Quantcast
Gadget GuideMobile GadgetSmartphone
Trending

Smartphone Terbaik untuk Content Creator 2023 [Gadget Guide]

Inilah deretan hp terbaik untuk kebutuhan mencipta konten di tahun 2023

Salah satu perangkat yang dibutuhkan untuk menciptakan konten adalah smartphone. Untuk mendapatkan hp terbaik untuk pencipta konten atau content creator, salah satu kriteria yang patut dicermati adalah kemampuan kameranya.

Dalam Gadget Guide kali ini, YANGCANGGIH.com akan memberikan rekomendasi hp terbaik untuk pencipta konten di tahun 2023.

gadget guide smartphone terbaik untuk creator

Kriteria smartphone terbaik untuk kreator konten di 2023

Hp untuk para pencipta konten wajib memiliki konfigurasi kamera yang mumpuni, baik dari segi sensor maupun lensanya. Selain kamera utama, akan lebih menguntungkan jika hp tersebut hadir dengan beberapa pilihan lensa pendukung seperti ultra-wide atau telephoto. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah berkreasi dan menciptakan perspektif baru dari konten yang ingin dibuat.

Fitur lainnya yang tidak kalah penting adalah chipset. Semakin bagus chipset, semakin baik pula ISP (Image Signal Processor) di dalamnya. ISP punya peran vital dalam memroses sebuah adegan yang ditangkap hingga menjadi gambar jadi atau foto. Selain itu, chipset yang kencang juga menentukan kecepatan dari mulai memotret hingga editing.

Berikut deretan hp terbaik untuk kreasi konten di tahun 2023. Sebagai catatan, semua hp yang masuk ke Gadget Guide harus masih tersedia secara resmi di Indonesia.

1. Samsung Galaxy Z Flip5

Cek Harga Samsung Galaxy Z Flip5

hp untuk kreator konten

Hp terbaik untuk pencipta konten pertama yang masuk dalam daftar kami adalah Samsung Galaxy Z Flip5. Dengan cover screen yang lebih besar, memotret dan merekam video secara on-the-go maupun candid dapat dilakukan lebih mudah. Mode FlexCam pun tetap tersedia untuk memudahkan bikin konten tanpa harus membawa tripod, dengan sudut kamera yang bisa diatur sesuai kebutuhan.

Galaxy Z Flip5 memiliki kamera utama 12 MP dan kamera ultrawide 12 MP di bagian luar. Sementara di dalam, terdapat kamera 10 megapixel. Hasil fotonya tergolong bagus terutama pada kondisi cahaya yang memadai. Gambarnya tajam dengan reproduksi warna yang matang.

20230804_162445

Anda dapat merekam video hingga resolusi 4K lengkap dengan dukungan fitur stabilisasi gambar yang oke. Selain itu, layar lipatnya juga memungkinkan skenario perekaman dengan memegang Galaxy Z Flip5 seperti handycam. Untuk chipset, Galaxy Z Flip5 dipersenjatai Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy, yang merupakan seri paling tinggi dari Qualcomm saat ini. Satu hal yang wajib diwaspadai adalah kapasitas baterainya yang lebih kecil dibandingkan ponsel lain di kelasnya.

Kami telah mengulasnya di artikel review Samsung Galaxy Z Flip5. Bagi yang berminat, Samsung Galaxy Z Flip5 telah dijual dengan harga mulai dari Rp15.999.000.

2. OPPO Reno10 Pro+ 5G

Cek Harga OPPO Reno 10 Pro+ 5G

OPPO Reno10 Pro+ 5G

OPPO baru saja meluncurkan Reno10 Pro+ 5G di Indonesia. Hp ini didukung kamera telefoto dengan fitur tele portrait yang terbilang unik dan belum ada di hp brand lain. Dengan tele portrait, Anda dapat mengambil foto portrait dengan 3x optical zoom.

Keberadaan mode Portrait pada lensa tele juga idela untuk mencari sudut yang lebih pas ketika memotret subjek/objek. Mode ini juga optimal untuk memotret lebih dekat, misalnya ingin fokus ke wajah sang model.

Portrait OPPO Reno10 Pro+ 5G (5)

Portrait OPPO Reno10 Pro+ 5G (13)

Soal konfigurasi kameranya, Reno10 Pro+ 5G dibekali sensor 64 MP dengan OIS untuk lensa telenya yang memiliki focal length 71mm dan aperture maksimal f/2.5. Sedangkan untuk kamera utama menggunakan sensor Sony IMX890 50 MP yang didukung OIS. Ada juga kamera ultrawide 8 megapixel dengan sudut 112 derajat.

