Quantcast
2-in-1 notebookCommercial PCGadget GuideKomputerLaptopLaptop GamingNewsProduct NewsTablet PCUltraportable

10 Laptop Terbaik ASUS [year] Untuk Semua Pengguna

Panduan memilih laptop ASUS terbaik bagi tiap jenis pengguna dan budget

Memilih laptop yang tepat guna dan tepat dana ternyata tidak mudah. Banyaknya pilihan tipe dan fitur-fitur baru yang diperkenalkan semakin menambah deretan hal yang harus diperhatikan saat ingin membeli laptop baru.

Artikel ini akan membantu Anda memilih laptop terbaik 2024 dari ASUS bagi berbagai tipe pengguna. Daftar produk dan kriteria yang wajib diperhatikan akan terus diperbaharui sehingga Anda akan selalu mendapatkan rekomendasi yang paling mutakhir atau up-to-date.

ASUS Indonesia telah menyediakan pilihan yang amat beragam untuk memenuhi kebutuhan semua tipe pengguna. Menyesuaikan dengan kebutuhan dan segmen pengguna, kami akan merekomendasikan laptop terbaik ASUS di tahun [year] dengan keseimbangan performa, fitur dan harga yang terbaik.

Rekomendasi laptop ASUS terbaik di tahun [year]

ASUS ROG Strix Scar 16 (2023)

Laptop Gaming Terbaik

ROG Strix SCAR 16 Laptop Gaming 16 inci Paling Powerful Intel 2023

Kinerja kencang ditunjang fitur pendukung terbaik yang dirancang untuk memuaskan para gamer ada di laptop ini. Di ASUS ROG Strix Scar 16, Anda akan menemukan laptop dengan prosesor hingga Intel Core i9-13980HX yang amat kencang dengan GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 4090, RAM dan SSD berkapasitas ekstra besar untuk sebuah laptop, teknologi cooling Tri-Fan yang efektif, kualitas tampilan ROG Nebula HDR yang amat baik, serta dukungan sistem tata suara Dolby Atmos.

Performa menjadi kata kunci di sini. Jadi semua game terbaru sekalipun akan dapat dimainkan dengan lancar di laptop gaming terbaik ASUS tahun 2023 ini. Begitu juga jika Anda ingin menggunakannya untuk bekerja dengan aplikasi berat sekalipun. Jika layarnya terasa kurang besar, ASUS juga menyediakan versi dengan layar 18 inci yang  memiliki spesifikasi identik.

Cek harga ASUS ROG Strix Scar 16 di toko resmi ASUS Indonesia

 ASUS ROG Zephyrus G16

Laptop Gaming Tipis Terbaik

2024 ROG Zephyrus G16 GU605 Senario Photo 03

Laptop gaming tipis terbaik dari ASUS ini punya sederet sederet fitur unggulan. Yang pertama, ASUS ROG Zephyrus G16 punya bodi tipis yang hanya setebal 1,49cm dengan bobot 1,85 kilogram. Jika ingin yang lebih ringan, ada Zephyrus G14 dengan bobot 1,5kg dan ketebalan 1,59cm.

Kemudian ada layar OLED ROG Nebula Display 16 inci yang punya teknologi VRR (Variable Refresh Rate) dan G-Sync. Keunggulan ketiga ada di prosesornya yang sudah menggunakan Intel Core Ultra Series. Opsinya mulai dari Core Ultra 7 155H hingga Core Ultra 9 185H. Yang paling membedakan prosesor ini dengan seri sebelumnya adalah terdapatnya NPU Intel AI Boost yang mampu mengakselerasi seluruh pemrosesan aplikasi berbasis AI. Terdapat pilihan GPU mulai dari RTX4050 sampai RTX4080.

Cek harga ASUS ROG Zephyrus G16 di toko resmi ASUS Indonesia

ASUS Vivobook Go 14 (E1404)

Laptop Murah Terbaik untuk Pelajar 

ASUS Vivobook Go 14 E1404F

Bagi yang dananya terbatas, ASUS Vivobook Go 14 (E1404) ini merupakan pilihan yang aman. Walaupun harganya murah, laptop ini memiliki performa yang cukup kencang untuk kebanyakan pengguna. ASUS juga memperhatikan desain fisiknya yang kini senada dengan laptop Vivobook yang harganya jauh lebih mahal.

Jika kebutuhan Anda masih seputar browsing, nonton Youtube, menjalankan Canva untuk desain grafis, serta menyunting film dengan Capcut, laptop ini akan dapat memenuhi kebutuhan Anda tersebut di tingkat harga yang amat masuk akal. Jadi bagi pelajar, inilah laptop terbaik ASUS untuk kegiatan belajar mengajar, baik formal maupun non formal.

