Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNewsProduct News

Sony a7CR: Mirrorless Paling Ringkas Sony dengan Sensor Full Frame 61 Megapixel

Menemani kehadiran a7C II Sony juga mengumumkan kamera pertama a7CR. Kamera ini adalah mirrorless paling ringkas Sony dengan sensor full frame 61 megapixel.

Sony a7CR

Spesifikasi Sony a7CR

Perbedaan a7C II dan a7CR ada di sektor spesifikasi. Desainnya sama. a7CR adalah versi yang lebih ringkas dari seri mirrorless a7R andalan Sony. a7CR bahkan menggunakan sensor dan prosesor yang sama dengan a7R V. Jadi, bodi yang ringkas dan sensor full frame resolusi tinggi menjadi nilai jual utama kamera ini.

Secara keseluruhan volume bodi a7CR 53% lebih ringkas jika dibandingkan a7R V. Bobotnya juga 29% lebih ringan. Bobot a7CR hanya 515 gram saja sudah termasuk kartu memori dan baterai.

Sony a7CR

Kamera ini menggunakan sensor full frame back-illuminated Exmor R yang resolusinya 61 megapixel dan ditopang prosesor Bionz XR.

Sony a7CR

Di atas kertas dengan sensor dan prosesor yang sama kualitas gambar a7CR akan sama dengan a7R V. Tapi, untuk kemampuan memotret tanpa henti atau continuos shoot a7CR sedikit lebih lambat jika dibandingkan a7R V. a7V bisa memotret tanpa henti dengan kecepatan hingga 10 fps. Sementara, a7CR hingga 8 fps saja di mode shutter mekanikal dan hingga 7fps di mode elektronik.

Modus videonya juga berbeda. a7R V bisa merekam video hingga resolusi 8K. Untuk kemampuan videografi a7CR bisa merekam video hingga resolusi 4K 60p. Atau, bisa merekam di resolusi 4K 30p di format Super35 oversampling dari resolusi 6.2K. Kompromi yang perlu dimaklumi imbas rancangan bodinya yang lebih ringkas dan ringan.

Sony a7CR

Modus videonya juga mendukung fitur S-Log3, S-Cinetone, S-gamut3.Cine dan perekaman di format 10-bit 4:2:2. Untuk pengambilan gambar yang lebih dramatis tersedia dukungan perekaman video hingga resolusi Full Hd 120p. Pengambilan gambar yang lebih stabil juga dimungkinkan lewat fitur penstabil 5-axis langsung di bodinya.

Beralih ke sektor autofocus a7CR didukung kinerja autofocus yang sama dengan a7R V. Didukung chip AI Processing Unit dengan kecerdasan buatan, sistem autofocusnya sangat pintar,  cepat dan presisi. Seperti a7R V di kamera ini tersedia dukungan 693 titik autofocus yang mencakup 79% area gambar.

Harga Sony a7CR

a7CR dijual dengan harga mulai dari US$2999 untuk bodi saja. Pilihan warnanya ada dua yakni hitam dan abu-abu.

Kesan pertama

a7CR memang tidak sepenuhnya mirip a7R V dalam hal fitur dan performa. Setidaknya, kamera ini menjadi sangat menarik dengan tetap menawarkan kualitas gambar dan teknologi autofocus canggih a7R V dengan harga yang lebih murah US$900.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button