Mobile GadgetNewsWearable

Aplikasi Garmin Connect Ungkap Olahraga Terpopuler di Indonesia untuk Tahun 2023

Dalam setahun ke belakang, aplikasi Garmin Connect mengungkap data tentang olahraga paling populer yang dilakukan oleh penggunanya di Indonesia. Menurut Garmin, di Indonesia ada lebih dari 640 dribu pengguna aktif aplikasi mereka.

Olahraga terpopuler versi Garmin Connect

Garmin Connect

Dalam acara online press conference, Jumat (2/2), Garmin menjelaskan bahwa lari mengalami peningkatan hingga 79,48% berkat banyaknya event yang digelar di Tanah Air, seperti Garmin Run Indonesia – Asia Series yang diikuti oleh 5.000 pelari.

“Berlari di Indonesia bukan hanya tentang meraih medali, mengalahkan rekor personal, tapi tentang persahabatan dan penemuan diri. Balap lari menyediakan platform yang sempurna untuk semua itu,” ujar Chandrawidhi Desideriani, Marketing Communication Manager Garmin Indonesia.

Selain lari, berjalan kaki juga semakin populer dengan peningkatan sebesar 66,47% pada periode yang sama. Aplikasi mencatat, rata-rata orang Indonesia mengambil 5.577 langkah setiap hari.

Yang menarik, ternyata olahraga tenis juga meningkat pesat sebesar 18.148,48%. Peningkatan ini disebabkan beberapa faktor, seperti pandemi COVID-19 yang meningkatkan minat terhadap aktivitas luar ruangan, dan memadukan antara olahraga, interaksi sosial, serta menjaga jarak yang aman.

Garmin Top Growth Activities 1

Selain itu, keterjangkauan dan aksesibilitas lapangan tenis juga berperan besar dan didukung juga dengan maraknya pemain tenis selebriti di Indonesia turut berkontribusi. Menyusul aktivitas tenis, golf menjadi aktivitas favorit pengguna Garmin di Indonesia pada tahun 2023. Tercatat 27.290 aktivitas golf dilakukan pada 2023.

Olahraga ekstrem seperti menyelam berhasil memikat banyak orang dengan peningkatan aktivitas hingga 329,22% di Indonesia. Disusul kemudian dengan aktivitas HIIT dengan peningkatan sebesar 201,92%, dan renang yang juga mencatatkan kenaikan sebesar 133,33%.

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan fisik

Garmin melihat bahwa lonjakan aktivitas olahraga yang luar biasa ini disebabkan oleh beberapa faktor. Dimulai dari meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan fisik dan mental, sehingga mendorong mereka untuk lebih banyak bergerak dan berolahraga.

Kesadaran tersebut juga didukung dengan kemudahan akses dan mulai terjangkaunya berbagai olahraga, serta tersedianya banyak variasi olahraga, seperti berlari, hiking, HIIT, renang hingga menyelam.

Faktor lainnya yang juga mendorong terjadinya peningkatan pada aktivitas olahraga adalah media sosial. Influencer kebugaran dan komunitas online berperan dalam menginspirasi serta memotivasi banyak individu untuk mencoba aktivitas baru dan menjalani gaya hidup lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button