Quantcast
KomputerPC DesktopReview

Review Geekom Mini IT11

Reader Rating0 Votes
0
8.3
Cek Harga

Komputer meja dengan ukuran mini yang bisa diselipkan di mana saja selalu menjadi konsep yang menarik. Jika dulu ada Intel NUC, kini mulai banyak bermunculan alternatif lain. Salah satunya adalah Geekom yang menawarkan komputer mini dalam beragam spesifikasi seperti Geekom Mini IT11.

Desain GEEKOM Mini IT11

Untuk penempatan, PC mungil ini juga fleksibel berkat dukungan VESA Mount standar. Tapi untuk memudahkan koneksi ke periferal lain seperti mouse, keyboard atau hard disk eksternal, kami anjurkan Anda menaruhnya di meja agar lebih praktis.

Dalam kotak mungilnya, Geekom Mini IT11 ini memiliki spesifikasi yang cukup menjanjikan seperti prosesor Intel Core i7-11390H (Tiger Lake), RAM DDR4 16GB dan SSD 512GB  (2280 M.2 SATA/PCIe).

geekom mini it11 body

Satu kelebihan dibandingkan laptop dengan spesifikasi serupa; Anda bisa meningkatkan kapasitas RAM hingga 64GB serta mengganti SSD dengan kapasitas lebih tinggi (mencapai 2TB). Bahkan ada slot untuk memasang HDD 2,5 inci jika dibutuhkan. Adapter ke listrik memiliki ukuran yang agak mirip seperti adapter power untuk laptop. Jadi masih cukup ringkas jika Anda ingin menata ruangan agar terlihat minimalis.

Performa GEEKOM Mini IT11

Dari sisi performa, PC mungil ini cukup mumpuni. Anda bisa menjalankan aplikasi kantoran dengan lancar, bahkan saat membuka file berukuran besar sekalipun. Kami juga mencobanya untuk desain grafis dengan Canva dan Photoshop. Hasilnya ternyata gegas dan amat lancar.

geekom mini it11

Lalu kami mencoba menjalankan aplikasi video editing seperti Adobe Premiere Pro dan Capcut. Kinerjanya ternyata cukup memuaskan. PC mini ini dapat digunakan untuk video editing dengan lancar, selama file dan kompleksitasnya masih belum terlalu tinggi.

Geekom Mini IT11 ini memang tidak dioptimalkan untuk main game. Namun untuk game lama atau game yang tidak terlalu berat, PC mini ini bisa menjalankannya dengan cukup baik. Game seperti Fortnite, GTA V, dan Doom Eternal bisa dijalankan dengan mulus. Anda juga bisa memutar video 4K tanpa masalah. Cocok bagi penggemar film.

Konektivitas juga termasuk lengkap dengan adanya Bluetooth 5.2,  WiFi 6, serta 3 port USB 3.2 Gen 2, 2 port USB Type C (USB4), 1 SD card reader, 1 ethernet port, dan 1 port HDMI 2.0. Port koneksi ini tersebar di bagian depan dan belakang unit, sehingga mudah dijangkau.

Kesimpulan

GEEKOM Mini IT11

Pilihan PC Mini dengan harga terjangkau memang tidak banyak. Salah satu kunci kesuksesan GEEKOM menekan harga adalah dengan menggunakan platform prosesor mobile. Selain konsumsi dayanya rendah, prosesor yang biasanya dipakai di laptop ini juga membutuhkan sistem pendinginan yang tidak rumit.

Menariknya, kinerja prosesor ini masih memadai untuk kebanyakan pengguna di luar gaming dan desain kompleks. Tentunya Anda juga harus memperhitungkan biaya tambahan untuk monitor, keyboard, mouse, dan aksesori lain yang dibutuhkan.

Kelebihan GEEKOM Mini IT11

  • Desain mungil yang mudah dibuka dengan VESA Mount
  • Dukungan upgrade RAM dan SSD
  • Performa kencang untuk sebagian besar pengguna
  • Relatif sunyi saat bekerja
  • Port koneksi lengkap
  • Harga menarik, mengingat sudah termasuk OS Windows 11

Kekurangan GEEKOM Mini IT11

  • Desain standar
  • Slot HDD/SSD terbatas

GEEKOM Mini IT11 cocok untuk siapa?

Pelajar dan mahasiswa

Pasangkan dengan monitor berukuran lega dan PC mini ini akan jadi pusat belajar dan hiburan yang membuat pelajar / mahasiswa betah berlama-lama di rumah. Kinerjanya akan memadai selama tidak untuk memainkan game dengan tuntutan grafis yang tinggi.

Pekerja kantoran

PC mini ini bisa diandalkan untuk menyelesaikan pekerjaan kantoran di rumah. Bukan ide yang baik, tapi setidaknya Anda bisa melakukannya dengan nyaman di rumah.

Desainer grafis

Performa prosesor mobile generasi 11 yang diadopsi GEEKOM Mini IT11 akan cukup untuk menjalankan aplikasi grafis terkemuka seperti Adobe Photoshop, Canva dan sebagainya. Anda juga bisa memasangkannya dengan monitor beresolusi 4K.

Gamer

PC ini hanya cocok untuk menjalankan game keluaran lama dan game baru yang tidak terlalu menuntut kinerja grafis. Namun bagi para gamer yang serius ingin mendapatkan pengalaman gaming terbaik, Mini PC ini bukanlah jawabannya.

 

geekom mini it11 body
Review Geekom Mini IT11
Pilihan PC Mini dengan harga terjangkau memang tidak banyak. Salah satu kunci kesuksesan GEEKOM menekan harga adalah dengan menggunakan platform prosesor mobile. Selain konsumsi dayanya rendah, prosesor yang biasanya dipakai di laptop ini juga membutuhkan sistem pendinginan yang tidak rumit.
Desain
8.5
Performa
7.5
Harga
9
Reader Rating0 Votes
0
8.3
Cek Harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Performa
Harga
Final Score

Back to top button