Mobile GadgetReviewTablet Android

Review Huawei MatePad Air

Tahun ini lini tablet MatePad dari Huawei memang sangat komplit. Termasuk, MatePad Air yang menjadi primadona dengan rancangan bodinya yang ramping dan ringan. Penasaran bagaimana performa tablet ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Huawei MAtePad Air 2

Kelebihan Huawei MatePad Air:

+ Dimensi tipis dan ringan
+ Layar sentuh 11.5 inci 2.8K
+ Performa kencang
+ Speaker bertenaga
+ Dilengkapi kamera depan dengan fitur Fitur Follow Cam
+ WPS Office PC Level
+ Baterai tahan lama
+ Bisa berbagi layar lewat kabel atau nirkabel
+ Harga kompetitif

Kekurangan Huawei MatePad Air:

– Tidak mendukung jaringan seluler
– Tidak tersedia slot kartu memori
– Tidak dilengkapi audio jack 3.5mm

Desain Huawei MatePad Air

MatePad Air berhasil mencuri perhatian kami dengan rancangan bodinya yang tipis. Bobotnya juga sangat ringan. Kehadiran tablet ini memang ditujukan untuk para pengguna yang mobilitasnya tinggi.

Huawei MatePad Air D

Secara keseluruhan bodinya ini hanya setebal 6,4 mm saja. Bobotnya sekitar 508 gram. Itu jika tanpa terpasang aksesoris keyboard case pelindungnya. Saat terpasang bobotnya secara keseluruhan hanya 888 gram. Menurut kami, masih termasuk ringan. Bahkan, lebih ringan dari laptop yang umumnya berbobot di atas 1 Kg.

Huawei MatePad Air 3

Untuk mempertahankan dimensi bodinya yang langsing di tablet ini absen port audio 3.5mm. Untuk menikmati konten multimedia yang lebih personal bisa melalui headphone nirkabel atau TWS. Atau, bisa juga langsung menggunakan empat speaker bawaannya dengan kualitas suara yang sangat jempolan.

 

Layar Huawei MatePad Air

Beralih ke sektor layar MatePad Air membawa teknologi panel layar IPS FullView Display 11.5 inci. Resolusinya 2.8K. Layarnya juga sudah mendukung standar cakupan warna DCI-P3 100%. Sangat memanjakan mata dengan visual yang terlihat tajam dan kaya warna.

Huawei MatePad Air c

Panel layarnya juga sudah mendukung refresh rate 144 Hz. Jadi, saat menggulirkan layar atau efek animasi yang tampil dilayar terlihat sangat mulus dan nyaman di mata.

Menariknya lagi, jika kami bandingkan dengan MatePad 11 2023 panel layarnya terlihat lebih luas. Ini karena rasio aspek layar MatePad Air 3:2. Pada prakteknya, dengan rasio aspek 3:2 Anda bisa berkerja dengan lebih nyaman. Misalnya, saat membuka tabel di Microsoft Excel. Kolom yang ditampilkan bisa lebih banyak.

Saat berselancar di internet konten yang ditampilkan di layar juga bisa lebih banyak. Layarnya yang lebih luas juga membuat multitasking membuka dua jendela aplikasi di satu layar lebih nyaman. Singkatnya, layarnya yang lebih luas ini sangat optimal untuk berkerja dan menikmati konten multimedia.

Spesifikasi Huawei MatePad Air

Huawei MatePad Air

MatePad Air ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 888 dengan besaran RAM 8GB. Untuk ruang penyimpanan tersedia memori internal 128GB. Sayangnya, tidak tersedia slot kartu memori untuk menambah ruang penyimpanan.

Huawei MatePad Air G

Dari pengujian kami spesifikasinya sudah lebih dari cukup untuk mendukung produktivitas sehari-hari. Nyaris tidak ada kendala yang kami jumpai. Mengetik, browsing, hingga multitasking menjalankan beberapa aplikasi bersamaan terasa lancar. Untuk hiburan MatePad Air juga bisa diandalkan untuk menikmati beragam konten lewat platform streaming seperti Spotify dan Netflix.

MAtePad Air WPS Office 1

Selain itu, spesifikasinya juga bertenaga untuk bermain game mobile yang tersedia di toko aplikasi App Gallery. Satu nilai tambah toko aplikasi App Gallery dari Huawei ini juga terus berkembang dengan jumlah aplikasi yang semakin banyak.

Fitur komplit untuk produktivitas

Huawei MatePad Air I

Fitur unggulan MatePad Air paling utama adalah hadirnya aplikasi WPS Office yang setara PC. Untuk penggunaan aplikasi Office seperti membuat dokumen, membuat tabel di Excel, hingga membuat slide presentasi di Powerpoint saat kami gunakan tampilannya memang sangat familiar. Mirip seperti Office di PC.

Huawei MAtePad Air F

Selain itu, pengalaman penggunaan semakin optimal dengan keyboard yang nyaman digunakan untuk mengetik dan bisa menggunakan mouse. Layar sentuhnya juga bisa mendukung pena stylus M-Pencil generasi kedua untuk membuat coretan atau menggambar.

Huawei MatePad Air 11 8

Bekerja di layarnya terlalu kecil? Tenang saja, untuk mendapatkan tampilan yang lebih besar MatePad Air kini juga sudah dimungkinkan untuk berbagi layar ke TV atau monitor lewat kabel atau nirkabel. Sangat membantu apalagi untuk pengguna yang sering melakukan presentasi di kantor.

Huawei MatePad Air 8

Fitur lain di tablet ini sudah tersedia empat speaker terintegrasi, kamera depan 8 megapixel dengan fitur Follow Cam 2.0 untuk mendukung konferensi video, dan kamera belakang 13 megapixel.

Untuk baterai MatePad Air membawa baterai 8300 mAh. Dari pengujian kami untuk penggunaan mengetik di WPS Office, browsing, terhubung ke WiFi, dan tingkat kecerahan 50% baterainya bisa tahan lebih dari sehari. Baterainya ini juga sudah mendukung fitur isi ulang cepat SuperCharge 40W.

Kesimpulan

MatePad Air memang tablet 11 inci yang nyaris sempurna. Dimensi tipis dan ringan, layar yang memukau, performa bertenaga, dan WPS Office PC Level menjadikan tablet ini lebih serbaguna dan bisa menggantikan laptop. Terutama untuk para pengguna yang mobile dan sering menggunakan aplikasi Office.

Harga jualnya juga sangat kompetitif. Di kisaran 7 Jutaan Rupiah sudah termasuk keyboard cover dalam paket penjualan. MatePad Air adalah pilihan ideal untuk siapa saja yang membutuhkan tablet 11 inci yang tipis, ringan dan bertenaga untuk produktivitas dan hiburan sehari-hari.

MatePad Air adalah pilihan ideal untuk siapa saja yang membutuhkan tablet 11 inci yang tipis, ringan dan bertenaga untuk produktivitas dan hiburan sehari-hari.
8.8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Hasil Foto
Harga
Final Score

Back to top button