Quantcast
ReviewMobile GadgetSmartphone

Review Samsung Galaxy Z Flip5

Apakah Ini Smartphone Lipat Terbaik di Tahun 2023?

Reader Rating1 Vote
4.5
8.5
Cek Harga

Jika harus menyebutkan brand yang serius menggarap smartphone berdesain lipat, Samsung akan menjadi brand pertama yang muncul di ingatan pengamat gadget. Setelah menuai sukses dengan Galaxy Z Flip4 yang dirilis tahun 2022, kini Samsung meluncurkan Galaxy Z Flip5 dengan beragam peningkatan.

Sebagai contoh, ukuran dan berat keseluruhan Flip5 kini lebih ringkas. Begitu juga layar luar yang kini lebih besar serta chipset terbaru dari Qualcomm.

Namun apakah peningkatan tersebut sudah cukup untuk menarik minat para pengguna smartphone berdesain “biasa”? Berikut ulasan Samsung Galaxy Z Flip5 dari YANGCANGGIH.COM.

Kelebihan Samsung Galaxy Z Flip5

  • Desain nyaman saat digunakan maupun dikantungi
  • Pilihan warna case dan aksesori lengkap dan menarik
  • Engsel lebih rapat dan terasa lebih kuat
  • Kualitas kamera untuk foto dan video amat baik
  • Desain lipat memudahkan pemotretan dari sudut bawah (low-angle)
  • Cover screen atau layar luar yang lebih luas dan fungsional
  • Kinerja cepat untuk beragam tugas, termasuk main game
  • Kualitas layar amat baik untuk beragam konten
  • One UI sudah dioptimalkan untuk ponsel lipat

Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip5

  • Lipatan di layar bagian dalam masih terlihat jelas
  • Tidak ada kamera telephoto
  • Daya tahan baterai di bawah rata-rata
  • Bodi mudah kotor dan menyerap bekas sidik jari
  • Lensa kamera mudah kotor terkena sentuhan jari
  • Hasil kamera bagian dalam termasuk biasa saja

 

Desain Samsung Galaxy Z Flip5

Satu hal menggembirakan yang kami temukan saat menggunakan Flip5 adalah engselnya yang telah disempurnakan. Kini Anda bisa menutupnya hingga rapat dan tanpa rongga yang terlihat jelas seperti di Samsung Galaxy Z Flip4.

samsung galaxy z flip5 open

Membuka Flip5 dengan satu tangan memang bisa dilakukan. Tapi engselnya yang kaku ini membuatnya lebih cocok jika dibuka dengan dua tangan. Engselnya juga lebih kokoh sehingga akan terasa kuat saat Flip5 dibuka separuh. Mode ini akan sering digunakan bagi Anda yang suka swafoto atau vlogging.

Bodinya yang berlapis kaca mudah kotor terkena bekas jari. Solusinya amat mudah, gunakan case dan Flip5 akan tetap bersih saat digunakan. Satu hal yang pasti, Flip5 nyaman saat dikantungi di saku celana yang agak ketat. Selama pemakaian, desain Galaxy Z Flip5 mengalami peningkatan yang cukup terasa dibandingkan Flip4.

Perubahan signifikan lainnya terletak pada layar luar atau cover screen yang kini lebih besar. Selain memudahkan saat melakukan swafoto atau vlogging, layar luar Galaxy Z Flip5 ini juga lebih fungsional.

Tercatat ada 13 widget yang diberikan Samsung untuk cover screen Flip5. Bahkan Anda bisa menonton Youtube atau melihat navigasi Google Maps di layar mungil hp lipat Samsung ini. Anda bisa menggunakan cover screen ini untuk membalas pesan Whatsapp langsung dari layar luar, meskipun fitur ini kurang ideal bagi pengguna dengan ukuran jari cukup montok. Tapi setidaknya ada beberapa widget yang berguna, seperti informasi cuaca, informasi saham, perekam suara, timer dan stopwatch serta daftar janji di kalender.

Satu kelebihan cover screen Flip5 adalah tingkat kecerahan layarnya yang mendukung High Brightness Mode. Dari pengujikan, layarnya tetap nyaman saat digunakan di bawah pancaran sinar matahari yang terik.

Hasil kamera Samsung Galaxy Z Flip5

samsung galaxy zflip5 selfie

Ada dua kamera yang disematkan di bawah cover screen Flip5 yaitu kamera utama dan kamera ultra lebar 12 megapixel. Sedangkan di bagian dalam, Anda akan menemukan kamera 10 megapixel. Absennya kamera telephoto cukup disayangkan, mengingat harga Flip5 yang di atas 15 juta rupiah, atau setara dengan Samsung Galaxy S23+ yang telah dilengkapi kamera telephoto 3x.

Tapi untungnya, hasil foto Flip5 amat baik. Terasa ada peningkatan kualitas foto dan kinerja kamera jika dibandingkan dengan Galaxy Z Flip4. Untuk hasil foto di siang hari atau kondisi cahaya ideal, tidak ada yang perlu diragukan lagi untuk Flip5. Foto tajam dengan reproduksi warna yang matang dan detail yang baik akan mudah dihasilkan oleh kamera Flip5, seperti contoh foto berikut.

