Mobile GadgetAudio VideoNewsProduct NewsWearable

Creative Aurvana Ace Series: TWS Pertama dengan Teknologi Driver Solid State

Creative mengumumkan TWS Aurvana Ace Series. TWS ini adalah yang pertama mengusung teknologi driver solid state untuk menghasilkan suara.

creative aurvana ace series

Spesifikasi Creative Aurvana Ace Series

Lini Aurvana Ace Series akan tersedia dua model yakni Aurvana Ace dan Aurvana Ace 2. Perbedaan keduanya ada di fitur saja. Untuk spesifikasi tetap sama.

creative aurvana ace series

Aurvana Ace Series datang dengan konfigurasi dual driver. Driver pertama adalah dynamic driver berukuran 10 mm. Nah, driver keduanya adalah driver solid state yang dikembangkan pabrikan xMEMS.

creative aurvana ace series

Lalu apa bedanya driver solid state dengan dynamic driver pada umumnya? Perbedaan paling utama ada di desain, kualitas suara dan efisiensi.

Driver solid state membawa desain seperti chip. Sangat tipis dan kecil. Ini karena driver solid state tidak membawa coil dan magnet seperti dynamic driver.

creative aurvana ace series

Komponen utama driver solid state adalah piezoMEMS yang berupa membran silikon. Tugas piezoMEMS ini mirip seperti koil pada desain dynamic driver yakni mengubah sinyal elektrik menjadi gelombang suara.

Bedanya, dengan material silikon piezoMEMS mampu bergetar dengan lebih rigid dan konsisten. Imbasnya, bisa mengirimkan gelombang suara yang lebih akurat, konsisten dan lebih respon frekuensi tinggi.

Keunggulan lain driver solid state juga lebih irit daya. Dengan begitu TWS dengan driver solid state bisa menawarkan waktu guna yang lebih lama.

Menurut Creative, kolaborasi driver solid state dan dynamic driver Aurvana Ace Series bisa memungkinkan TWS ini menghasilkan suara di respon frekuensi 5 Hz hingga 40 kHz. TWS ini juga sudah dilengkapi dengan fitur penangkal bising aktif hibrid, dan dukungan teknologi Qualcomm cVC (Clear Voice Capture) untuk kualitas panggilan suara yang lebih baik mengandalkan enam mikrofon.

Untuk konektivitas keduanya mengandalkan koneksi Bluetooth 5.3. Aurvana Ace mendukung codec LC3, AptX dan AptX Adaptive. Sementara, bagi para pecinta audio resolusi tinggi bisa memilih Aurvana Ace 2 yang sudah mendukung codec AptX Lossless untuk streaming audio resolusi tinggi. Di Aurvana Ace 2 juga sudah mendapat dukungan fitur penangkal bising Qualcomm Adaptive ANC.

Fitur lain keduanya sudah dirancang tahan air dan keringat dengan peringkat IPX5. Untuk ketahanan baterai bisa hingga 24 jam dengan bantuan case pelindungnya.

Harga Aurvana Ace dan Aurvana Ace 2

Jika berminat pre-order Aurvana Ace dan Aurvana Ace 2 sudah dibuka di laman Creative. Aurvana Ace dijual dengan harga U$130 dan US$150 untuk Aurvana Ace 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button