Mobile GadgetNewsSmartphone

Rilis Versi Global, OPPO Perkenalkan Deretan Fitur Baru ColorOS 14

OPPO resmi meluncurkan sistem operasi terbarunya yang berbasis Android 14, yaitu ColorOS 14 Versi Global. Ada banyak fitur anyar yang dibawa oleh OS ini, dan sebagai besar mengadopsi AI untuk meningkatkan efisiensi dan teknologi. Seperti apa?

Fitur ColorOS 14 Versi Global

ColorOS14

Dalam siaran pers yang diterima YANGCANGGIH, Senin (15/1), dijelaskan bahwa ColorOS 14 Versi Global tampil dengan UI (User Interface) yang lebih ringkas dan intuitif. Desainnya masih Aquamorphic seperti pada ColorOS 13, namun dioptimalkan dengan efek suara baru, sistem warna, interaksi, dan masih abnyak lagi.

Untuk suara, OPPO bermitar dengan Sonic Minds dan Epicsound untuk menghadirkan efek suara baru. Terdapat 10 set nada dering bertema Aquamorphic untuk panggilan, alarm, dan notifikasi, termasuk tujuh desain suara UI.

2. Aquamorphic themed ringtones

Sementara untuk sistem warna, pengguna disuguhkan Aquamorphic Colouring yang secara cerdas dapat beradaptasi dengan status dan waktu pada smartphone. OPPO mengklaim, sistem pewarnaan dinamis ini membuat penerimaan dan pemahaman informasi jauh lebih efektif dan intuitif.

Sementara desain Aqua Dynamics yang baru di sistem operasi ini mengintegrasikan interaksi umum ke dalam bentuk gelembung, kapsul, dan panel untuk menyajikan informasi yang mengalir, menyatu, dan minim gangguan. Jadi tidak seperti statur bar biasa.

oppo coloros 14 global official version rollout 3

Bagaimana dengan Always-On Display? AOD Go Green menampilkan tiga set halaman Visi Lingkungan yang masing-masingnya mencakup lima animasi lingkungan yang dapat berubah berdasarkan jumlah langkah harian pengguna, sehingga menginformasikan pengguna tentang pengurangan emisi karbon dioksida.

Menurut OPPO, ColorOS 14 memanfaat AI untuk meningkatkan efisiensi penggunanya dalam beraktivitas. Misalnya pada fitur Smart Touch yang memungkinkan pengguna untuk memilih konten seperti teks, gambar, dan video dari sistem serta aplikasi pihak ketiga dan menyimpannya dalam File Dock, atau bahkan menggabungkannya ke dalam satu catatan secara ringkas, cukup dengan isyarat (gesture) ‘select and drag’ konten tersebut.

File Dock OPPO Reno11 Series

File Dock baru di Smart Sidebar memungkinkan pengguna untuk berbagi konten di seluruh aplikasi dengan lebih mudah melalui split screen, floating windows, atau Dock itu sendiri. Sementara Smart Image Matting adalah fitur pertama dalam smartphone yang memungkinkan pengguna untuk memotong beberapa subjek seperti orang dan hewan dari satu gambar atau video yang dijeda.

Trinity Engine dan Perlindungan Keamanan

8. Trinity Engine

ColorOS 14 menggunakan Trinity Engine yang ditingkatkan, sehingga dijanjikan dapat memberi kelancaran dan stabilitas smartphone. Ada tiga fitur utama pada teknologi ini, yaitu Vitalisasi ROM untuk menghemat storage, Vitalisasi RAM untuk kinerja memori, serta Vitalisasi CPU untuk menentukan keseimbangan antara performa dan konsumsi daya.

9. Picture Keeper

Fitur privasi juga semakin canggih berkat fitur baru bernama Picture Keeper. Fitur ini dirancang untuk mencegah aplikasi menyalahgunakan izin akses foto atau video pribadi Anda. Aplikasi perlu mendapatkan izin
untuk mengakses foto atau video yang dipilih setiap kali pengguna mengaktifkan pengelolaan izin baru.

Jadwal peluncuran ColorOS 14

Di Indonesia, OPPO Reno11 Series yang diluncurkan secara resmi minggu lalu menjadi perangkat untuk debut ColorOS 14. Nantinya ada lebih banyak smartphone OPPO yang mengadopsi sistem operasi ini. Berikut daftar lengkapnya:

10. ColorOS 14 Roll out Schedule

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button