ReviewMobile GadgetSmartphone

Review realme 11

Reader Rating3 Votes
5.6
8.1
Cek Harga

Mengisi pasar smartphone kelas 3 jutaan, realme 11 hadir dengan mengandalkan kemampuan kamera dan pengisian daya yang cepat. Tagline “Leap Beyond the Competition” juga dicanangkan sebagai bentuk semangat realme untuk mengungguli pesaingnya di kelas harga tersebut.

Tidak hanya itu, realme 11 juga mengusung konfigurasi RAM 8GB dan memori internal 256GB. Salah satu yang terbesar untuk hp kelas 3 jutaan rupiah. Tapi bagaimana kemampuan realme 11 di kehidupan nyata? Berikut ulasan realme 11 dari YANGCANGGIH.COM.

Desain realme 11

Satu hal yang langsung terlihat jelas adalah desain kameranya yang memberikan nuansa berbeda bagi realme 11. Desain kamera berbentuk halo yang mengakomodir lensa dan flash terlihat unik. Apalagi ditunjang efek cahaya berbentuk huruf S di bagian belakang. Hasilnya, realme 11 sukses memberikan kesan mewah untuk sebuah hp harga 3 jutaan rupiah.

realme 11 body

Bodinya juga tipis dan ringan sehingga tetap nyaman saat digunakan dengan satu tangan. Layarnya yang berukuran 6,4 inci juga membuatnya tidak terasa terlalu besar di genggaman tangan.

Kamera utama realme 11

Satu hal yang menarik perhatian, realme 11 dilengkapi kamera dengan sensor gambar ISOCELL HM6 beresolusi 108 megapixel. Sebagai catatan, resolusi sensor yang lebih besar tidak menjamin kualitas gambar lebih baik. Bahkan dari pengujian kami sejauh ini, memotret dalam setting resolusi lebih besar membuat hasil foto lebih rentan kabur jika tangan pemotret kurang stabil.

realme 11 lensa kamera

Namun pada kondisi cahaya ideal, hasil foto 108 megapixel realme 11 termasuk cukup baik dengan detil yang tetap terjaga jika foto ingin dipotong (cropped) seperti terlihat di contoh foto berikut.

IMG20230819112120

Sedangkan untuk mode 12 megapixel, hasil foto kamera realme 11 termasuk baik saat diguankan di kondisi cahaya ideal maupun di dalam ruangan yang cahayanya cukup. Berikut hasil foto kamera utama realme 11 tanpa penyuntingan.

IMG20230819104136

IMG20230823175717

IMG20230819123226

Foto yang diambil dengan Portrait Mode juga memuaskan, walaupun separasi subyek dengan latar kadang kurang rapi. Ini terjadi jika jarak antara subyek dan latar terlalu dekat. Solusinya, pilih simulasi focal length yang tidak terlalu tipis (sekitar f2.8). Berikut contoh hasil foto realme 11 dengan Portrait mode.

IMG20230819112029

3x in-sensor zoom realme 11

Fitur lain yang dibawa kamera utama realme 11 adalah zoom in-sensor 3x. Ini berarti tidak ada kamera telephoto tambahan di realme 11, tapi berupa zoom pada sensor untuk menyimulasikan foto dengan zoom 3x.  Saat dicoba, hasilnya memang cukup baik jika kondisi cahaya ideal. Walaupun lebih baik dibandingkan digital zoom biasa, hasil foto dengan zoom ini masih di bawah kamera telephoto sungguhan. Berikut hasil foto realme 11 dalam setting in-sensor zoom 3x.

1x zoom
1x zoom

3x zoom
3x in-sensor zoom

1x zoom
1x zoom

3x zoom
3x zoom

Night Mode realme 11

Untuk memotret di kondisi minim cahaya atau malam hari, realme 11 menggunakan pendekatan pixel binning 9-in-1. Ini artinya 9 pixel di sensor gambar akan digabungkan menjadi 1 pixel super besar untuk menghasilkan foto malam hari yang lebih baik, dengan noise yang lebih minim tapi dengan detil yang tetap terjaga.

