Quantcast
ReviewMobile GadgetSmartphone

Review OPPO Find N3

OPPO Find N3
9
Cek Harga

OPPO Find N3, sebuah smartphone lipat yang ditujukan untuk kalangan pebisnis dan eksekutif. Perangkat ini menawarkan kemewahan, durabilitas, sekaligus fitur yang canggih untuk menunjang produktivitas. Namun semua itu harus ditebus dengan harga nyaris 30 juta rupiah.

Apakah harga tersebut sepadan dengan kecanggihannya? Daripada penasaran, yuk, langsung saja simak ulasan kami!

Desain mewah

OPPO memang tidak pernah mengecewakan untuk urusan desain. Dari mulai produk entry-level saja sudah terasa solid, apalagi di segmen flagship seperti Find N3 ini. Sekali pegang saja, langsung terasa bahwa kualitasnya begitu mewah.

OPPO Find N3

OPPO Find N3 memiliki desain yang modern dan elegan. Ponsel ini memiliki dimensi 153,4 x 143,1 x 5,8 mm ketika terbuka, dan 85,5 x 73,3 x 11,7 mm ketika dilipat yang artinya masih cukup ramping untuk ukuran perangkat lipat. Beratnya juga lebih ringan, yaitu 283 gram.

Find N3 1 scaled

OPPO Find N3 menggunakan frame berbahan aluminium. Pada varian warna Classic Black, terdapat lapisan seperti kulit di bodi belakangnya. Sementara warna Champagne Gold berlapis kaca. Warna hitam juga lebih ringan dari Gold. Perbandingan 239 gram vs 245 gram.

Perangkat ini memakai engsel Dual Friction Plate Hinge yang telah teruji mampu bertahan hingga 1 juta kali buka-tutup, dan memiliki sertifikasi TÜV Rheinland Reliable Folding Certification. Ada juga Invisible Crease yang membuat lipatan layar hingga batas minimum.

OPPO Find N3 4

Tidak perlu meragukan build quality-nya. YANGCANGGIH.com sudah menyaksikan sendiri bagaimana Find N3 diproduksi di pabrik OPPO di Indonesia. Mesin yang digunakan canggih, dan OPPO juga melakukan banyak tes maupun pengujian untuk memastikan kualitasnya mantap, serta awet untuk penggunaan jangka panjang.

Beberapa pengujiannya antara lain drop test, micro drop test, tumbling barrel test, folding test untuk menguji ketahanan engsel Flexion Hinge generasi ke-3, temperature shock, aging test, serta dust test.

OPPO Find N3 6

Kembali ke desain, pada bagian belakang smartphone ini memiliki desain camera Cosmos Ring menciptakan elemen dekoratif yang ikonik. Memang ketebalan Cosmos Ring ini lumayan, jadi tidak memungkinkan untuk meletakkannya rata 100 persen di atas meja meski sudah terpasang casing tambahan. Tapi tentu konfigurasi kamera yang besar seperti itu ada alasannya. Nanti kita bahas di bagian kamera.

Find N3 3

Perlu diketahui bahwa Find N3 memiliki sertifikasi IPX4. Masih belum sehebat pesaingnya yang sudah IPX8. IPX4 artinya tahan terhadap percikan air saja.

Di sisi sebelah kanan terdapat sensor sidik jari dan tombol pengaturan volume. Sementara di kiri terdapat Alert Slider, yang berfungsi untuk mengalihkan mode antara Silent, Getar, atau Dering. Di bagian bawah tersedia port USB-C bersama dengan grill speaker (yang juga ada di atas), serta SIM-Tray (dual-SIM tanpa slot microSD).

Layar utama yang minim bekas lipatan

OPPO Find N3 memiliki layar lipat berukuran 7,82 inci dengan resolusi 2268 x 2440 piksel. Layar ini menggunakan panel AMOLED dan memiliki refresh rate 1-120 Hz. Layarnya juga memiliki tingkat kecerahan hingga 2.800 nits, lengkap dengan Dolby Vision dan HDR10+.

