Quantcast
Mobile GadgetNewsProduct NewsSmartphone

Hands-On : Kesan Pertama dan Hasil Foto Samsung Galaxy S24 Ultra

Impresi pertama kami setelah mencoba kamera Samsung Galaxy S24 Ultra di acara perkenalannya di Jakarta

Mengawali tahun 2024, Samsung menjadi pabrikan pertama yang meluncurkan hp flagship andalannya di Indonesia. Samsung Galaxy S24 Ultra hadir dengan fitur AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan yang mampu melakukan banyak hal mulai dari menerjemahkan percakapan suara dalam bahasa asing secara langsung, membuat catatan dari percakapan saat rapat, melakukan photo editing canggih seperti menghilangkan obyek, menggeser obyek serta “menambal” foto dengan AI secara mudah dan nyaris instan.

Desain Samsung Galaxy S24 Ultra

Samsung menerapkan desain dengan garis tajam yang tegas untuk S24 Ultra. Desainnya sekilas mengembalikan memori desain Sony Xperia XZ yang berbentuk kotak. Tidak ada layar yang melengkung di sisi. Sebagai gantinya, Samsung Galaxy S24 Ultra hadir dengan layar yang rata. Ini merupakan kabar gembira bagi pengguna yang merasa wajib menggunakan tempered glass untuk melindungi layar hp. Walaupun saya meragukan anti gores diperlukan mengingat Samsung Galaxy S24 Ultra telah menggunakan Corning Gorilla Glass Armor yang lebih kuat menahan benturan dan goresan. Tapi demi ketentraman hati saat menggunakannya, sebagian pengguna akan merasa wajib memasang anti gores tambahan.

Dalam waktu singkat saat mencobanya, S24 Ultra terasa identik dengan S23 Ultra. Jika dicermati dari dimensinya, S24 Ultra hanya sedikit lebih tipis, tapi dengan bobot yang mirip. Ini juga berarti S Pen S23 Ultra tidak bisa muat di slot S Pen S24 Ultra.

Samsung Galaxy S24 Ultra

Pilihan warna casing S24 Ultra juga terlihat lebih menarik, dengan warna jagoan Titanium Gray serta warna eksklusif Titanium Orange yang terlihat berbeda.

Kamera Samsung Galaxy S24 Ultra

kamera samsung galaxy s24 ultra
Kamera telephoto baru S24 Ultra

Satu perubahan besar yang dibawa kamera S24 Ultra adalah pada kamera telephoto. Jika S23 Ultra mengemas kamera zoom 10x beresolusi 10 megapixel, S24 Ultra menggantinya dengan kamera 5 megapixel dengan resolusi 50 megapixel. Ini berarti zoom 10x akan dihasilkan dari paduan zoom optikal 5x dan zoom digital 2x.

Dari pengujian awal, hasil foto kamera S24 Ultra terlihat amat baik walaupun tidak terlihat perbedaan yang kentara jika dibandingkan hasil foto kamera S23 Ultra.

Berikut perbandingan hasil foto S24 Ultra menggunakan kamera ultra lebar, lebar dan telephoto dalam waktu yang nyaris bersamaaan. Semua foto ini diambil langsung dari kamera dan tanpa penyuntingan sama sekali.

Ultra-wide
ultra wide 0,6x

Normal / wide
normal zoom

3x zoom
3x zoom

Dalam pengujian yang singkat, kamera zoom 5x S24 Ultra yang baru terlihat mampu menghasilkan foto yang lebih tajam dibandingkan zoom S23 Ultra. Ini tentunya sejalan dengan jangkauan lensa 5x zoom atau setara 115mm yang tidak membutuhkan kecepatan rana atau shutter speed yang setinggi zoom 10x.

5x zoom
5x zoom

Hasil foto kamera telephoto S24 Ultra dengan setting zoom 10x juga terlihat amat baik. Jika diperhatikan, bagian wajah terlihat sedikit kurang tajam. Tapi ini memang wajar, mengingat kamera lebih berfokus pada ponsel yang ada di depan wajah.

10x zoom
zoom 10x

Untuk mode Portrait, hasil foto S24 Ultra terlihat bagus dan cukup rapi memisahkan subyek dari latar. Ini bisa dilihat dari detil rambut yang terlihat tajam dan terpisah dari latar, seperti foto di bawah.

Portrait 3x zoom

Kualitas bokeh atau area blur di belakang juga terlihat alami, tidak seperti efek dari software.

selfie kamera samsung s24 ultra
Selfie dengan Samsung Galaxy S24 Ultra

Kami juga sempat mencoba S24 Ultra untuk swafoto atau selfie dan hasilnya amat baik. Foto selfie ini diambil dengan bantuan lampu dan softbox, sehingga hasilnya amat baik walaupun posisi lampu tidak menghadap ke subyek.

20240118_143302

Kesimpulan awal tentang S24 Ultra

Jika menilik spesifikasi, tak ada yang perlu diragukan dari Samsung Galaxy S24 Ultra. Mulai dari chipset terbaru, deretan fitur AI yang cukup berguna, hingga kombinasi kamera yang kini lebih mudah digunakan untuk menghasilkan foto keren telah dimiliki S24 Ultra.

Setidaknya dari pengalaman singkat kami saat mencoba kameranya, kualitas kamera S24 Ultra telah terbukti akan menjadi salah satu yang terbaik untuk tahun 2024. Nantikan ulasan lengkap Samsung Galaxy S24 Ultra di www.yangcanggih.com.

Harga Samsung Galaxy S24 Ultra

Samsung Galaxy S24 Series telah bisa dipesan awal di situs samsung.com/id dan toko resmi mitra Samsung. Penawarannya cukup bagus, mulai dari upgrade kapasitas hingga cicilan 0% dan cashback dari rekanan kartu kredit.

harga samsung galaxy s24 series

Harga Samsung Galaxy S24 Ultra dipatok mulai dari Rp21.999.000 untuk varian dengan memori 256GB hingga Rp27.999.000 untuk memori 1TB.

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button