Quantcast
Mobile GadgetNewsProduct NewsSmartphone

[Hands-On] Kesan Pertama Mencoba Sharp AQUOS Sense8

Sharp AQUOS Sense8 resmi dijual di Indonesia dengan harga Rp5.999.000. Terbilang cukup tinggi untuk spesifikasi yang ditawarkannya, namun memang memiliki beberapa keunggulan yang cukup menarik. Salah satunya ada pada bodinya yang tangguh dan tahan banting.

Dalam acara peluncuran yang digelar di Jakarta, Selasa (16/1), YANGCANGGIH.com berkesempatan untuk mencoba langsung AQUOS Sense8. Dalam durasi pemakaian yang cukup singkat, berikut kesan pertama kami terhadap ponsel ini.

Ringan dan tahan banting

Sharp AQUOS Sense8

 

AQUOS Sense8 menawarkan desain dengan bentuk persegi khas ponsel Jepang. Dimensinya cukup ramping karena layarnya memang hanya 6,1 inci saja. Sedikit lebih kecil dari kebanyakan smartphone Android di segmen harga setara.

Menurut Sharp, perangkat ini menggunakan bingkai aluminium yang kokoh untuk menahan benturan dan melindungi dari kerusakan. Untuk memastikan ketangguhannya, AQUOS Sense8 telah mendapatkan sertifikasi berstandar militer MIL-STD-810H.

Sharp sempat beberapa kali memamerkan AQUOS Sense8 jatuh dari ketinggian sekitar 1 meter. Sekilas terlihat smartphone tersebut memang tahan banting. Cocok untuk pengguna yang banyak melakukan aktivitas outdoor karena selain kuat, juga tahan debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Materialnya juga mampu menahan tekanan dengan berat hingga 6 kilogram!

Sharp AQUOS Sense8 IP rating test
Uji ketahanan air

Yang lebih menarik, meski memiliki bodi yang tangguh, ternyata bobot Sharp AQUOS Sense8 cukup ringan. Hanya 159 gram dan diklaim paling ringan di kelasnya. Kombinasi bodi yang ramping dan bobot yang ringan membuatnya sangat nyaman dioperasikan dengan satu tangan.

Bagian belakangnya dibuat sederhana dengan Center Circle Design yang menempatkan kamera utama tepat di tengah. Sharp menjelaskan, posisi kamera seperti ini memudahkan subjek sejajar dengan sudut pandang fotografer saat pemotretan.

Sharp AQUOS Sense8

Sementara di depan terdapat layar IGZO OLED 6,1 inci dengan bezel yang agak lebar dan masih menggunakan poni bergaya tetesan air, alias belum punch hole. Layar ini memiliki refresh rate 90Hz dan tingkat kecerahan yang amat baik hingga 1300 nits.

Sharp AQUOS Sense8 2 1

Tombol power yang sekaligus berfungsi sebagai sensor sidik jari, bersama dengan tombol pengaturan volume ada di sisi sebelah kanan. Di bawah terdapat port USB-C, audio jack 3.5mm, dan lubang speaker. Smartphone ini juga memiliki slot microSD hingga kapasitas 1 TB.

Sharp AQUOS Sense8

Untuk pilihan warna, AQUOS Sense8 tersedia dalam varian antara lain Pale Green, Light Copper, dan Cobalt Black.

Kamera didukung OIS

Sharp AQUOS Sense8 dipersenjatai kamera utama 50 MP lengkap dengan OIS dan ditemani kamera ultrawide 8 MP. Untuk selfie, ada kamera 8 MP di depan. Kamera utamanya juga mendukung 2x zoom serta IQ Engine Pro Pix 5 untuk menangkap gambar dengan format HDR.

Berikut beberapa hasil foto yang kami abadikan di lokasi acara:

240115233926162

240115234014425

240115234043432

Performa didukung Snapdragon 6 Gen 1

AQUOS Sense8 merupakan smartphone pertama di Indonesia yang mengadopsi chipset Qualcomm Snapdragon 6 Gen 1. Bukan berarti Snapdragon 6 Gen 1 adalah chipset baru, namun memang sejauh ini baru AQUOS Sense8 yang memakainya dan masuk resmi ke Indonesia.

Soal kinerja tidak perlu diragukan. Snapdragon 6 Gen 1 kencang dan membuat smartphone terasa amat responsif. Chipset ini temani RAM 8 GB dan memori internal 256 GB, bersama dengan baterai 5.000 mAh untuk menunjang dayanya.

Yang sedikit mengganjal adalah belum adanya kemampuan fast charging-nya yang sekencang para pesaingnya di kelas harga setara. Tapi menurut Sharp, baterai AQUOS Sense8 tahan sampai 2 hari jadi tidak perlu sering-sering mengisi daya.

Kesan pertama dan harga Sharp AQUOS Sense8

Sharp AQUOS Sense8 punya keunggulan yang membuatnya tampil cukup istimewa. Misalnya dalam hal ketangguhan bodi yang sudah mempunyai sertifikasi berstandar militer. Di kelas harganya, ini merupakan hal yang cukup langka. Kinerjanya juga tinggi berkat Snapdragon 6 Gen 1.

Meski begitu, di sisi lain AQUOS Sense8 juga punya tantangan berat untuk bersaing dengan lawan-lawannya dari segi harga. Memang komposisi hardware yang ditawarkan sudah mumpuni untuk mendukung berbagai kebutuhan, tapi di pasaran ada beberapa pesaing yang menawarkan spesifikasi lebih tinggi di kisaran harga setara atau bahkan lebih murah. Selain itu, AQUOS Sense8 belum punya fitur fast charging sekencang brand lain.

Kalau Anda menginginkan smartphone Jepang dengan bodi tangguh dan performa oke, AQUOS Sense8 layak untuk dicoba. Bagi yang berminat, Sharp AQUOS Sense8 dijual dengan harga Rp5.999.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button