Quantcast
ReviewMobile GadgetSmartphone

Review OPPO Reno11 Pro 5G

OPPO Reno11 Pro 5G 3
8.1
Cek Harga

OPPO Reno11 Pro 5G merupakan seri tertinggi di keluarga Reno 11 Series yang dijual di Indonesia saat ini. Ya, hingga sekarang belum ada informasi soal kehadiran versi plus, seperti pada Reno10 Series lalu.

Meski begitu, bukan berarti kemampuannya tidak sehebat pendahulunya. Ada banyak fitur unggulan yang membuat Reno 11 Pro 5G layak disebut sebagai salah satu opsi terbaik di segmen harga 8 jutaan rupiah. Mulai dari desain, performa, kamera, hingga software, semuanya mantap!

Berikut ulasan kami tentang kelebihan dan kekurangan OPPO Reno 11 Pro 5G.

Warna Pearl White yang premium dan unik

Kami sempat membahas soal desain Reno11 Pro 5G secara lengkap di artikel hands-on sebelumnya. Dalam ulasan kali ini, kami hanya akan merangkum apa saja sisi positif dari desain yang bisa Anda dapatkan khususnya jika memilih warna Pearl White.

OPPO Reno11 Pro 5G

Ya, warna Pearl White memang istimewa. Bukan berarti warna Rock Grey kurang bagus. Keduanya sama-sama elegan dan mewah. Hanya saja, bagi kami varian Pearl White tampil lebih unik dan tidak pasaran.

Warna putihnya tidak polos. Finishing pada back cover Reno11 Pro 5G Pearl White disebut satin, menyajikan aksen seperti mutiara yang memberikan efek menawan ketika terpapar cahaya. Sesuai namanya, Pearl. Cantik dan agak sayang kalau justru Anda tutupi dengan hard case.

Dari segi desain bodinya sendiri tidak ada perubahan yang signifikan dibanding seri sebelumnya. Namun penyegaran dapat langsung Anda temukan pada susunan kamera belakang. Secara pengoperasian, bodinya yang tipis membuat smartphone ini nyaman digenggam.

OPPO Reno11 Pro 5G 1

 

Pada sisi kiri dan kanannya, baik di bagian depan atau belakang, OPPO kembali menggunakan desain 3D curved yang cukup membantu untuk menghasilkan bodi tipis (7,58mm) dan nyaman digenggam. Pengoperasian dengan satu tangan bagi kami amat mudah, dan untuk dimasukkan ke saku celana pun tidak sesak.

Anda akan menemukan tombol power dan pengaturan volume pada sisi sebelah kanan. Tombol power ini tidak menjadi satu dengan sensor sidik jari, karena OPPO membenamkan sensor tersebut di balik layar. Sementara di bawah terdapat port USB-C, lubang speaker, serta mikrofon, Di atas tersedia mikrofon bersama dengan IR Blaster.

OPPO Reno11 Pro 5G Pearl White 3

Perlu diketahui bahwa OPPO Reno11 Pro 5G tidak menyediakan slot microSD, alias hanya dua nano SIM saja. Tapi jangan khawatir, karena kapasitas memori internal smartphone ini sudah sangat besar, yaitu 512 GB. Catatan lainnya adalah tidak ada IP Rating, jadi belum ada jaminan soal ketahanan terhadap debu dan air.

Layar sedap dipandang

OPPO Reno11 Pro 5G dibekali layar AMOLED berukuran 6,7 inci FHD+ dengan refresh rate 120Hz. Rasio screen-to-body ponsel ini mencapai 93%. Wajar karena memang bezelnya tipis. Selain melengkung, desain layarnya juga sudah memiliki punch hole untuk menampung kamera selfie.

OPPO Reno11 Pro 5G Pearl White 2

Kualitas layarnya tidak perlu diragukan. Terang, tajam, dan warnanya sedap dipandang. Penggunaan di bawah sinar matahari yang terik pun bukan masalah. Resposivitasnya juga amat baik saat kami gunakan mengetik atau bermain games.

Sedikit membahas audio, satu catatan yang wajib Anda ketahui adalah smartphone ini belum menggunakan speaker stereo, alias masih mono saja.

Kamera oke untuk foto dan video

OPPO Reno11 Pro 5G mengusung kamera belakang dengan konfigurasi sensor Sony IMX709 50 MP lengkap dengan dukungan OIS, kamera telefoto 32 MP dengan 2x optical zoom, kamera ultrawide 8 MP. Sementara di depan, terdapat kamera selfie 32 MP dengan autofocus.

OPPO Reno11 Pro 5G 3

Mode yang tersedia kurang lebih masih sama dengan seri Reno sebelumnya. Portrait tetap menjadi andalan, lengkap dengan filter pendukung khas OPPO seperti AI Color Portrait dan Bokeh Flare Portrait. Ada juga mode Pro untuk pengaturan secara manual.

Untuk Zoom, pada UI kamera Anda bisa memilih langsung pembesarannya antara 2x, 5x, atau 0.6x yang memakai lensa ultrawide. Yang menarik, OPPO kini memberikan opsi untuk menambahkan Frame Watermark pada foto yang bisa diaktifkan langsung atau disisipkan setelah foto jadi.

Lalu, bagaimana kualitas foto OPPO Reno 11 Pro 5G? Kamera utama mampu menghasilkan foto yang amat baik. Tajam, warnanya hidup tapi tetap natural, dan portrait-nya punya efek bokeh yang rapi. Anda juga dapat memanfaatkan fungsi tele-portrait hingga 2x zoom. Jadi lebih asyik untuk penyesuaian frame dan komposisi foto.

