Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3: Chipset Kelas Premium dengan Fitur On-Device Generative AI

Qualcomm resmi mengumumkan chipset terbarunya di kelas premium yang diberi nama Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3. Ini adalah versi hemat dari Snapdragon 8 Gen 3, namun tetap menghadirkan fitur canggih ala kelas flagship.

Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3

Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3

Snapdragon 8s Gen 3 dirancang untuk perangkat kelas premium. Kemampuannya setingkat di bawah Snapdragon 8 Gen 3, dengan beberapa penyesuaian seperti pada CPU dan GPU. Sama seperti saudaranya, chipset ini dibuat dengan fabrikasi TSMC 4nm.

Soal spesifikasi, Snapdragon 8s Gen 3 dibekali CPU Cortex-X4 berkecepatan 3.0GHz sebagai prime core, 4x Cortex-A720 2.8GHz sebagai performance core, dan 3x Cortex-A520 2.8GHz sebagai core hemat daya.

Untuk GPU menggunakan Adreno 735, di bawah Snapdragon 8 Gen 3 yang memakai Adreno 750. Chipset ini mendukung RAM LPDDR5x 4200MHz dengan kapasitas hingga 24 GB. Selain itu ada juga dukungan UFS 4.0 untuk storage, dan USB 3.1 Gen 2.

Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 3

Sektor konektivitas mengandalkan modem 5G Snapdragon X70. Snapdragon 8s Gen 3 dibekali Triple ISP 18-bit, dan mampu merekam video hingga 4K HDR di 60fps atau 1080p di 240fps.

Yang menarik, Qualcomm tetap membenamkan fitur on-device Generative AI, yang memungkinkan pengguna menghasilkan konten unik seperti gambar, membantu produktivitas dengan asisten berbasis AI, hingga berbagai terobosan lainnya.

Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 2

“Dengan kemampuan AI generatif on-device dan fitur fotografi canggih, Snapdragon 8s Gen 3 dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam mendorong kreativitas dan produktivitas di kehidupan sehari-hari,” ungkap Chris Patrick, Senior Vice President and General Manager of Mobile Handset, Qualcomm Technologies, Inc.

Jadwal ketersediaan

Belum ada jadwal pasti kapan smartphone dengan Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 akan meluncur ke pasaran. Yang pasti, OEM ternama seperti realme, Xiaomi, Redmi, iQOO, hingga Honor siap menghadirkan produk mereka dalam beberapa bulan mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button