Quantcast
ReviewKomputerLaptop

Review Axioo Hype 5 AMD

Axioo Hype 5 AMD
8.5
Cek Harga

Axioo rajin meluncurkan laptop dengan harga yang relatif terjangkau. Yang terbaru adalah Axioo Hype 5 AMD, laptop 5 jutaan dengan performa mumpuni yang asyik diajak bekerja maupun main game. Ya, bisa untuk game! Walaupun tentu belum bisa disejajarkan dengan laptop gaming.

Penasaran seperti apa kecanggihan dari Axioo Hype 5 AMD? Yuk, langsung saja simak ulasan kami.

Desian minimalis

Hype 5 AMD hadir dengan desain yang menurut kami cukup minimalis. Tampilannya sederhana, cocok untuk anak sekolah, mahasiswa, maupun karyawan yang membutuhkan perangkat untuk bekerja di mana saja.

Dari segi built quality cukup solid. Kami tidak menemukan adanya bagian yang terasa ringkih atau memberi kesan murahan. Semua dirancang dengan rapi.

Axioo Hype 5 AMD

Bagian luarnya cenderung bersih. Tidak ada nama Axioo yang terpajang namun digantikan dengan logo X di pojok kanan atas. Warna yang masuk ke meja pengujian kami adalah biru. Birunya terlihat agak gelap dan kalem.

Axioo Hype 5 AMD 4

Laptop ini mengusung layar 14 inci. Ketebalannya 1,94 cm dengan bobot sekitar 1,4 kilogram, membuatnya ideal untuk dibawa bepergian. Charger-nya pun tidak besar dan cukup ringan, jadi nggak makan tempat di dalam tas.

Axioo Hype 5 AMD 7

Hype 5 AMD memiliki engsel yang memungkinkan untuk dibuka hingga 180 derajat. Keyboard-nya nyaman dan nilai plusnya sudah menggunakan backlit dengan dua level kecerahan.

Axioo Hype 5 AMD 1

Anda akan menemukan port yang cukup lengkap, antara lain HDMI, 2x USB 3.2 Gen 1, USB Type-C (PD dan Display Output), USB 2.0, microSD reader, audio jack combo 3.5mm, dan kengsinton lock. Tidak ketinggalan Axioo juga membenamkan webcam dengan dua mode, yaitu 720p 30fps dan 1200p 30fps. Sementara untuk konektivitas nirkabel, Anda disuguhkan teknologi WiFi 5 dan Bluetooth 5.1.

Axioo Hype 5 AMD 6

Layar IPS

Axioo Hype 5 AMD menggunakan layar dengan panel IPS berukuran 14 inci. Resolusinya Full HD alias 1920 x 1080 pixel, sementara aspect ratio-nya 16:9. Untuk refresh rate 60Hz saja. Penawaran yang cukup baik untuk ukuran laptop 5 jutaan.

Tingkat kecerahannya standar saja, tapi masih oke untuk bekerja di cafe semi outdoor pada siang hari. Untuk cakupan warna, laptop ini bukan pilihan yang pas bagi pengguna yang sering edit foto, video, maupun kreasi konten yang butuh akurasi warna tinggi.

IMG 3652

Meski tidak cocok untuk kalangan kreator profesional, bagi kami layar ini masih memadai untuk menunjang pekerjaan maupun hiburan sehari-hari. Kalau untuk sekadar iseng-iseng editing saat bikin konten, sudah lebih dari cukup kok!

Sedikit membahas speaker internalnya, sejauh pengujian kami audio yang dihasilkan standar saja. Jernih, tapi volume-nya kurang lantang. Kami sendiri lebih senang memakai headset agar lebih puas saat menonton film atau bermain game.

Performa oke, bisa main Valorant!

Axioo Hype 5 AMD dipersenjatai prosesor AMD Ryzen 5-5500U dengan kecepatan hingga 4.0 GHz. Urusan grafis dipercayakan pada AMD Radeon RX Vega 7. Sementara RAM bawaannya 8 GB DDR4 3200 MHz, dan storage-nya 256 GB SSD M.2 NVMe PCIe Gen 3 x4.

System Info Axioo Hype 5 AMD

Yang menarik, Anda disediakan satu slot ekstra untuk upgrade RAM, sehingga bisa berjalan dual-channel agar performanya lebih maksimal. Bahkan, Anda pun bisa upgrade RAM dual-channel ini sampai kapasitas 64 GB!

Untuk menjaga performanya tetap stabil, Hype 5 AMD mengandalkan sistem pendingin dengan kipas dan heat pipe. Berikut adalah hasil pengujian Hype 5 AMD menggunakan beberapa aplikasi benchmark:

Seperti kami sebutkan di atas, laptop ini masih kuat untuk main game. Kalau untuk game AAA terbaru memang terlalu berat, tapi untuk kompetitif populer seperti Valorant ternyata bisa dimainkan dengan amat lancar.

Kami mencoba menjalankan Valorant dengan konfigurasi hardware standar alias bawaannya, dengan RAM single-channel. Hasilnya, game dapat berjalan di kisaran 90-100an fps pada resolusi 1080p dengan setting grafis Low. Cukup memuaskan untuk ukuran laptop murah! Kalau Anda pasangkan RAM dual-channel, kami yakin akan lebih oke lagi.

 

Baterai? Dengan gaya pemakaian kami yang lebih sering untuk bekerja seperti mengetik dan browsing, ketahanannya bisa mencapai 7-8 jam.

Sistem operasinya patut diapresiasi, sudah Windows 11 Pro. Ya, versi Pro, bukan Home. Tapi sayangnya tidak dapat Microsoft Office. Sebagai alternatif, LibreOffice tersedia secara pre-installed.

Kesimpulan

Axioo Hype 5 AMD adalah opsi yang amat menarik di kelasnya. Cocok untuk karyawan dengan mobilitas tinggi, maupun pelajar dan mahasiswa yang mencari laptop untuk mengerjakan tugas sekaligus main game. Layarnya pun sudah IPS!

Axioo Hype 5 AMD

Di segmen harganya, cukup sulit menandingi apa yang ditawarkan laptop ini. Bagi yang berminat, Axioo Hype 5 AMD dijual dengan harga mulai dari Rp4.999.000.

Kelebihan Axioo Hype 5 AMD:

  • Desain lumayan bagus
  • Performa mantap dengan Ryzen 5 5500U
  • RAM bisa upgrade jadi dual-channel sampai 64 GB
  • Masih oke untuk main game kompetitif
  • Layar IPS
  • Suhu aman
  • Port cukup lengkap
  • Keyboard sudah dilengkapi backlit
  • Harga relatif ramah kantong

Kekurangan Axioo Hype 5 AMD:

  • Belum dapat Microsoft Office, tapi disediakan LibreOffice sebagai alternatif
Axioo Hype 5 AMD
Axioo Hype 5 AMD
8.5
Cek Harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Layar
Performa
Baterai
Harga
Final Score

Back to top button