Find N3 desain

Layar OPPO Find N3 memiliki kualitas yang sangat baik. Layarnya cerah, tajam, dan responsif. Selain itu tingkat kontrasnya tinggi, sehingga warna-warnanya terlihat lebih hidup. Intinya, Anda akan lebih puas saat browsing web, sosial media, menonton video, termasuk bekerja seperti membula dokumen dan sebagainya. Buat kami yang doyan manga, membaca secara online jadi sangat menyenangkan.

Satu hal yang sangat kami apresiasi adalah bekas lipatannya yang begitu minim. Ketika layar terbuka, bekas lipatan ini nyaris tidak terlihat kecuali dari sudut yang agak rendah. Dipegang pun rasanya lebih rata dari ponsel lipat lain.

OPPO Find N3 2

Membuka 2 aplikasi sekaligus pun terasa optimal, bahkan bisa 3. Cocok untuk Anda yang gemar multitasking. Untuk membuka aplikasi dalam mode split-screen, cukup tahan ikon aplikasi 2 detik. Di bagian bawah Anda akan menemukan sederet shortcut menuju beberapa aplikasi utama, sehingga bisa berpindah aplikasi lebih cepat.

Sama seperti ponsel lipat lainnya, Find N3 juga menawarkan mode Flex Form yang aktif ketika layar dilipat setengah. Sayangnya belum banyak aplikasi yang memaksimalkan mode ini. Sejauh pengujian, kami baru bisa mencobanya di aplikasi Kamera dan YouTube.

OPPO Find N3 7

Selain itu, layar utama ini juga bisa dimaksimalkan lagi memakai stylus OPPO Pen. Mau menulis, corat-coret, menggambar, dan yang lainnya bisa! Namun OPPO Pen merupakan aksesori yang dijual terpisah, alias tidak termasuk di dalam kemasan Find N3.

OPPO Find N3 3

Beralih ke layar eksternal, ukurannya 6,31 inci AMOLED dengan resolusi 1116 x 2484 piksel, 2800 nits, serta refresh rate 120 Hz. Layar eksternalnya ini juga punya kualitas yang amat baik, dan dimensi maupun aspect ratio-nya sama seperti layar ponsel konvensional. Sampai-sampai kami dapat melakukan hampir semua hal di sini tanpa harus membuka layar utama.

Kamera periskop dan kolaborasi dengan Hasselblad

Find N3 3

Sektor kamera yang berkolaborasi dengan Hasselblad menjadi salah satu keunggulannya dibanding perangkat foldable lain. Find N3 didukung kamera 64 MP telefoto dengan sensor 1/2″ dan lensa f/2.6 OIS, yang memiliki focal length 70mm. Kamera telefoto ini menggunakan sistem periskop dengan 3x optical zoom dan 6x lossless zoom. Ideal untuk memotret dari jarak agak jauh.

Selain itu ada juga kamera utama 48 MP wide dengan sensor Sony LYTIA-T808. Ukuran sensornya 1/1.35″ dan memiliki lensa f/1.7 dengan focal length 24mm dan dukungan Optical Image Stabilization. Selanjutnya ada kamera ultra-wide 48 MP dengan sensor Sony IMX581 1/2″ f/2.2. Kamera ini memiliki sudut pandang hingga 114 derajat dan focal length 13mm

OPPO Find N3 memiliki sistem kamera belakang yang terdiri dari tiga kamera, yaitu kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 50 MP, dan kamera telefoto 13 MP. Ada juga kamera selfie yang masing-masing diletakkan di cover screen dan layar utama. Pada bagian cover screen dengan resolusi 32 MP, dan layar utama 20 MP.

OPPO Find N3 (outdoor daylight) (1)

Hybrid Zoom Find N3 (1)

6x Zoom Find N3 (2)

IMG_20231219_000230

Hasilnya fotonya? Menurut kami istimewa untuk ukuran perangkat foldable. Kamera OPPO Find N3 mampu menghasilkan foto dan video yang tajam dan detail di berbagai kondisi cahaya. Tahap processing kembali menjadi senjata andalan untuk mengoptimalkan gambar yang ditangkap oleh sensornya. Begitu prosesnya selesai (dan amat cepat), Anda akan disuguhkan hasil yang menurut kami memuaskan.

