Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

MediaTek Helio G91: Tawarkan Dukungan Kamera 108 MP untuk Smartphone Entry-Level

MediaTek mengumumkan kehadiran chipset terbarunya yang ditujukan untuk segmen entry-level, yaitu MediaTek Helio G91. Yang menarik, chipset ini menawarkan peningkatan pada sektor ISP (Image Signal Processor). Seperti apa?

Spesifikasi MediaTek Helio G91

MediaTek Helio G91

Helio G91 merupakan chipset yang mendukung jaringan 4G saja, belum 5G. Chipset ini punya konfigurasi CPU octa-core yang terdiri dari 2x Cortex-A75 berkecepatan 2.0 GHz dan 6x Cortex-A55 berkecepatan 1.8 GHz.

Ya, sekilas masih mirip dengan dua pendahulunya yaitu Helio G85 dan G88. Dari segi GPU pun sama. MediaTek masih mengandalkan Mali-G52 MC2 berkecepatan 1.0 GHz. Perlu diketahui pula bahwa Helio G91 mengusung proses manufakturing TSMC 12nm.

Lalu, apa peningkatannya? Seperti disebutkan di atas, Helio G91 dibekali ISP lebih canggih yang mendukung penggunaan kamera 108 MP. Hal itu membuat chipset ini bisa menjadi pilihan yang pas bagi brand ponsel yang ingin merancang ponsel berkamera 108 MP dengan budget lebih terjangkau.

MediaTek Helio G36

Untuk fitur lainnya kurang lebih masih sama. Helio G91 mendukung layar hingga resolusi FHD+ dengan refresh rate sampai 90Hz. Ada pula dukungan memori LPDDR4X dengan kapasitas maksimal 8 GB. Untuk storage, masih terbatas di eMMC 5.1 saja.

Jadwal rilis

Belum ada informasi kapan smartphone pertama yang menggunakan MediaTek Helio G91 akan meluncur ke pasaran. Yang pasti, kemungkinan bakal dimulai tahun 2024 ini. Kita tunggu saja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button