Quantcast
NewsOperatorTech NewsTelkomsel

Gandeng Google, Telkomsel Hadirkan Layanan Rich Communication Services (RCS) di Indonesia

Telkomsel mengumumkan kemitraan strategis dengan Google untuk menghadirkan layanan Rich Communication Services (RCS) dalam bentuk RCS Business Messaging (RBM) yang inovatif. Dengan layanan baru ini, diharapkan pelanggan Telkomsel akan mendapatkan pengalaman komunikasi dalam bentuk pesan singkat yang lebih canggih dan menyenangkan.

telkomsel rcs

Wong Soon Nam, Direktur Planning & Transformation Telkomsel, mengatakan, “Kolaborasi dengan Google untuk meningkatkan pengalaman pelanggan melalui kehadiran layanan RCS dengan RBM merupakan langkah yang sejalan dengan semangat #PastiAdaSolusi dan menjadi wujud komitmen kami untuk menyediakan solusi khusus melalui teknologi terkini kepada para pelanggan bisnis di Indonesia.”

Apa itu RBM?

Secara singkat, RCS Business Messaging (RBM) adalah protokol komunikasi antar operator telekomunikasi, OEM (Original Equipment Manufacturer), dan mitra pengiriman pesan untuk A2P Rich Messaging. Jadi RBM merupakan peningkatan dari SMS dengan tambahan fitur multimedia yang memungkinkan pengiriman video, audio, gambar, GIF, lokasi peta, dan pembuatan aktivitas yang lebih menarik dan menguntungkan.

Cara Kerja RBM

Pelaku bisnis juga dapat menggunakan semua fitur komunikasi canggih yang disediakan dalam RCS untuk menyampaikan ‘Rich Business Messages’ (RBM) kepada pelanggan dengan use case spesifik sesuai kebutuhan mereka. Agen RCS Business Messaging (RBM) dapat berkomunikasi dengan pengguna melalui pesan, peristiwa, dan permintaan sesuai dengan kebutuhannya.

RBM ini bisa digunakan secara sederhana (seperti mengirim pemberitahuan pengiriman) atau kompleks (seperti memesan penerbangan), serta menggunakan rich cards, media, atau panduan menggunakan percakapan lancar yang memenuhi kebutuhan pengguna dan agen. Intinya, RBM membuat komunikasi lebih terarah dan lebih menyenangkan, tanpa hanya terbatas komunikasi teks seperti SMS pada umumnya.

Jason Choy, Director, Android & Business Communication Product Partnerships, International dari Google mengatakan, “Kami senang dapat bekerja sama dengan Telkomsel untuk membawa layanan RCS kepada para pengguna di Indonesia. Dengan pengalaman Telkomsel yang sudah lebih dari 28 tahun di pasar Indonesia, kami yakin bahwa Telkomsel memiliki kredibilitas untuk menyediakan solusi telekomunikasi yang andal kepada para pelaku bisnis, termasuk dukungan untuk RCS.”

Layanan RBM akan tersedia untuk pelanggan Telkomsel di Indonesia dan bagi pelanggan pemegang saham Telkomsel, Singtel, di Singapura, dengan mempertimbangkan ketersediaan perangkat yang sudah mendukung teknologi ini. Di masa depan, pelanggan akan dapat menikmati lebih banyak fitur dan manfaat seiring dengan perkembangan layanan RCS yang berkelanjutan.

 

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button