Quantcast
ReviewEnterpriseKomputerLaptopMade for Business

Review HP Elitebook 830 G10

HP EliteBook 830 G10
8.1
Cek Harga

Di era digital seperti sekarang ini, aktivitas bisnis membutuhkan perangkat yang bisa diandalkan untuk mendukung bekerja dari mana saja. Pada kategori laptop, salah satu pilihan yang tersedia di pasar Indonesia adalah HP Elitebook 830 G10.

Dalam artikel kali ini kami ingin mengajak Anda mengetahui lebih jauh seperti apa kecanggihan Elitebook 830 G10. Bukan cuma soal performanya yang kencang, tapi juga sistem keamanan berlapisnya yang menjamin perlindungan terhadap data perusahaan.

Desain elegan dan tangguh

Perlu diketahui bahwa varian yang kami ulas adalah Elitebook 830 G10 13 inci. Laptop ini tampil dalam desain yang minimalis, ringkas, namun tetap elegan. Yang paling penting, bodinya tipis dan ringan, sehingga mudah untuk dibawa bepergian. Beratnya hanya 1,2 kilogram saja, sementara ketebalannya 1,92 cm.

HP Elitebook 830 G10

Laptop ini menggunakan material aluminium seperti pada seri Elitebook kebanyakan. Warnanya dominan silver. Terlihat premium dan lapisannya tidak mudah kotor oleh bekas jari. Jadi Anda tidak perlu khawatir penampilan kurang maksimal saat mengeluarkan Elitebook 830 G10 di depan klien.

HP Elitebook 830 G10 13 Inci 4

Konektivitas juga lumayan lengkap untuk laptop seukurannya. Tersedia 2 port Thunderbolt 4 with USB Type-C 40 Gbps (kompatibel untuk USB Power Delivery dan DisplayPort 1.4), 2 USB Type-A 5 Gbps, 1 HDMI 2.1, dan 1 audio combo jack stereo. Yang tidak tersedia adalah SD/microSD card reader.

HP Elitebook 830 G10 13 Inci 6

Yang paling menarik, laptop ini telah lulus uji ketahanan militer hingga ribuan jam untuk memastikan ketahanannya saat diajak bekerja dalam berbagai kondisi dan lokasi. Ini merupakan hal penting bagi pengguna yang sering bekerja di banyak tempat atau butuh bekerja di tempat yang kurang ideal.

Keyboard nyaman

Untuk keyboard, menurut kami amat nyaman saat digunakan bekerja. Memang tidak ada hal baru yang ditawarkan, tapi kualitasnya masih sangat memadai seperti halnya seri-seri Elitebook sebelumnya. Keyboard ini juga memiliki backlit dengan dua level kecerahan.

HP Elitebook 830 G10 13 Inci 1

Touchpad lumayan lega dan kliknya enak. Di area pojok kanan bawah keyboard terdapat sensor sidik jari untuk memaksimalkan sistem keamanannya. Dengan begitu, orang lain tidak bisa dengan mudah menggunakan laptop Anda.

Layar terang, audio didukung Bang & Olufsen

HP Elitebook 830 G10 13 inci menggunakan layar IPS Anti-Glare 13,3 inci dengan resolusi WUXGA (1920 x 1200 piksel), tingkat kecerahan 1000 nits untuk kemudahan melihat tampilan di tempat yang terang, serta 100% sRGB.

Saat digunakan di cafe semi outdoor pada siang hari, menurut kami tingkat kecerahan layarnya masih oke. Konten pada layar tetap terlihat jelas dan tidak memantul atau silau.

HP Elitebook Audio

Sedikit membahas audio, HP menggandeng Bang & Olufsen untuk menjamin kualitas suaranya. Lewat software HP Audio Control, Anda dapat mengakses beragam fitur seperti Speaker Noise Reduction dan Microphone Noise Reduction untuk mengoptimalkan audio saat rapat online.

Performa gesit

HP EliteBook 830 G10 menggunakan prosesor Intel Core i5-1335U yang menawarkan performa lebih gesit untuk beragam kebutuhan. Prosesor dengan 10-core dan 12-threads ini memiliki kecepatan hingga 4.6 GHz (dengan Intel Turbo Boost Technology) serta dilengkapi 12 MB L3 cache.