20230804_162445

20230808_131007

20230808_154556

Kamera Flip5 juga mampu menghasilkan foto jarak dekat yang menawan, seperti terlihat dari foto berikut yang diambil di dalam ruangan yang terang.

20230808_134511

20230808_154528

Efek bokeh atau latar belakang yang blur juga bisa dicapai kamera Flip5 dengan mudah, selama jarak fokus optimal seperti contoh foto berikut.

20230808_120323

Jika masih kurang, Anda bisa memanfaatkan mode Portrait. Mode ini tidak hanya berguna untuk subyek manusia, tapi juga untuk obyek lain selama jarak fokusnya sesuai. Berikut contoh hasil foto Flip5 dalam mode Portrait.

20230806_133843

Portrait mode

Kamera ultra lebar Samsung Galaxy Z Flip5 memiliki kualitas yang cukup baik. Memang hasil fotonya tidak setajam atau sebersih kamera utamanya, tapi masih cukup andal untuk digunakan di beragam kondisi cahaya. Berikut perbandingan hasil foto kamera ultra lebar Flip5 dan kamera utamanya.

Kamera utama
20230808_114427

Kamera ultra lebar
Ultrawide

Melakukan swafoto dengan Flip5 juga menyenangkan, walaupun posisi lensa yang terlalu di bawah sering menangkap tangan penggunanya ke dalam frame seperti contoh foto berikut.

20230804_165829

Dengan desain lipat dan layar luarnya, hasil swafoto juga amat baik mengingat foto ini diambil dengan kamera utamanya. Jika diinginkan, Anda bisa melakukan selfie dengan kamera dalam yang hasilnya masih di bawah kamera utama. Desain lipatnya juga membuat memotret secara candid atau memotret dari sudut bawah alias low-angle menjadi lebih mudah. Subyek biasanya tidak akan menyadari sedang dipotret karena Anda tidak perlu mengacungkan ponsel ke arahnya.

samsung galaxy zflip5 camcorder

Untuk vlogging atau merekam video, Samsung Galaxy Z Flip5 juga bisa diandalkan. Anda bisa merekam video hingga resolusi 4K, dengan fitur penyetabil gambar untuk menghasilkan rekaman video yang halus. Hasilnya jelas amat memadai jika ditampilkan di media sosial seperti Youtube atau Tiktok.

Kinerja Samsung Galaxy Z Flip5

Dibekali chipset terbaru Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2, Samsung Galaxy Z Flip5 memiliki kinerja yang mumpuni untuk menjalankan semua aplikasi. Anda bisa menggunakannya untuk main game, mengingat layarnya juga sudah mendukung refresh rate 120Hz untuk beberapa game. Sayangnya main game akan menyedot baterai Flip5 yang hanya berkapasitas 3700mAh. Lagipula lipatan layar di tengah berpotensi mengganggu pandangan sebagian pengguna saat bermain game.

Saat memainkan game atau menjalankan aplikasi lain yang membutuhkan kinerja ekstra, bagian samping kamera utama Flip5 akan cukup memanas. Ini tentunya hal yang wajar, tapi perlu diketahui bagi calon pengguna agar tidak kaget.

Satu hal lain yang perlu diperhatikan adalah ketahanan baterainya. Selama pengujian, Flip5 mampu bertahan sekitar 10 jam dengan pola pemakaian cukup sering memotret dan browsing serta sesekali mengakses media sosial dan menonton video streaming. Sedikit meningkat dibandingkan Flip4, tapi tidak setahan baterai hp berdesain konvensional.

Kesimpulan

samsung galaxy zflip5 graphite

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip4 akan langsung mengapresiasi upaya Samsung menyempurnakan ponsel berdesain lipat andalannya tersebut.

Cover Screen yang lebih besar dan fungsional mampu meningkatkan kenyamanan pengguna dalam berbagai aktivitasnya, mulai dari mengecek notifikasi, melakukan swafoto, serta beragam tugas lainnya. Bahkan mengetik chat di layar luarnya juga dimungkinkan, dengan segala keterbatasannya.

Samsung menghilangkan varian dengan memori internal 128GB yang memang sudah tidak layak lagi dijual dengan harga di atas 10 juta rupiah, dan hanya menyisakan varian dengan memori internal 256GB dan 512GB.

Hanya ada satu ganjalan yang cukup sulit diatasi, yaitu ketahanan baterai. Namun jika hal itu tidak menjadi masalah bagi Anda, Samsung Galaxy Z Flip5 akan memberikan pengalaman menggunakan smartphone Android yang berbeda dan lebih menyenangkan. Apalagi jika Anda gemar menggunakan jeans ketat.

Samsung galaxy z flip5
Review Samsung Galaxy Z Flip5
Samsung Galaxy Z Flip5 menghadirkan pengalaman berbeda untuk pengguna smartphone Android, dengan desain kokoh dan cover screen yang berguna. Jika ketahanan baterai tidak menjadi masalah, Flip5 layak dipertimbangkan.
Desain
9.5
Fitur
8
Performa
9
Hasil Foto & Video
8.5
Harga
7.5
Reader Rating1 Vote
4.5
8.5
Cek Harga

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Hasil Foto & Video
Harga
Final Score

Back to top button