Mode Auto OPPO Reno11 Pro 5G (3)

OPPO Reno11 Pro 5G (3)

OPPO Reno11 Pro 5G (4)

OPPO Reno11 Pro 5G (2)

2x Zoom OPPO Reno11 Pro 5G (3)

Mode Auto OPPO Reno11 Pro 5G (6)

Selfie OPPO Reno11 Pro 5G

Dynamic range juga cukup luas. Bagian terang dan gelap dapat tersaji dengan apik, dengan detail pada shadow dan highlight yang masih jelas. Sementara untuk pemotretan low light, mode Night dapat membantu Anda mendapatkan hasil foto yang terang dan tetap menjaga nuansa malam sesuai aslinya.

OPPO Reno11 Pro 5G (6)

Night Mode OPPO Reno11 Pro 5G (1)

Mode Auto OPPO Reno11 Pro 5G (1)

Night Mode OPPO Reno11 Pro 5G (2)

Bagi yang gemar videografi, OPPO Reno11 Pro 5G dapat merekam hingga 4K 30fps menggunakan kamera utama dan kamera depan. Kalau ingin 1080p 60fps hanya bisa pakai kamera utama, kamera depan belum bisa. Selain itu, jika ingin mengaktifkan mode Ultra Steady, kamera belakang bisa sampai 1080p 60fps sementara kamera depan hanya 1080p 30fps. Ada juga fitur Dual-View Video untuk merekam menggunakan kamera belakang dan depan secara bersamaan.

Performa kencang, charging cepat

Dengan bekal chipset MediaTek Dimensity 8200 dan RAM 12 GB, OPPO Reno11 Pro 5G sangat ideal untuk berbagai kebutuhan mulai dari komunikasi, kreasi konten, hingga gaming.

Yang menjadi nilai plus buat kami adalah storage-nya. Kapasitas 512 GB UFS 3.1 terbilang amat lega sehingga cocok digunakan oleh Anda yang rutin bikin konten video 4K. Jangan takut memori cepat penuh dan tidak perlu sering-sering backup file ke laptop atau bersih-bersih storage.

Sesuai dugaan, beberapa game yang kami coba dapat dijalankan dengan lancar. Genshin Impact pada mode 60fps dapat dimainkan dengan rata-rata 40an fps. Selama permainan bodi menjadi hangat, tapi tidak berlebihan sehingga frame rate tetap stabil. Untuk game lain seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile juga mulus sekali.

Untuk baterai, kami tidak pernah menemui masalah untuk pemakaian seharian penuh. Baterai 4.600 mAh cukup untuk menunjang aktivitas kami dengan gaya penggunaan standar, yaitu lebih sering chatting dan media sosial, serta sesekali bermain games, memotret, atau menonton YouTube.

Kemampuan charging ponsel ini juga cepat. 80W SUPERVOOC dapat mengisi daya hingga penuh 100 persen dalam waktu sekitar setengah jam atau 30 menitan saja.

LinkBoost dan fitur menarik di ColorOS 14

OPPO Reno11 Pro 5G memiliki fitur baru bernama LinkBoost. Gunanya untuk menguatkan sinyal agar lebih stabil di berbagai kondisi lingkungan. Fitur yang dikembangkan sendiri oleh OPPO ini diklaim mampu meningkatkan daya transmisi hingga 73%, dan penerimaan sinyal 17% lebih baik.

Smartphone berbasis ColorOS 14 ini juga punya fitur unik lainnya yaitu File Dock, yang berguna untuk menyimpan sementara file-file seperti foto atau teks dari aplikasi pihak ketiga, untuk digunakan kemudian.

File Dock OPPO Reno11 Series

Sementara fitur Smart Image Matting memudahkan editing foto seperti crop objek dan memisahkannya dengan background hanya dengan tap & hold pada objek selama beberapa detik.

Kesimpulan

OPPO Reno11 Pro 5G adalah smartphone yang menarik. Memang belum sempurna, masih perlu peningkatan di beberapa sektor, tapi sudah amat layak bersaing di segmen harganya.

Bagi Anda yang gemar fotografi dan menginginkan smartphone kelas menengah atas dengan desain istimewa dan performa mumpuni, OPPO Reno11 Pro 5G adalah pilihan yang tepat. Sebagai bonus, Anda juga akan mendapatkan charging ekstra cepat, fitur ColorOS 14 yang melimpah, dan storage super besar 512 GB.

OPPO Reno11 Pro 5G 12/512GB dijual dengan harga Rp8.999.000.

Kelebihan OPPO Reno11 Pro 5G:

  • Desain premium dan menawan, khususnya warna Pearl White
  • Tipis, nyaman digenggam
  • Layar mantap
  • Kamera bagus di berbagai kondisi pemotretan
  • Kualitas kamera tele cukup baik
  • Portrait rapi dan didukung Tele-Portrait
  • Performa ngebut untuk beragam kebutuhan
  • RAM 12 GB, storage 512 GB
  • Baterai tergolong awet
  • Charging cepat
  • Fitur ColorOS 14 melimpah dan berguna untuk keseharian
  • LinkBoost bikin tangkapan sinyal lebih baik
  • Dapat charger 100W dalam kemasan

Kekurangan OPPO Reno11 Pro 5G:

  • Speaker masih mono
  • Tidak ada IP Rating
  • Banyak aplikasi bawaan yang kurang berguna, tapi untungnya bisa dihapus
OPPO Reno11 Pro 5G 3
OPPO Reno11 Pro
8.1
Cek Harga

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Kamera
Performa
Baterai
Harga
Final Score

Back to top button