Quantcast
KomputerLaptopNewsProduct News

Mengenal Google Chromebook Plus, Standar Baru Laptop dengan ChromeOS

Google resmi mengumumkan standar baru untuk Chromebook. Diberi nama Chromebook Plus standar ini kedepannya diharapkan bisa mempermudah pengguna untuk membedakan perangkat Chromebook yang beredar di pasaran. Penasaran seperti apa?Google Chromebook Plus

Segala hal tentang Google Chromebook Plus

1. Untuk segmen premium
Chromebook saat ini identik dengan laptop murah, spesifikasi pas-pasan, dan menjalankan sistem operasi ChromeOS.

Memang ada benarnya. Tapi, tidak semua Chromebook sama. Beberapa pabrikan bahkan pernah meluncurkan Chromebook dengan performa kencang dan harga jual yang mahal.

Nah, Chromebook Plus ini akan menjadi standar baru untuk kelas premium. Dengan begitu, konsumen bisa dengan mudah membedakan antara Chromebook kelas entry dan kelas premium.

2. Punya standar spesifikasi

Google Chromebook Plus
Sebagai sebuah standarisasi Google kemudian menetapkan standar minimum spesifikasi.  Ada lima elemen penting yang wajib dipenuhi oleh setiap pabrikan. Diantaranya:

  • Layar: Minimum menggunakan panel IPS yang resolusinya Full HD atau di atasnya.
  • Prosesor: Minimum menggunakan prosesor Intel Core i3 Generasi Ke-12 atau di atasnya. Untuk model AMD minimum menggunakan prosesor AMD Ryzen 3 7000-series.
  • RAM: Minimum 8GB atau lebih besar.
  • Ruang penyimpanan: Kapasitas minimum 128GB.
  • Webcam: Minimum menggunakan kamera Full HD 1080p dengan fitur pengurang noise atau Temporal Noise Reduction.

3. Mendukung tambahan fitur dan layanan

Di setiap Chromebook Plus pengguna juga bisa menemukan beragam tambahan fitur dan layanan yang tidak tersedia di model entry. Bahkan, kedepannya tambahan dukungan AI yang lebih pintar juga akan dihadirkan ke setiap perangkat.

Sebaga permulaan beberapa fitur yang tersedia sebagai berikut:

Google Chromebook Plus 2

  • AI-enhanced video conferencing: Aplikasi konferensi video bisa mendapatkan dukungan AI untuk mendongkrak kualitas gambar saat konferensi video. Fitur yang tersedia mulai dari efek pencahayaan, pengurang noise di latar, dan efek blur di latar subyek yang ditingkatkan.
  • Magic Eraser di Photos: Dengan tambahan fitur ini Anda bisa dipermudah menghilangkan obyek yang tidak diinginkan pada gambar.Google Chromebook Plus 3
  • File Sync: Menjadikan file yang disimpan ke layanan Google Drive Anda tersedia secara offline
  • Gratis langganan layanan: Pengguna bisa menikmati gratis berlangganan selama 3 bulan layanan Adobe Photoshop Web, Adobe Express web, dan Nvidia GeForce Now.Google Chromebook Plus

4. Sudah tersedia beragam model dari beberapa pabrikan

Google Chromebook Plus

Debut perdana Chromebook Plus tercatat ada delapan model yang diumumkan dari pabrikan Acer, ASUS, HP dan Lenovo. Semuanya akan tersedia di pasaran Amerika mulai 8 Oktober 2023 dengan harga jual mulai US$399 atau sekitar 6 jutaan Rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button