Mobile GadgetNewsSmartphone

[Hands-On] Kesan Pertama Mencoba vivo Y100 5G Varian Ungu Anggrek dengan Bahan Kulit Fiber

vivo Indonesia resmi meluncurkan vivo Y100 5G sebagai penawaran terbarunya di segmen menengah. Dibandingkan seri Y sebelumnya, Y100 5G punya banyak peningkatan yang bisa dibilang cukup signifikan. Menurut vivo, itulah salah satu alasan mereka langsung menggunakan angka 100 di perangkat ini.

Dalam acara peluncuran di Jakarta, Kamis (25/4), YANGCANGGIH.com berkesempatan untuk mencicipi langsung seperti apa keunggulan yang dimiliki oleh vivo Y100 5G. Penasaran bagaimana kesan pertama kami? Yuk, langsung saja simak ulasan singkatnya!

Desain mewah dengan bahan kulit fiber premium

vivo Y100 5G

Salah satu nilai jual utama dari Y100 5G ada pada desainnya. Untuk pertama kalinya, vivo menggunakan material kulit fiber premium khusus pada varian warna Ungu Anggrek. Material ini cukup sukses membuat tampilan smartphone lebih estetik sekaligus tekstur yang mewah.

Varian warna Ungu Anggrek sendiri terkesan lebih cocok untuk wanita. Warnya dibuat lebih anggun agar bisa dipadukan dengan style fashion penggunanya. Sementara bagi kamu Adam yang ingin tampil lebih kalem, ada varian warna Hitam Onyx.

Kembali ke warna Ungu Anggrek, varian ini nyaman digenggam bukan hanya karena material kulit fibernya, tetapi juga karena memiliki ketebalan yang hanya 7,99mm dan berat 191 gram. Angka tersebut sedikit di atas warna Hitam Onyx yang menurut tabel spesifikasi memiliki ketebalan 7,79mm dan berat 185 gram. Bodi ramping ini turut didukung oleh 2.5D Metallic Frame.

vivo Y100 5G Ungu Anggrek 1

 

Yang menarik, vivo mengklaim varian Ungu Anggrek dengan material kulit fiber memiliki teknologi Anti-Stain Coating, sehingga tahan terhadap noda yang mungkin muncul dalam penggunaan sehari-hari. Hal itu dibuktikan langsung oleh vivo dengan cara menyiram bagian belakang ponsel menggunakan kopi. Cukup dilap dengan tisu, noda langsung hilang tanpa bekas.

Pada bagian belakang Anda akan menemukan susunan kamera vertikal yang sekilas mirip dengan seri V27. Bagian frame kamera ini memakai material yang berbeda, bukan kulit fiber. Sementara di depan terdapat layar AMOLED berukuran 6,67 inci dengan model punch hole yang modern.

Sedikit membahas layarnya, sekilas sangat terang karena cukup mudah untuk melihat konten saat kami berada di luar ruangan di bawah sinar matahari. Selain itu gambarnya juga tajam dengan sajian warna khas AMOLED, dan memiliki refresh rate 120Hz.

vivo Y100 5G Ungu Anggrek 2

Di bagian kanan terdapat tombol power merangkap sensor sidik jari dan ada juga tombol pengaturan volume. Sementara di bawah terdapat SIM-tray hybrid bersama dengan port USB-C, mikrofon, dan lubang speaker. Sedangkan di atas hanya diisi mikrofon lainnya.

Perlu diketahui bahwa vivo Y100 5G punya sertifikasi IP54, yang artinya tahan debu dan percikan air. Dalam paket penjualannya Anda langsung diberikan charger 80W dan softcase bening.

Kamera 50 MP

Beralih ke kamera, vivo Y100 5G mengandalkan sensor utama 50 MP yang ditemani kamera sudut lebar 8 MP. Berbagai fitur tambahan tidak lupa dihadirkan, sebut saja Super Night Mode untuk low light, Bokeh Flare Portrait, Dual-View Video, dan Flicker Sensor untuk menjamin gambar tanpa efek berkedip.

Kami sempat mencoba kameranya sedikit di lokasi acara. Berikut beberapa contoh hasil foto yang kami abadikan menggunakan kamera Y100 5G:

hasil foto vivo Y100 5G (2)

hasil foto vivo Y100 5G (3)

hasil foto vivo Y100 5G (5)

vivo Y100 5G wide

Sekilas kualitas kameranya lumayan oke untuk fotografi. Dynamic range-nya lumayan oke, warnanya cerah dan cenderung natural, serta detail yang ditangkap tinggi. Namun wajib diingat, pengujian singkat ini masih sebatas pada kondisi pencahayaan ideal saja. Kami belum sempat melihat hasil untuk pemotretan low light. Mode Portrait-nya pun masih kurang sempurna, bisa ditingkatkan lagi lewat update.

Sedikit catatan adalah kemampuan perekaman videonya yang masih dibatasi 1080p 30fps saja, baik menggunakan kamera belakang maupun depan. Mungkin bakal menjadi pertimbangan tersendiri bagi yang gemar bikin konten video.

Pertama dengan Snapdragon 4 Gen 2 5G dan 80W FlashCharge

vivo Y100 5G menjadi smartphone pertama di Indonesia yang dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2 5G. Tidak perlu khawatir dengan penamaan Snapdragon 4 Series yang dulu identik dengan performa kelas entry-level. Snapdragon 4 Gen 2 5G relatif kencang dan masih mumpuni untuk menangani berbagai keperluan standar hingga gaming.

Selain itu, Y100 5G juga menjadi seri Y pertama dari vivo yang mengadopsi teknologi 80W FlashCharge. Untuk mengisi daya baterai 5.000 mAh miliknya, teknologi ini dijanjikan hanya butuh 15 menit saja untuk sampai sekitar 45 persen dari 0.

vivo Y100 5G 3

Kesan pertama dan harga vivo Y100 5G

Kesan pertama kami terhadap vivo Y100 5G cukup positif. Sektor desain, khususnya warna Ungu Anggrek, menjadi keunggulan yang amat jarang ditemui di kelas harganya. Selain itu dari segi hardware pun bisa bersaing dengan lawan-lawannya.

Kalau Anda mencari smartphone dengan desain premium, harga yang tidak terlalu mahal, Y100 5G layak untuk masuk daftar belanja. Tapi perlu diingat, dengan perbedaan harga yang menurut kami tidak jauh, Anda juga bisa melirik vivo V29e. Dari segi fitur lebih di atasnya, terutama untuk kamera.

vivo Y100 5G dijual dengan harga Rp3.899.000 untuk varian 8/128 GB, dan Rp4.199.000 untuk varian 8/256 GB. Pre-order sudah dibuka di Indonesia dan ada sederet promo menarik yang sayang untuk dilewatkan.

2 komentar

  1. Admin coba recheck ulasan bagian akhir review spertinya typo untuk jenis varian..
    disitu tertulis dua harga yg berbeda tapi varian sama, sharusnya yg harga lebih mahal spesifik variannya berbeda (lebih tinggi)

    Setelah nyari info disitus Vivo
    Harga Rp 3,899,000 ?? 8/128GB
    Harga Rp 4,199,000 ?? 8/256GB

    Nuhun ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button