Quantcast
NewsMobile GadgetSmartphoneTech News

Tren Teknologi 2024 : Smartphone dengan Kamera Periskop

ilustrasi realme 12 Series 5G Periscope

Memasuki tahun 2024, tampaknya kita masih akan menyaksikan tren teknologi di ranah fotografi. Ini terlihat dari para produsen smartphone yang berlomba-lomba untuk menghadirkan kamera ponsel dengan beragam teknologi canggih untuk memberikan hasil foto dan video terbaik.

Jika di tahun sebelumnya produsen membekali kamera ponselnya dengan sensor resolusi tinggi, mulai dari 108 megapixel hingga 200 megapixel, tampaknya tren tersebut akan berubah.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari sensor dengan besaran megapixel yang besar. Pertama, tangan harus sangat stabil untuk menghasilkan foto yang tajam. Ini mengingat semakin besar megapixel yang dibawa sensor gambar akan membuat hasil foto lebih rentan pada blur saat tangan terguncang ketika memotret. Ini berarti, foto 200 megapixel akan lebih efektif diambil dalam kondisi cahaya berlimpah seperti di luar ruangan di siang hari.

Kedua, ukuran file yang besar membuat penyimpanan lebih cepat penuh. Dan ketiga, foto dengan megapixel yang lebih besar tidak selalu terlihat lebih baik. Apalagi hanya dilihat di layar smartphone yang kecil.

Tapi jika foto 200 megapixel diambil dengan benar, pengguna akan dapat leluasa menciptakan foto dari hasil crop foto dengan resolusi tinggi. Contohnya foto lebah berikut yang merupakan hasil potongan dari foto 200 megapixel. Hasil foto masih terlihat tajam mengingat hasil potongan masih memiliki resolusi 25 megapixel.

crop samsung s23 ultra bee

Seiring komitmen produsen ponsel untuk memberikan smartphone dengan kamera terbaik, smartphone dengan kamera periskop akan menjadi pemimpin tren teknologi di tahun 2024. Sebenarnya tren kamera periskop sudah mulai terdeteksi sejak tahun 2023 dengan munculnya beberapa smartphone kelas premium seperti Apple iPhone 15 Pro Max dan Samsung Galaxy S23 Ultra. Saat ini, teknologi kamera periskop masih terbatas di smartphone flagship yang harganya cukup tinggi, mengingat harganya yang lebih mahal dibandingkan kamera biasa.

Keunggulan Kamera Periskop di Smartphone

Dengan kamera periskop, smartphone akan dapat memiliki kamera dengan jangkauan lensa yang panjang di dalam bodi yang amat mungil. Sesuai namanya, cara kerja kamera periskop mirip seperti periskop pada umumnya yaitu menggunakan serangkaian prisma atau cermin untuk membelokkan cahaya dan memungkinkan lensa telefoto panjang dipasang di dalam bodi smartphone yang tipis.

Periscope camera

Jadi dengan menaruh prisma atau cermin untuk memantulkan cahaya, sensor tidak perlu berada di belakang lensa. Ini memungkinkan desain bodi ponsel yang tidak terlalu tebal, karena sensor bisa ditaruh di samping lensa periskop. Salah satu ciri kamera dengan lensa periskop ada pada bentuk modul kameranya yang berbentuk kotak, bukan membulat seperti lensa kamera kebanyakan.

Apa bedanya dengan lensa telephoto pada kamera digital? Yang utama, kamera periskop pada ponsel tidak bisa memiliki focal length progresif seperti pada lensa zoom di kamera digital yang memiliki dimensi lebih besar.

Jadi jangkauan zoom optik kamera periskop hanya ada satu titik tertentu, sedangkan sisanya akan digabungkan dengan zoom digital. Misalnya jika ada ponsel dengan kamera periskop 3x zoom, artinya mulai dari 1,1x zoom hingga 2,9x zoom akan menggunakan perbesaran digital. Maka untuk hasil gambar terbaik akan bisa didapat dari setting kamera 3x zoom.

Namun ini merupakan kompromi yang harus diterima mengingat lensa telephoto pada kamera tradisional seperti pada Samsung Galaxy Camera atau kamera saku dengan lensa zoom panjang yang lebih tebal dan lebih besar.

Berikut contoh hasil foto dengan kamera telefoto periskop.

20230705_112118

20230622_135539

20230623_125038

Dengan kamera periskop, kamera di ponsel akan lebih nyaman digunakan terutama untuk foto Portrait dan saat jalan-jalan di tempat ramai. Selain itu, efek bokeh pada foto juga terlihat lebih natural dan lebih jelas berkat jangkauan lensa yang lebih panjang.

Tren mobile photography 2024

Kamera telefoto periskop saat ini telah menjadi tren dan standar baru dalam dunia smartphone. Namun, pengadaannya yang rumit dan mahal membuat teknologi ini masih terbatas pada smartphone flagship dan premium.

Meskipun demikian, realme telah secara resmi mengonfirmasi akan menghadirkan kehadiran teknologi kamera periskop pada lini Number Series melalui realme 12 Series 5G yang akan segera diluncurkan di Indonesia. Lini Number Series yang mengisi segmen kelas menengah ini digadang-gadang akan menjadi pertama di segmennya yang menghadirkan teknologi lensa telefoto periskop untuk kemampuan fotografi yang terbaik di segmennya.

realme 12 Series 5G akan menawarkan kemampuan fotografi tingkat atas dengan kehadiran lensa telefoto periskop dan berbagai fitur fotografi untuk para anak muda. Ini berarti, akan lebih banyak pengguna yang akan menikmati asyiknya memotret dengan kamera telefoto periskop yang dapat menghasilkan foto keren dengan lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button