Cek harga ASUS Vivobook Go 14 (E1404) di toko resmi ASUS Indonesia  

ASUS Vivobook GO 15 OLED E1504

Laptop Murah Terbaik bagi Pecinta Film

ASUS Vivobook Go 15 OLED (E1504F)

Inilah laptop dengan layar OLED paling murah di Indonesia. Layar dengan reproduksi warna hitam pekat yang tidak tertandingi, dibarengi akurasi warna yang amat baik untuk harganya, membuat Vivobook Go 15 OLED (E1504) ideal untuk menonton film atau sekedar melihat foto.

Kinerjanya cukup lumayan; masih belum cocok untuk diajak main game berat, tapi sudah memadai untuk aplikasi ringan seperti Canva, Capcut, serta aplikasi kantoran seperti Microsoft Office. Jadi bagi Anda yang mementingkan kualitas tampilan, tapi tidak terlalu membutuhkan kinerja yang amat kencang, ASUS Vivobook GO 15 OLED E1504 layak jadi pilihan.

Cek harga ASUS Vivobook Go 15 OLED (E1504) di toko resmi ASUS Indonesia  

ASUS Zenbook S13 OLED (UX5304)

Laptop Tipis dan Ringan Terbaik  

ASUS Zenbook S13 OLED UX5304

Tipis, ringan dan memiliki desain elegan yang menawan. Itulah deskripsi yang terucap saat melihat ASUS Zenbook S13 OLED (UX5304). Dengan bobot 1kg, inilah laptop dengan layar OLED 13 inci yang paling ringan di dunia.

Selain kualitas visual yang memukau, kinerja yang ditawarkannya juga amat baik. Ideal bagi pengguna yang butuh menjalankan aplikasi cukup berat, kecuali game. Keunggulan lain terletak pada webcam Full HD yang mampu menyajikan video berkualitas cemerlang.

Cek harga ASUS Zenbook S13 OLED (UX5304) di toko resmi ASUS Indonesia  

ASUS Zenbook Duo UX8406MA

Laptop Terbaik untuk Video Editing

asus UX8406 JMA OPI

ASUS Zenbook Duo menyempurnakan konsep laptop dengan dua layar di tingkat harga yang lebih terjangkau. Alih-alih menggunaan layar fleksibel yang bisa dilipat, Zenbook Duo mengimplementasikan dua layar OLED dengan engsel tradisional yang lebih kuat. Dikombinasikan dengan platform Intel Core Ultra dan GPU Intel Arc terbaru, inilah laptop terbaik ASUS untuk menyunting video dan membuat konten kreatif lainnya dengan memadai.

Hadir dengan sistem operasi Windows 11 Home, ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga merupakan laptop berfitur Copilot untuk dukungan AI. Copilot di Windows 11 melengkapi keahlian dan kreativitas Anda dengan bantuan kecerdasan serta jawaban relevan.

Laptop berkonsep dua layar yang unik ini juga sudah dilengkapi Microsoft Office Home & Student 2021  versi penuh terpasang di dalamnya. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya, sehingga bisa menikmati manfaat PC yang lengkap untuk bekerja dan menyelesaikan beragam tugas.

Cek harga ASUS Zenbook Duo UX8406MA di toko resmi ASUS Indonesia

ASUS ROG Flow X16

Laptop Convertible Terbaik untuk Mencipta Konten

ASUS ROG Flow X16

Untuk menciptakan konten berkualitas tinggi, dibutuhkan juga perangkat yang memadai. Walaupun masuk dalam jajaran laptop gaming, ASUS ROG Flow X16 hadir dengan bodi yang relatif tipis untuk sebuah laptop dengan layar 16 inci, spesifikasi yang mumpuni, serta fleksiblitas engsel yang membuatnya dapat berubah menjadi tablet hanya dengan memutar layarnya.

Tidak hanya cocok untuk keperluan photo & video editing, laptop ini juga nyaman digunakan untuk keperluan menggambar atau mewarna. Harganya yang kompetitif membuatnya jadi pilihan laptop ASUS terbaik untuk mencipta konten di tahun 2023.

Cek harga ASUS ROG Flow X16 di toko resmi ASUS Indonesia

ASUS Zenbook S13 OLED UM5302

Laptop Terbaik untuk Traveler

ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302)

Tipis, ringan, tapi punya performa yang mumpuni. Itulah yang bisa kami katakan tentang ASUS Zenbook S13 OLED UM5302. Bahkan dengan GPU terintegrasinya, laptop ekstra tipis yang bobotnya sekitar 1kg ini bisa diajak main game tipis-tipis.