Dari pengujian, hasil foto realme 11 di kondisi minim cahaya termasuk oke. Satu hal yang perlu dicermati, saat memotret obyek dengan detil yang kompleks seperti pohon dengan banyak daun, efek penajaman gambar terlihat jelas. Kadang efek penajaman yang berlebihan ini mengurangi detil pada subyek seperti hasil foto berikut.

IMG20230821195950

IMG20230821202121

Tapi setidaknya noise berhasil dikendalikan sehingga tidak mengganggu hasil akhir. Reproduksi warna pada foto dengan Night Mode juga bagus, dengan saturasi warna yang terjaga dan cukup matang.

IMG20230819180923

Fitur HDR otomatis pada Night Mode juga bekerja efektif, terlihat dari foto dengan lampu neon yang biasanya akan terlihat terlalu terang jika area sekelilingnya gelap. Berikut contoh foto malam hari realme 11.

IMG20230821201923

Kamera depan realme 11

realme 11 selfie

Selfie masih menjadi andalan realme untuk menarik konsumen dan realme 11 mampu menghasilkan swafoto atau foto selfie 16 megapixel yang menarik. Selain mampu menangkap warna kulit dengan cukup alami, hasil swafoto di dalam ruangan juga termasuk baik seperti contoh foto berikut.

IMG20230823155451

Performa realme 11

Sama seperti realme 10, realme 11 masih setia menggunakan chipset Mediatek Helio G99 yang dipadukan dengan RAM 8GB (bisa diperluas dengan fitur Dynamic RAM hingga 16GB) dan memori internal 256GB.

Untuk main game, performa chipset ini masih memadai walaupun banyak game akan lebih nyaman dimainkan pada setting menengah. Untuk menjalankan aplikasi lain seperti Capcut dan Lightroom, performanya juga masih cukup oke untuk sebagian besar pengguna.

Kualitas tampilan juga amat baik untuk kelasnya, dengan layar Super AMOLED beresolusi Full HD dan memiliki refresh rate 90Hz. Cocok untuk menonton film atabermain game. Respons layar juga baik, walaupun kadang terjadi lag atau sendatan saat memainkan game yang membutuhkan sentuhan jari cukup banyak secara bersamaan.

pc mark battery realme 11Kelebihan realme 11 yang utama terletak pada baterai dan pengisiannya. realme 11 mampu bertahan hingga 14 jam saat diuji dengan PCMark 3. Dalam pengujian, kami mampu menggunakan realme 11 hingga 16 jam dengan pola pemakaian browsing dan memotret cukup sering, serta mengobrol dan mengakses sosial media dengan intens. Daya tahan baterainya ini akan cukup panjang bagi sebagian besar penggunanya.

Kecepatan pengisian menjadi hal yang istimewa di realme 11. Hp andalan realme ini sudah dibekali teknologi pengisian daya cepat SuperVOOC 67W yang dulunya hanya ada di hp seharga 5 juta rupiah ke atas. Dengan teknologi SuperVOOC 67W, realme 11 dapat mengisi baterainya dari 0-50 persen hanya dalam 17 menit. Sedangkan untuk pengisian hingga penuh akan mencapai sekitar 45 menit.

Agar pengguna nyaman, realme telah menambahkan 38 fitur keamanan untuk menjamin keamanan pengisian daya, mulai dari kepala pengisi daya, kabel data, antarmuka pengisian daya ponsel, sirkuit pengisian daya, hingga baterai. Jadi tidak perlu takut baterai akan cepat rusak atau ponsel akan cepat panas selama Anda menggunakan charger realme yang asli atau orisinil.

Kesimpulan realme 11

Walaupun tidak menggunakan chipset baru, realme 11 merupakan update yang menarik dari realme. Kamera dengan sensor 108 megapixel dan fitur SuperVOOC 67W menjadi dua fitur canggih andalan realme 11. Performa masih bisa diandalkan; cukup oke untuk main game dan menyunting foto video, apalagi hanya sekedar mengakses media sosial, aplikasi perpesanan serta menjelajah Internet.

realme 11 layar

Dengan harga 3,6 juta rupiah , realme 11 masih menawarkan nilai yang menarik. Apalagi tidak banyak smartphone di kelas harganya yang memberikan paduan RAM 8GB dan memori internal 256GB. Kapasitas memori internal ini juga penting diperhatikan mengingat banyaknya aplikasi dan game baru yang berukuran jumbo sehingga berpotensi membuat memori internal cepat penuh.