Hasil foto Find N3 (2)

6x Zoom Find N3 (1)

Hybrid Zoom Find N3 (4)

Selain itu, adanya lensa periskop untuk zoom amat membantu dalam mendapatkan hasil foto dengan komposisi sesuai keinginan, tanpa harus bergerak lebih mendekat ke arah subjek/objek. Kualitas kamera telefoto tidak kalah bagus dari kamera utamanya. Detail yang ditangkap tinggi, bahkan pada kondisi cahaya agak temaram sekalipun. Dan efek bokehnya juga bagus ketika kami menggunakan mode Tele Portrait.

Indoor Low Light OPPO Find N3 (3)

Indoor Low Light OPPO Find N3 (1)

OPPO Find N3 (Night) (3)

OPPO Find N3 (Night) (2)

Dari segi handling juga nyaman. Find N3 terasa pas di genggaman saat memotret, sehingga selalu stabil ketika tombol shutter ditekan. Nah, bagaimana kalau untuk video? Berikut contoh hasil rekamannya:

Tes Video OPPO Find N3 (1)

Performa kencang, mantap untuk multitasking dan gaming

Dari sektor performa, OPPO Find N3 dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang ditemani RAM LPDDR5x 16 GB, lengkap dengan fitur ekspansi RAM hingga 12 GB, dan memori internal UFS 4.0 dengan kapasitas 512 GB.

Performanya sudah pasti kencang kencang. Ponsel ini mampu menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan lancar, dan ideal untuk melakukan tugas berat seperti editing video. Multitasking pun mulus tanpa kendala, termasuk ketika kami mencoba membuka 3 aplikasi sekaligus di layar utamanya.

Untuk gaming, kami mencoba memainkan Mobile Legends dan ternyata cukup asyik di layar utamanya. Judul yang menuntut kinerja tinggi seperti Genshin Impact pun dapat berjalan lancar dengan frame rate yang stabil. Lebih asyik juga ketika memainkan Genshin Impact di layar besarnya.

Urusan daya dipercayakan pada baterai 4805 mAh dengan pengisian cepat 67W. Kalau gaya pemakaiannya standar saja dan tidak terlalu intens, kami bisa mengandalkan baterai ini untuk seharian. Charging hingga 100 persen butuh waktu sekitar 50 menit saja.

Kesimpulan

Find N3 2 scaled

OPPO Find N3 adalah salah satu ponsel lipat terbaik yang pernah diluncurkan di Indonesia. Namun tanpa mengesampingkan keunggulan di sektor lainnya, kamera benar-benar menjadi pembeda. Kalau Anda menginginkan smartphone foldable yang mewah, kencang, fiturnya melimpah, dan kameranya canggih, Find N3 bisa jadi pilihan.

Bagi yang berminat, OPPO Find N3 dijual dengan harga Rp29.999.000.

Kelebihan OPPO Find N3:

  • Desain mewah dan cukup ramping untuk ukuran ponsel lipat
  • Kamera memuaskan untuk foto dan video
  • Kamera periskop dengan fitur Tele Portrait mampu menghasilkan foto yang bagus
  • Kualitas layar utama mantap dan minim bekas lipatan
  • Nyaman untuk multitasking seperti membuka 2 aplikasi sekaligus
  • Cover screen lega dan berfungsi penuh layaknya layar smartphone konvensional
  • Performa kencang
  • Baterai tergolong awet
  • Charging cepat

Kekurangan OPPO Find N3:

  • IP Rating belum sebaik pesaingnya untuk ketahanan terhadap air
  • Akan lebih menarik jika mendukung wireless charging
  • Harga relatif tinggi
OPPO Find N3
OPPO Find N3
9
Cek Harga

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Kamera
Performa
Baterai
Harga
Final Score

Back to top button