Kualitas layarnya yang sudah 10-bit juga membuatnya mampu menampilkan visual dengan warna yang lebih kaya. Berkat bobotnya yang ringan dan kemampuannya di berbagai bidang, ASUS Zenbook S13 OLED UM5302 ini layak dinobatkan menjadi laptop terbaik ASUS di tahun 2023  bagi para pelancong atau traveller.

Cek harga ASUS Zenbook S13 OLED UM5302 di toko resmi ASUS Indonesia

ASUS Expertbook B9400

Laptop Terbaik untuk Pebisnis

ASUS ExpertBook B9 OLED

Dengan bobot hanya 880 gram, inilah laptop bisnis 14 inci yang paling ringan di dunia. Walaupun tipis dan ringan, ternyata laptop ini tetap mengedepankan fungsionalitas. Selain punya baterai yang mampu bertahan hingga 16 jam, spesifikasinya juga memadai untuk mengolah dokumen berukuran besar atau formula yang kompleks dengan cepat.

Beragam fitur keamanan juga telah dimilikinya, mulai dari sensor sidik jari, chip TPM 2.0 hingga penutup webcam fisik. Menilik tren bekerja dari mana saja (WFA) yang makin marak di tahun 2023, ASUS ExpertBook B9400 layak dinobatkan sebagai laptop bisnis terbaik ASUS di tahun 2023.

Cek harga ASUS ExpertBook B9400 di toko resmi ASUS Indonesia

ASUS Vivobook 13 Slate OLED T3304

Laptop Terbaik untuk Membaca Komik & Buku Digital

ASUS Vivobook 13 Slate OLED 2023

Tablet dengan keyboard yang bisa dilepas ini memiliki spesifikasi yang lebih baik dibandingkan versi terdahulu, sehingga lebih nyaman dipakai. Membaca buku dan komik hingga menonton video streaming kini bisa dilakukan dengan lebih gegas.

Layar OLED Full HD berukuran 13,3 inci ASUS Vivobook 13 Slate OLED T3304 ini juga memiliki akurasi warna yang baik, dengan masa respons yang cepat sehingga beragam visual akan dapat ditampilkan dengan baik di layarnya.

Cek harga ASUS Vivobook 13 Slate OLED T3304 di toko resmi ASUS Indonesia

Hal-hal yang wajib diperhatikan saat memilih laptop agar tidak salah beli

1. Tipe Prosesor dan GPU

Kami merekomendasikan laptop dengan tipe prosesor keluaran terbaru.  Namun kami juga akan merekomendasikan laptop dengan tipe prosesor keluaran 1 generasi sebelumnya jika harganya amat menarik. Anda harus memperhatikan tipe prosesor dengan seksama agar tidak salah membeli laptop tipe lama dengan prosesor lama yang belum tentu memiliki value yang baik.

2. Fitur dan spesifikasi

Memilih laptop tidak melulu hanya soal memilih spesifikasi terbaik. Fitur pendukung seperti sistem pendinginan juga wajib diperhatikan agar kinerja laptop lebih maksimal. Perhatikan juga kapasitas RAM dan SSD.

Untuk tahun [year], kami menganjurkan kapasitas RAM 16GB atau lebih bagi pengguna yang ingin menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Sedangkan kapasitas SSD sebaiknya minimal 256GB agar cukup menyimpan semua data yang dibutuhkan.

3. Konsep desain dan ketahanan

Selain desain konvensional, laptop ASUS hadir dalam beragam konsep desain. Tersedia beragam tipe laptop ASUS dengan desain convertible yang memiliki engsel yang bisa diputar hingga hampir 360 derajat, atau laptop berkonsep detachable dengan unit keyboard yang bisa dilepas dari layar sehingga mengubah laptop menjadi tablet dengan mudah.

Aspek ketahanan juga perlu diperhatikan bagi pengguna yang ingin menggunakan laptopnya di kondisi yang kurang ideal atau memiliki mobilitas sangat tinggi. Sebagian laptop ASUS telah memenuhi standar tes militer yang ketat untuk membuktikan ketahanannya.

4. Jenis dan ukuran layar

OLED menjadi panel dengan kualitas visual terbaik bagi pengguna awam, diikuti Mini LED dan IPS. Menariknya, ASUS memiliki tipe laptop dengan layar OLED terbanyak saat ini, baik dengan layar sentuh atau layar non sentuh. Laptop ASUS juga tersedia dalam beragam pilihan ukuran, mulai dari 13,3 inci hingga 18 inci.

Dengan keragaman spesifikasi dan fitur yang diberikan ASUS di dalam laptopnya, Anda pasti akan dapat menemukan laptop ASUS yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Panduan laptop terbaik ASUS ini akan terus diperbaharui seiring munculnya laptop dan komputer canggih dari ASUS di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button