Secara keseluruhan, realme 11 akan sesuai dengan aspirasi pengguna usia muda di Indonesia yang mendambakan hp berdesain keren, memiliki spesifikasi bagus dan punya baterai tahan lama dengan pengisian ekstra cepat.

Kelebihan realme 11

  • Desain kamera di belakang unik
  • Ergonomis, nyaman digenggam dan digunakan
  • Kualitas layar amat baik
  • Memori internal 256GB
  • Kinerja termasuk oke untuk kelasnya
  • Pemindai sidik jari di samping responsif
  • Hasil foto amat baik di kondisi cahaya ideal
  • Hasil foto dengan Night Mode cukup baik
  • Hasil foto dengan in-sensor-zoom tergolong amat baik bagi sebuah hp tanpa kamera telephoto
  • Baterai tahan lama dengan pengisian tercepat di kelas harganya

Kekurangan realme 11

  • Hasil foto malam hari mengalami efek penajaman yang agak berlebihan sehingga mengurangi detil gambar.
  • Chipset sama seperti di realme 10, tanpa peningkatan performa yang signifikan
  • Hasil foto zoom 3x (in-sensor zoom) masih belum menyamai kamera telephoto terpisah
  • Bodi belakang mengkilap sehingga mudah kotor terkena sidik jari jika digunakan tanpa case
  • Kamera 108 megapixel tidak memberikan peningkatan kualitas foto jika dibandingkan dengan foto 12 megapixel-nya.

Siapa yang cocok menggunakan realme 11?

Pelajar dan mahasiswa

Kapasitas memori internal yang besar dan pengisian daya ekstra cepat akan disukai pengguna dari kalangan pelajar dan mahasiswa yang berlama-lama menggunakan hp di kesehariannya. Performa chipset dan kameranya cukup memadai bagi pengguna yang tidak menuntut kemampuan lebih.

Pekerja dan pelaku bisnis

Bagi pekerja dan pemilik bisnis yang membutuhkan hp dengan ketahanan baterai ekstra, ditunjang pengisian cepat, realme 11 masih cocok dipakai. Apalagi bagi pekerja yang butuh memantau atau menciptakan konten sederhana untuk media sosial hingga seharian.

Pelancong / traveler

Jika Anda ingin hp yang kameranya bagus tapi dananya terbatas, realme 11 bisa jadi pilihan. Fitur in-sensor zoom 3x ternyata cukup bisa diandalkan dalam kondisi cahaya ideal seperti siang hari di luar ruangan. Sebagai catatan, hampir semua hp di rentang harga 3 jutaan rupiah belum dilengkapi kamera telephoto dan masih harus mengandalkan zoom digital yang kualitasnya cukup menyedihkan.

Gamer

Bagi gamer kasual, performa realme 11 cukup memadai. Tapi bagi gamer yang menuntut performa terbaik, tampaknya harus naik kelas ke smartphone dengan chipset lebih baik. Jika masih mengidamkan hp merk realme, Anda bisa memilih tipe GT atau realme 11 Pro+ 5G.

Content creator

Jika foto menjadi pilihan utama Anda yang serius menciptakan konten, realme 11 masih bisa diandalkan .Tapi untuk video, kualitas video yang ditawarkan realme 11 termasuk standar. Apalagi jika ingin membuat konten YouTube. Jika konten yang dibuat sebatas video Tiktok yang dibuat dengan memperhatikan kualitas cahaya, realme 11 masih bisa dijadikan pilihan.

 

realme 11 selfie
Review realme 11
Secara keseluruhan, realme 11 akan sesuai dengan aspirasi pengguna usia muda di Indonesia yang mendambakan hp berdesain keren, memiliki spesifikasi bagus dan punya baterai tahan lama dengan pengisian ekstra cepat.
Desain
8
Fitur & Performa
7.5
Kamera
8.5
Harga
8.5
Reader Rating3 Votes
5.6
8.1
Cek Harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur & Performa
Kamera
Harga
Final Score

Back to top button