Quantcast
KomputerLaptopMade for BusinessNewsProduct News

Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 12: Lebih Pintar dengan AI dan Pertama Mendukung TrackPad Haptic

Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 12 resmi diumumkan menjelang ajang CES 2024. Di generasi yang Ke-12 laptop bisnis ini membawa pembaruan desain, fitur, dan semakin canggih dengan dukungan AI.

Spesifikasi Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 12

Pembaruan yang langsung terlihat dari ThinkPad X1 Carbon Gen 12 ada di desain. Desain tangguh dengan standar militer yang tipis dan ringan andalannya masih tetap dipertahankan.

Tapi, di bagian layar ada perbedaan dengan generasi sebelumnya. Bezel atau bingkai layar X1 Carbon Gen 12 terlihat lebih ramping. Bagian atas layar juga kini ada poni untuk memasang kamera webcam dengan sensor 8 megapixel. Sekilas desainnya ini langsung mengingatkan kami dengan ThinkPad Z-Series.

Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 12

Pembaruan kedua ada di sektor keyboard dan trackpad. Lenovo menukar posisi tombol FN dan Ctrl di X1 Carbon Gen 12. Tombol Ctrl terlebih dulu kemudian FN. Sama seperti laptop dari pabrikan lain. Kemudian, sensor sidik jari kini ditempatkan di dalam area keyboard.

Paling menarik di area trackpad. ThinkPad X1 Carbon Gen 12 adalah generasi X1 Carbon pertama yang mendukung penggunaan TrackPad dengan teknologi Haptic. Seperti di ThinkPad Z-Series. Imbasnya, area trackpad bisa lebih luas. Tampilannya juga bersih tanpa ada tombol klik kiri atau kanan.

Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 12

Jika belum terbiasa dengan Trackpad Haptic tidak perlu khawatir. Pasalnya, Lenovo tetap menyediakan opsi trackpad model standar khas ThinkPad. Trackpoint berwarna merah untuk kendali kursor mouse di tengah keyboard yang menjadi ciri khas ThinkPad juga tetap masih tersedia.

Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 12

Lalu bagaimana dengan performanya? ThinkPad X1 Carbon Gen 12 menjadi salah satu laptop bisnis pertama Lenovo yang ditenagai prosesor Intel Core Generasi Ke-14. Opsi prosesor yang tersedia hingga Intel Core Ultra. RAM yang didukungnya hingga 64GB dan tersedia ruang penyimpanan SSD dengan opsi hingga 2TB. Di sektor layar laptop ini akan tersedia dengan opsi panel layar sentuh OLED 120 Hz. Resolusinya 2.8K dan mendukung sertifikasi HDR500 True Black.

Sekilas spesifikasi ThinkPad X1 Carbon Gen 12:

ThinkPad X1 Carbon 12th Gen
ProsesorLatest Intel Core Ultra Processors
OSWindows 11
RAMUp to 64GB LPDDR5X
StorageUp to 2TB Gen 4 PCIe NVMe SSD
GPUUp to Intel Arc Graphics
Layar14-inch Narrow Bezel display
Up to 120Hz 2.8K OLED touch, 400nit, HDR500 True Black
AudioDolby Atmos® with Dolby Voice
WebcamUp to 8MP MIPI Computer Vision camera with privacy shutter
Baterai90% PCC 57 Whr
ChipdTPM 2.0
FiturFingerprint Reader
Camera Privacy Shutter
Kensington™ lock slot
Konektivitas2 x USB-C (Thunderbolt 4)
2 x USB-A (5Gbps)
1 x HDMI 2.1
1 x 3.5mm audio jack
Wireless
WLAN Wi-Fi 6E or Wi-Fi 7 802.11be (2×2)
Bluetooth 5.3
5G sub-6 (CAT20), 4G LTE (CAT16), 4G LTE (CAT4) for China market
eSIM and Nano SIM ready
Dimensi
(W x D x H)
312.8mm x 214.75mm x 14.96mm
BobotMulai 1.09kg

Lebih pintar dengan AI

Ditenagai prosesor Intel Core Generasi Ke-14 sistem pendingin X1 Carbon Gen 12 turut diperbarui. Lenovo menyematkan sistem pendingin dua kipas dengan ukuran lebih besar dari generasi sebelumnya. Laptop ini juga mendapat dukungan teknologi AI dari prosesor Intel Core Generasi Ke-14. Jadi, bisa mempercepat alur kerja untuk mendukung produktivitas sekaligus menawarkan manajemen daya lebih baik.

Selain itu, dengan dukungan fitur Copilot di sistem operasi Windows pengguna bisa merasakan pengalaman komputasi yang lebih cepat dan mudah lewat sederetan fitur pintar mengandalkan kecerdasan buatan. Seperti misalnya membantu meringkas halaman web, menulis email, mengubah pengaturan, dan memungkinkan pengalaman baru dalam aplikasi termasuk Paint, Snipping Tool, dan banyak lagi.

Harga Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 12

ThinkPad X1 Carbon Gen 12 sudah tersedia dengan harga mulai US$2989. Portfolio lengkap laptop ini rencananya tersedia mulai bulan Maret 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button