AplikasiAndroidiOS (iPhone/iPad)News

YouTube Music Luncurkan Samples, Fitur ala TikTok untuk Temukan Lagu Baru

YouTube Music meluncurkan fitur baru bernama Samples. Dibuat dengan format yang mirip dengan TikTok, melalui fitur ini pengguna bisa menemukan berbagai rekomendasi lagu baru dalam bentuk video pendek.

Fitur YouTube Music Samples

YouTube Music Samples

Karena dibuat dengan gaya ala TikTok, itu artinya Samples menampilkan potongan-potongan klip video secara vertikal. Posisi fitur baru tersebut berada di bagian bawah aplikasi, bersama dengan Home, Explore, dan Library.

Menurut YouTube, Samples merupakan cara cepat untuk menemukan musik baru yang telah dipersonalisasi berdasarkan lagu-lagu favorit pengguna, dan menghubungkannya dengan musisi atau lagu baru yang mungkin belum pernah mereka dengar sebelumnya.

YouTube Music Samples 2

Pengguna tinggal swipe ke atas untuk beralih dari satu rekomendasi musik ke yang lainnya. Selain itu, pengguna juga akan menemukan informasi terkait nama musisi, judul lagu, dan albumnya. Kalau suka, tinggal tambahkan ke playlist.

Samples dilengkapi beberapa ikon yang berfungsi sebagai reaksi maupun shortcut. Misalnya jempol sebagai tanda suka terhadap lagu yang direkomendasikan, Play untuk memutar musik secara penuh, add untuk langsung memasukkan lagu ke playlist, dan share untuk membagikannya.

Yang menarik, YouTube memastikan Samples tidak akan dipenuhi iklan termasuk untuk pengguna gratis alias non-Premium, setidaknya untuk saat ini.

Jadwal rilis Samples

Menurut YouTube, Samples akan hadir di YouTube Music secara bertahap untuk pengguna di seluruh dunia. Pastikan untuk rajin mengecek update versi terbaru dari aplikasi ini di smartphone, karena tidak ada jadwal pasti kapan pengguna di Indonesia akan kebagian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button