Beberapa fitur unggulan pada kamera Reno10 Pro+ 5G antara lain mode Pro-Portrait, video Pro-Portrait, dan video 4K Ultra Night / 4K Ultra HDR. Yang lebih menarik, OPPO kembali menanamkan chip pencitraan khusus MariSilicon X untuk mengoptimalkan hasil fotonya, dan membuatnya ideal sebagai hp untuk kreator. Sementara chipset utamanya adalah Snapdragon 8+ Gen 1 yang sudah memadai untuk keperluan penyuntingan atau editing foto dan video. OPPO Reno10 Pro+ 5G telah dijual resmi dengan harga Rp10.999.000.

3. Samsung Galaxy S23 Series

Cek Harga Samsung Galaxy S23 Ultra

samsung

Masih dari brand Samsung, hp untuk kreator yang patut Anda pertimbangkan adalah Galaxy S23 Series. Galaxy S23 dan Galaxy S23+ sama-sama mengandalkan sensor utama 50 MP yang ditemani kamera ultra-wide 12 MP serta kamera tele 10 MP 3x optical zoom.

Khusus untuk Galaxy S23 Ultra, Anda disuguhkan kamera utama 200 MP, ultra-wide 12 MP, tele 10 MP 3x optical zoom, dan tele 10 MP 10x optical zoom. Ketiganya sama-sama memiliki dukungan Expert RAW dan dapat merekam video Super HDR 60fps.

20230702_075510

200 megapixel

Pada Expert RAW juga terdapat mode bernama Astrophoto yang cocok digunakan untuk mengabadikan langit penuh bintang. Selain itu ada juga fitur Super HDR untuk menangkap gambar dengan posisi menantang cahaya, misalnya matahari terbit atau tenggelam. Untuk chipset, Galaxy S23 Ultra dipersenjatai Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy, yang merupakan seri paling tinggi dari Qualcomm saat ini.

Bagi yang berminat, Galaxy S23 Series dijual dengan harga mulai dari Rp12.999.000.

4. vivo V27 5G

Cek Harga vivo V27 5G

vivo V27

Hp terbaik untuk kreator konten selanjutnya adalah vivo V27 5G.  Smartphone ini masuk di segmen kelas menengah dengan harga saat peluncuran di kisaran 6 jutaan rupiah. Namun kualitasnya tetap layak diperhitungkan, terutama dari sisi kamera. vivo V27 5G mengandalkan kamera utama dengan sensor gambar Sony IMX766 50 megapixel, yang ditemani kamera ultra lebar dengan sensor OmniVision 8 megapixel.

IMG_20230102_090803

IMG_20230102_080910

Untuk selfie dan vlogging, ada kamera depan 50 megapixel yang dilengkapi autofocus. Uniknya, hp ini memiliki fitur Aura Light Portrait untuk memaksimalkan hasil foto Portrait pada kondisi cahaya latar yang terlalu terang atau pada saat kondisi gelap. Performa juga amat memadai untuk menyunting video dengan Capcut. Baca ulasan kamera vivo V27 5G di artikel berikut.

5. realme 11 Pro+ 5G

Cek Harga realme 11 Pro+ 5G

realme 11 Pro 5G 2

realme 11 Pro+ 5G menawarkan kamera utama dengan sensor 200 MP, yang juga mendukung jepretan foto direct output 200 megapixel. Tersedia juga teknologi 4x SuperZoom dengan Super OIS sebagai teknologi penstabil, Moon Mode dan Handheld Starry Sky Mode.

Yang membedakannya dengan ponsel pesaing, realme 11 Pro+ 5G menggandeng Lonely Planet sebagai Global Photography Partner. Kerjasama itu terwujud lewat fitur filter menarik (Cinematic, Crisp dan Tranquil) dan watermark khusus. Bagi yang berminat, hp realme terbaik untuk pencipta konten ini dijual dengan harga Rp6.999.000.

6. Apple iPhone 14 Pro Series

Cek Harga iPhone 14 Pro Series

apple iphone 14 pro 2022

Hp terbaik untuk pencipta konten yang amat layak masuk ke dalam daftar adalah Apple iPhone 14 Pro Series. Terdapat dua varian yaitu iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max yang mengandalkan sensor utama 48 MP dengan ukuran 65 persen lebih besar, quad-pixel, dan OIS. Kamera ini juga dioptimalkan untuk fitur ProRAW. Ada juga kamera telephoto 3x yang dapat merekam video 4K tanpa digital zoom. Sementara di depan, Apple menyediakan kamera selfie f/1.9 dengan autofocus.

Ada fitur baru bernama Action Mode yang berfungsi seperti kamera aksi untuk perekaman yang stabil tanpa gimbal. Action Mode juga mendukung perekamanan dalam format Dolby Vision HDR. Cocok untuk Anda yang gemar ingin merekam aksi cepat dalam video.

Itulah beberapa rekomendasi HP untuk kreator konten di tahun 2023 ini. Bagaimana menurut Anda? Hp mana yang paling pas untuk bikin konten?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button