HP Elitebook 830 G10 13 Inci 3

Selain itu, laptop ini juga telah mengantongi standar Intel EVO yang memberikan jaminan responsivitas serta daya tahan baterai. Ruang penyimpanan datanya 512 GB, menggunakan SSD M.2 PCIe NVMe yang pastinya kencang.

Untuk memori, HP membenamkan 16 GB LPDDR5 sehingga dapat memberikan kinerja yang prima untuk menyelesaikan tugas berat sekalipun seperti membuka file Microsoft Excel yang mencapai ribuan cell atau file presentasi dengan ukuran ratusan megabyte.

Berikut beberapa software benchmark yang sempat kami jalankan di HP EliteBook 830 G10 untuk membuktikan kinerjanya:

Soal konektivitas nirkabel, Anda bisa memanfaatkan WiFi 6E yang cepat. Sementara untuk daya, HP memberikan software HP Power Manager untuk memberikan kemudahan dalam mengelola baterai. Informasi seperti kesehatan baterai, kapasitas maksimal, hingga fitur HP Intelligent Charging tersedia di sini.

Sistem keamanan berlapis

Sebagai laptop yang dirancang untuk bisnis, HP EliteBook 830 G10 dilengkapi sistem keamanan canggih berupa HP Wolf Security for Business. Sistem ini dapat membantu melindungi data dan perangkat Anda dari berbagai ancaman, termasuk malware, ransomware, maupun phishing.

Terdapat beberapa fitur unggulan yang dibawa oleh HP Wolf Security for Business. Misalnya HP Sure Start, yaitu self-healing BIOS pertama di dunia sehingga aman dari ancaman siber yang menyerang hingga level BIOS.

HP Wolf Security

Selanjutnya ada juga HP Sure Sense, fitur berbasis AI untuk mendeteksi dan memblokir malware atau ransomware yang belum dikenal. HP Sure Click ditugaskan untuk melindungi perangkat Anda dari serangan phishing dan ancaman lain dengan membuka berbagai file, aplikasi, dan halaman web dalam micro VM (Virtual Machine).

Terakhir, HP Sure View Reflect, yang aktif hanya dengan menekan satu tombol sehingga informasi di layar akan sulit dilihat dari dari samping. Fitur praktis untuk melindungi privasi Anda saat berada di tempat umum.

Canggihnya lagi, EliteBook 830 G10 dilengkapi dengan platform Intel vPro Intel Hardware Shield yang dapat melindungi PC dan data Anda langsung pada level perangkat keras. Intel vPro juga mendukung manajemen jarak jauh yang menyeluruh, dengan Intel Active Management Technology dan Intel Endpoint Management Assistant (Intel EMA) untuk mendeteksi, memperbaiki, dan melindungi semua PC di organisasi Anda.

Kesimpulan

HP Elitebook 830 G10 merupakan laptop yang ideal untuk para pebisnis dengan mobilitas tinggi. Performanya kencang, dan bisa diandalkan untuk menyelesaikan berbagai tugas. Yang paling penting, sistem keamanannya tangguh. Bebas rasa khawatir dari serangan siber di era digital seperti sekarang ini.

HP EliteBook 830 G10

Bagi yang berminat, HP Elitebook 830 G10 13 inci dengan Intel Core i5-1335U dijual dengan harga Rp23.900.000.

Kelebihan HP Elitebook 830 G10:

  • Desain premium
  • Dimensi ringkas dan nyaman dibawa bepergian
  • Konstruksi kuat, sudah berstandar militer
  • Layar sedap dipandang
  • Performa mulus
  • Sistem keamanan canggih dan berlapis
  • Port cukup lengkap untuk ukuran laptop ramping
  • Audio dari Bang & Olufsen

Kekurangan HP Elitebook 830 G10:

  • Akan lebih menarik jika menyediakan card reader
HP EliteBook 830 G10
HP Elitebook 830 G10
8.1
Cek Harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Performa
Sistem Keamanan
Baterai
Harga
Final Score

Back to top button