Mobile GadgetNewsWearable

Mengenal Fitur Muscle Map di Smartwatch Garmin, Cocok untuk Latihan Kekuatan Otot

Jam tangan Garmin memiliki fitur bernama Muscle Map. Menurut Garmin, fitur ini cocok untuk mengoptimalkan strength training atau latihan kekuatan otot. Seperti apa?

Fitur Muscle Map Garmin

Muscle Map

Dalam acara yang digelar di Jakarta, Selasa (12/9), Garmin menjelaskan bahwa smartwatch mereka seperti epix Pro Series dan Fenix 7 Pro Series memiliki fitur untuk aktivitas strength.

Ketika diaktifkan, fitur ini dapat melacak berbagai hal seperti menghitung repetisi gerakan, melacak set yang telah dilakukan, jenis latihan yang dilakukan, memantau waktu olahraga dan waktu beristirahat, serta melacak otot mana saja yang mendapatkan manfaat dari olahraga tersebut.

Nah, kemampuan untuk melacak otot ini disebut Muscle Map. Muscle Map dapat mendeteksi dan memetakan otot bagian mana saja yang dilatih selama pengguna melakukan strength training. Pengguna juga disuguhkan gambaran otot bagian mana saja yang mendapatkan efek dari pelathian, melalui aplikasi Garmin Connect di smartphone.

Muscle Map Garmin

Bagi yang belum tahu, strength training atau latihan kekuatan otot bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot agar dapat melakukan tugas sehari-hari dengan baik, mencegah cedera, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Latihan ini direkomendasikan untuk dilakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu. Beberapa gerakan yang biasa dilakukan dalam strength training adalah plank, push-up, squat dan lainnya.

Cara mengaktifkan mode strength training di smartwatch Garmin

Cara mengaktifkan strength training pun mudah. Pengguna hanya perlu memiliki aktivitas ‘strength’ di jam tangan Garmin, lalu tekan tombol kiri tengah.

Akan ada beberapa pilihan seperti free yang artinya tanpa panduan, 30-minute blast untuk melatih otot inti dengan durasi 30 menit, back to basics workout untuk melatih kekuatan otot inti dengan repetisi hingga 5x, dan maximize your upper body untuk memperkuat otot badan bagian atas.

Garmin Muscle Map 1

Anda juga dapat memilih workout yang tersedia gratis di aplikasi Garmin Connect. Pada tampilan utama aplikasi, klik More dan pilih menu Training and Planning. Lalu pilih Workouts dan pilih workout
mana yang ingin dilakukan.

Tersedia juga beberapa tingkat kesulitan mulai dari Beginner, Intermediate dan Advanced. Setelah memilih salah satu jenis workout, pengguna juga dapat melihat durasi, tujuan workout, serta peralatan yang dibutuhkan dan Muscle Map.

Setelah menyimpan workout, pengguna dapat mengirim workout tersebut ke jam tangan Garmin hanya dengan 1 klik. Di jam tangan Garmin, akan muncul menu workout yang sudah dipilih tadi.

Promo Garmin Birthday

Dalam kesempatan yang sama juga diumumkan bahwa untuk merayakan hari ulang tahunnya yang ke-34, Garmin memberikan diskon hingga 30 persen untuk produk-produk jam tangan pintarnya.

Beberapa seri dengan fitur Muscle Map antara lain Venu Sq 2 yang dijual dengan harga promo mulai dari Rp2,8 juta, Venu 2S mulai dari Rp4,8 juta, dan Venu 2 Plus yang dijual dengan harga promo Rp5,6 juta dari harga normal Rp7,4 jutaan.

Promo ini berlaku hingga 24 September 2023 di Garmin Brand Store yang tersebar di seluruh Indonesia dan Garmin Official Store yang ada di sejumlah online marketplace.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button