Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

[Hands-On] Kesan Pertama Mencoba Samsung Galaxy A25 5G

Samsung Galaxy A25 5G resmi meluncur di Indonesia dengan harga mulai dari 3,9 jutaan rupiah. Ada banyak upgrade menarik yang dibawa oleh penerus Galaxy A24 ini, misalnya pada sektor kamera, performa, desain, hingga sistem keamanan.

Dalam artikel kali ini kami ingin mengajak Anda melihat lebih dekat seperti apa Galaxy A25 5G, dan bagaimana kesan pertama kami terhadapnya. Penasaran? Yuk, langsung saja simak!

Desain lebih fresh

Galaxy A25 5G 3

Sebagai A-Series pertama yang dirilis di tahun 2024, secara garis besar tidak ada perbedaan yang signifikan antara desain Galaxy A25 5G dengan A-series sebelumnya yang meluncur tahun lalu. Bahasa desainnya kurang lebih masih sama, namun memang ada sedikit penyegaran di beberapa bagian.

Contohnya pada sisi samping yang disebut ‘Key Island’. Menurut Samsung, desain seperti ini akan memudahkan Anda saat ingin menggapai tombol daya/sensor sidik jari dan tombol pengaturan volume. Samsung membuat area yang menampung kedua tombol tersebut lebih tinggi dari area sisanya yang jauh dari tombol.

Samsung Galaxy A25 5G tersedia dalam tiga pilihan warna. Yang unik adalah Yellow, kuning terang dengan tekstur yang membuatnya efek pantulan cahayanya berbeda. Dua warna lainnya adalah Blue Black, bukan navy blue dan lebih gelap, serta Blue untuk biru yang lebih cerah.

Samsung Galaxy A25 5G

Pada bagian belakang Anda akan menemukan setup tiga kamera yang disusun sejajar vertikal, mirip A-series tahun lalu. Sementara di depan terdapat layar Super AMOLED 6,5 inci Infinity-U dengan poni bergaya tetesan air, belum punch hole. Bezel di sekitar layar juga masih terlihat lebar. Soal kualitas layar tidak perlu diragukan. Terang, cerah, tajam, dan punya sajian warna yang menggugah selera khas ponsel Samsung.

Samsung Galaxy A25 5G YANGCANGGIH 1

Di sisi sebelah bawah terdapat lubang speaker, mikrofon, port USB-C, dan yang buat kami cukup menarik adalah audio jack 3.5mm. Ya, Anda masih bisa memasang headset kabel favorit Anda di Galaxy A25 5G. Jadi nggak wajib pakai TWS.

Perlu diketahui juga bahwa speaker pada Samsung Galaxy A25 5G sudah stereo. Peningkatan dari Galaxy A24 yang speaker-nya masih mono.

Samsung Galaxy A25 5G YANGCANGGIH 2

Kamera didukung OIS

Samsung Galaxy A25 5G mengusung setup tiga kamera belakang yang terdiri dari 50 MP dengan OIS, ultrawide 12 MP, dan makro 5 MP. Sementara di depan, tersedia kamera selfie 13 MP. Keberadaan OIS jelas jadi nilai plus untuk bikin hasil foto lebih stabil dan minim potensi blur.

Samsung Galaxy A25 5G 1

Selain itu ada juga fitur kamera terkait software. Misalnya Photo Remaster untuk meningkatkan hasil foto, atau Object Eraser untuk menghapus objek yang tidak diinginkan pada foto secara cepat serta mudah. Fitur-fitur ini memang sifatnya pelengkap saja, tapi kami yakin cukup berguna pada skenario penggunaan sehari-hari.

Widget kamera pada Galaxy A25 5G didesain dengan tampilan baru yang kini memungkinkan merekam sebuah momen dengan cepat menggunakan mode tertentu, seperti foto, video, mode Pro, dan sebagainya, dan langsung disimpan. Begitu juga pengaturan watermark yang makin leluasa, bisa Anda tempatkan di atas atau di bawah foto.

Dalam acara peluncuran yang digelar di Jakarta, Selasa (9/1), kami tidak lupa mencoba sebentar kamera Galaxy A25 5G untuk foto-foto di lokasi. Pemotretannya ada yang indoor ada pula outdoor. Berikut contoh hasil fotonya:

Hasil foto Samsung Galaxy A25 5G (3)

Hasil foto Samsung Galaxy A25 5G (4)

Hasil foto Samsung Galaxy A25 5G (5)

Hasil foto Samsung Galaxy A25 5G (1)

Sekilas kamera Galaxy A25 5G punya potensi yang cukup menarik. Untuk sekadar upload ke media sosial menurut kami jelas sudah lebih dari cukup. Bahkan mungkin, Anda bisa membuat konten-konten yang lebih serius, inspiratif, dan estetik dengan ponsel ini.

Performa gesit

Samsung Galaxy A25 5G dipersenjatai chipset Exynos 1280 5nm yang diklaim menjadi upgrade signifikan dari pendahulunya. Chipset tersebut ditemani RAM 8 GB dan memori internal 128 GB atau 256 GB. Tidak ketinggalan fitur RAM Plus juga tersedia untuk menambahkan RAM secara virtual. Antarmukanya sudah One UI 6 terbaru.

Kami belum bisa bicara banyak soal performanya karena hanya mencoba smartphone ini sebentar saja. Yang pasti Exynos 1280 masih menjadi chipset yang bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan. Kinerja terasa gesit dan responsif.

Baterai? 5.000 mAh dengan dukungan fast charging 25W. Samsung mengklaim, butuh waktu sekitar 83 menit untuk mengisi daya dari 0-100 persen. Untuk sampai ke 50 persen hanya butuh kurang lebih 30 menit saja.

Kesan pertama dan harga Samsung Galaxy A25 5G

Bagi kami Samsung Galaxy A25 5G adalah upgrade yang menarik dari seri sebelumnya. Desainnya memang tidak banyak berubah, tapi masih relevan dengan trend sekarang terutama dengan kehadiran warna baru.

Bukan cuma kamera dan performa yang meningkat, smartphone ini juga punya fitur anyar terkait keamanan bernama Private Share. Gunanya untuk kirim file dengan lebih aman ke sesama pengguna Galaxy. Bahkan, jika nantinya diperlukan, pengguna juga bisa menghentikan akses dari file yang dikirim lewat Private Share sehingga si penerima tidak bisa membukanya lagi.

Jika Anda berminat, Samsung Galaxy A25 5G sudah bisa dibeli di Indonesia dengan harga Rp3.999.000 untuk varian 8/128 GB, dan Rp4.399.000 untuk varian 8/256 GB.

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button