alpha 1, Alpha 9 III, Alpha 7s III dan Alpha 7 IV. Pembaruan ini akan menghadirkan tambahan fitur, termasuk dukungan C2PA yang merupakan solusi dari Sony untuk memastikan keaslian konten.

Sony Alpha 9 III 2

Pembaruan Firmware Sony

Firwmare v2.00 untuk Alpha 1
Alpha 1 mendapat beberapa fitur tambahan lewat firmware versi v2.00. Di antaranya fungsi kompensasi lens breathing, opsi jendela bidik elektronik bisa selalu aktif tanpa mengikuti posisi LCD, relay playback, dan fungsi Timecode Sync di modus video. Fungsi ini sebelumnya hanya ada di lini kamera sinema Sony saja.

Sony Alpha 1 1

 

Pembaruan firmware ini juga memberikan dukungan opsi FTP termasuk SFTP dan fungsi C2PA untuk memastikan keaslian konten. Kendati demikian, fungsi C2PA tersebut tidak langsung aktif. Pengguna perlu mengaktifkan lisensi terpisah untuk menggunakan fungsi tersebut. Menurut Sony, layanan ini pada awalnya akan ditawarkan kepada agensi media berita tertentu, dan akan diperluas ke agensi lain di kemudian hari.

Firmware v3.00 Alpha a7S III

Sony a7S III 1
Seperti Alpha 1 firmware v3.00 untuk Alpha a7s III akan memberikan tambahan fitur Timecode Sync, kompensasi lens breathing, relay playback dan fungsi C2PA. Selain itu, di modus video mendapatkan opsi perekaman video DCI 4K 24p.

Firmware ini juga memberikan kemampuan shutter mekanik a7s III untuk menutup saat kamera dimatikan agar terhindar dari debu. Selain itu, pengguna juga kini dimungkinkan untuk mengirim file RAW ke smartphone.

Firmware v3.00 Alpha a7 IV

Sony a7 IV 1
Alpha a7 IV mendapat pembaruan paling sedikit. Firmware versi v3.00 hanya menambahkan fungsi C2PA, network streaming, kemampuan unggah foto langsung ke layanan komputasi awan, dan perluasan fitur yang dapat diakses lewat SDK (Software Development Kit).

Firmware v2.00 Alpha a9 III

Sony a9 III
Lewat firmware v2.00 mirrorless full frame teranyar Sony ini mendapat tambahan fitur informasi nama lensa di metadata file video, kemampuan memotret tanpa henti dengan kecepatan rana kamera penuh, dan kemampuan mengambil gambar dari rekaman video.

Semua firmware ini sudah tersedia dan bisa didapatkan melalui tautan berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button