Mobile GadgetAudio VideoNewsProduct News

Avantone Planar II: Headphone Retro Murah dengan Teknologi Planar

Pabrikan Avantone Pro meluncurkan headphone Planar II. Headphone ini mencuri perhatian dengan teknologi planar magnetik dan harganya yang relatif murah.

avantone planar II-

Spesifikasi Avantone Planar II

Teknologi planar magnetik umum digunakan di headphone kelas premium. Audeze adalah salah satu pabrikan yang mempopulerkan teknologi tersebut di segmen headphone premium.

Mengadopsi driver dengan teknologi planar, Avantone Planar II bisa hadir dengan rancangan yang lebih tipis. Secara keseluruhan bobotnya diklaim 60 gram lebih ringan jika dibandingkan generasi pertamanya. Tampilannya juga keren dengan desain retro yang mengadopsi gaya open-back. Jadi, bisa menghasilkan suara dengan respon frekuensi yang lebih netral.

avantone planar II-

Lalu apa bedanya teknologi driver planar magnetik dengan driver dynamic pada umumnya? Perbedaannya, driver planar menggunakan dua rangkaian magnet untuk mendorong dan menarik lapisan diafragma tipis di antara keduanya.

avantone planar II-

Tekanan-tekanan yang dihasilkan akan menghasilkan getaran di seluruh permukan diafragma sehingga menghasilkan gelombang suara dengan distorsi hearmonik yang sangat minim dan responsif. Imbasnya, driver planar mampu menghasilkan reproduksi suara yang lebih akurat jika dibandingkan driver dynamic.

Selain menggunakan driver planar keunggulan Planar II yang lain ada di tingkat impedansi yang sangat rendah. Tingkat impedansinya sekitar 32 ohm saja. Artinya, headphone ini bisa langsung digunakan ke semua perangkat mulai dari pemutar musik portabel hingga smartphone. Tidak perlu lagi tambahan ampli headphone.

Harga Avantone Planar II

Planar II dijual dengan harga US$399 atau sekitar 6 Jutaan Rupiah. Memang tidak murah, tapi lebih murah dari headphone planar Audeze yang ada di kisaran US$1000.

Kesan pertama

Harga jualnya yang murah memang menarik. Planar II bisa jadi alternatif headphone planar murah untuk para Audiophile dengan dana terbatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button