Quantcast
Mobile GadgetProduct NewsSmartphone

[Hands-On] Kesan Pertama Mencoba Sharp AQUOS R8s Pro, Smartphone Flagship dengan Sensor Kamera 1 Inci

Sharp baru saja meluncurkan smartphone flagship terbarunya di Indonesia yaitu Sharp QUOS R8s Pro. Sama seperti generasi sebelumnya, perangkat ini kembali mengandalkan sektor kamera yang dibekali sensor 1 inci sebagai nilai jual utamanya.

Dalam acara yang digelar di Jakarta, Rabu (6/12), YANGCANGGIH.com berkesempatan untuk mencicipi smartphone seharga 15 jutaan rupiah ini. Penasaran bagaimana kesan pertama kami? Yuk, langsung saja simak ulasan singkatnya!

Desain khas ponsel Jepang, tahan air dengan rating IP68

Sharp AQUOS R8s Pro

Sekilas desain Sharp AQUOS R8s Pro tidak banyak berubah dari pendahulunya, AQUOS R7s, yang dirilis di Indonesia pada bulan Juli 2023 lalu. Warnanya masih dominan hitam, dengan tepian datar sehingga memberikan kesan ponsel berbentuk kotak khas produk Jepang.

Shinji Teraoka selaku Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia memang sempat mengatakan, AQUOS R8s Pro yang dibawa ke Indonesia tidak memiliki perbedaan sama sekali, baik dari spesifikasi, fitur, maupun desain, dengan yang dijual di Jepang.

Sharp AQUOS R8s Pro 2 1

Ponsel ini punya tampilan yang menurut kami punya kesan yang minimalis, kalem, dan misterius. Warna hitamnya menggunakan finishing matte, sehingga tidak berkilau ketika terpapar cahaya. Tidak ada elemen premium yang biasa digunakan ponsel flagship untuk membuat desainnya terlihat mewah.

Sharp AQUOS R8s Pro 1 1

Di bagian belakang terdapat cincin kamera yang mengemas sensor besar berukuran 1 inci.Menurut Sharp, penempatan kamera utama tepat di tengah akan memudahkan pengguna untuk memotret sejajar dengan sudut pandang. Selain kamera utama, Anda hanya akan menemukan depth sensor dan lampu flash.

Sementara di bagian depan terdapat layar IGZO OLED 6,6 inci dengan resolusi 2.730 x 1.260 piksel dan refresh rate 1-240 Hz. Smartphone ini punya sertifikasi IP68 yang artinya tahan air hingga kedalaman 2 meter selama 30 menit.

Sharp AQUOS R8s Pro 3 1

Kamera dengan sensor 1 inci

Sharp AQUOS R8s Pro dibekali kamera dengan sensor berukuran 1 inci yang memiliki resolusi 47 MP f/1.9. Kamera ini diklaim dapat menangkap gradasi warna, cahaya, dan lebih sedikit distorsi untuk menghasilkan foto yang lebih baik.

Contoh hasil fotonya bisa Anda lihat di bawah ini:

Hasil foto Sharp AQUOS R8s Pro (1)

Hasil foto Sharp AQUOS R8s Pro (3)

Sharp juga menyediakan aksesori berupa lensa filter tambahan yang dilengkapi dengan multi layer – coating filter, sehingga dapat menangkap cahaya menjadi lebih berkilau. Dengan filter tersebut, hasil fotonya akan seperti ini:

Hasil foto Sharp AQUOS R8s Pro (2)

Sekilas kami menilai kamera utama Sharp AQUOS R8s Pro dapat menghasilkan foto dengan warna yang khas, bokeh yang halus dan natural, serta kemampuan low light yang oke seperti pada foto dengan bintang-bintang. Perlu diketahui, foto yang diambil menggunakan lensa filter tersebut diabadikan pada kondisi ruangan yang cukup gelap.

Chipset kencang

Dari sektor performa, smartphone ini dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 dengan dukungan RAM 12 GB dan memori internal 256 GB UFS 4.0. Sementara untuk urusan daya mengandalkan baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan fast charging 27W.

Memang chipset yang digunakan bukan yang paling baru karena sekarang sudah ada Snapdragon 8 Gen 3. Tapi untuk kebutuhan saat ini hingga mendatang, Snapdragon 8 Gen 2 tetap dapat diandalkan dalam menghadirkan performa yang kencang untuk beragam kebutuhan. Yang mungkin akan sedikit mengganjal bagi calon konsumen adalah teknologi pengisian dayanya.

Sharp AQUOS R8s Pro 2

Kesan Pertama dan Harga Sharp AQUOS R8s Pro

Jujur kami masih butuh waktu untuk menarik kesimpulan apakah Sharp AQUOS R8s Pro memang merupakan flagship yang bagus atau sebaliknya. Tapi kesan pertama kami cukup positif, terutama pada kamera utamanya. Kami ingin melakukan pengujian lebih jauh untuk menggali potensi yang dimiliki oleh sensor 1 inci ini.

Yang jelas, sebagai penantang baru di segmen flagship, harga Sharp AQUOS R8s Pro tergolong tinggi yaitu Rp15.999.000. Bagaimana menurut Anda?

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button