Quantcast
ReviewMobile GadgetSmartphone

Review OPPO A78 4G

OPPO A78 4G Hijau 1
7.5
Cek Harga

Setelah meluncurkan versi 5G beberapa bulan yang lalu, OPPO Indonesia baru-baru ini juga menghadirkan versi 4G untuk smartphone kelas menengah andalannya, OPPO A78.

Yang menarik, menurut kami A78 4G punya banyak keunggulan yang membuatnya justru lebih menggiurkan dari versi 5G-nya. Penasaran seperti apa? Yuk, langsung saja simak ulasan kami.

Kelebihan OPPO A78 4G:

  • Desain bagus dan nyaman digenggam
  • Layar AMOLED 90Hz
  • 67W SuperVOOC
  • Baterai awet
  • Kinerja mulus untuk penggunaan sehari-hari
  • Memori 8/256 GB
  • Speaker stereo
  • Ada NFC

Kekurangan OPPO A78 4G:

  • Tidak ada kamera ultrawide
  • Chipset belum sekencang pesaingnya di kelas harga yang sama

OPPO A78 4G

Tampilan luar yang menarik

Dari segi desain, OPPO mampu merancang A78 dengan tampilan yang menarik dan menonjol di kelas harganya. Panel belakangnya menggunakan pola Diamond Matrix yang baru akan terlihat secara jelas ketika terpapar cahaya.

Perlu diketahui bahwa varian warna yang kami ulas adalah Hijau Laut. Menurut kami warna ini cukup unik dan tidak pasaran. Sementara untuk bodinya, A78 mengadopsi gaya Ultra-Slim Retro yang ramping dengan ketebalan hanya 7.99mm.

Hal lain yang kami suka dari desain ponsel ini adalah finishing-nya yang tidak mudah kotor oleh bekas jari. Selain itu, bobotnya juga pas jadi nyaman untuk dioperasikan dengan satu tangan, maupun dimasukkan ke saku celana.

OPPO A78 4G Hijau 5

Di bagian depan terdapat layar 6,43 inci yang bezelnya lumayan tipis untuk kelas harganya. Menurut OPPO, ponsel ini memiliki rasio screen-to-body 90,8 persen. Desain layarnya pun sudah punch hole, sehingga terlihat lebih modern.

Pada bagian bawah terdapat port USB-C, lubang jack 3.5mm, lubang speaker, dan mikrofon. Di sebelah kanan teradpat tombol power dan tombol pengaturan volume. Untuk sensor sidik jari, OPPO menyembunyikannya di dalam layar.

OPPO A78 4G Hijau 6

Layar AMOLED

OPPO A78 mengusung layar AMOLED berukuran 6,43 inci dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate 90Hz. Penawaran yang tergolong standar saja untuk sebuah ponsel dengan harga 3 jutaan rupiah, namun bukan berarti menjadi kekurangan.

Layar ini mampu menampilkan konten dengan tajam dan warna yang enak dilihat. Tingkat kecerahannya pun cukup baik, hingga 430 nits. Sejauh pengalaman kami, penggunaan di bawah sinar matahari yang terik tidak ada masalah berarti.

Selain itu layar A78 juga sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 5 yang dikenal cukup tangguh. Sedikit membahas audio, ponsel ini telah dibekali speaker stereo dengan kualitas yang memadai untuk menemani nonton YouTube, TikTok, atau main games.

Kamera oke di kondisi cahaya ideal

OPPO A78 4G Hijau 1

OPPO A78 menawarkan kamera utama 50 MP f/1.8 yang ditemani kamera portrait 2 MP. Sementara untuk selfie disediakan kamera 8 MP di depan. Cukup disayangkan tidak ada kamera dengan lensa ultrawide di sini.

Hasil foto kamera utamanya sendiri cukup oke pada kondisi cahaya yang ideal. Detail yang ditangkap oke, dan reproduksi warnanya khas ponsel OPPO di harga 3 jutaan yang cenderung natural. Untuk dynamic range masih biasa saja, karena terkadang kami masih menemui hasil foto yang kurang seimbang.

Auto A78 (1)

Auto A78 (4)

Auto A78 (3)

Portrait A78

Pada kondisi pemotretan dengan cahaya yang lebih temaram, misalnya di dalam ruangan atau pada malam hari, kamera utama A78 masih mampu menghasilkan foto yang baik meski cukup terlihat adanya penurunan detail.

Indoor A78 (1)

Indoor A78 (3)

Night Mode A78 (3)

Night Mode A78 (2)

Mode malam ponsel ini mampu mengangkat foto menjadi lebih terang tanpa terlalu mengorbangkan nuansa aslinya. Belum bisa disebut istimewa, tapi sudah cukup untuk sekadar mengabadikan momen sehari-hari.

Performa lancar, charging cepat

A78 RAM dan storage

Beralih ke urusan performa, OPPO A78 dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 680 yang ditemani RAM 8 GB dan memori internal 256 GB (dua kali lipat dari A78 5G). Sekilas chipsetnya memang masih kalah menggiurkan dibanding beberapa ponsel pesaing di kisaran harga 3 jutaan rupiah.

Meski begitu secara keseluruhan performanya mulus dengan menjalankan sistem operasi ColorOS 13 berbasis Android 13. Tidak ada keluhan berarti selama skenario penggunaannya yang ringan-ringan saja, bukan gaming berat.

Judul seperti Mobile Legends atau PUBG Mobile tentu bisa Anda mainkan dengan amat lancar jika menyesuaikan setting grafisnya. Kalau butuh RAM lebih lega untuk multitasking, Anda dapat mengaktifkan fitur ekspansi RAM hingga 8 GB, sehingga totalnya mencapai 16 GB.

Yang menarik, berkat teknologi OPPO Dynamic Computing Engine, A78 dijanjikan dapat memberi kinerja yang selalu lancar hingga 4 tahun. Cocok untuk Anda yang jarang gonta-ganti ponsel dan ingin memiliki satu perangkat saja untuk beberapa tahun ke depan.

Fitur lain yang menjadi sorotan kami adalah 67W SuperVOOC. Dibanding A78 5G yang harganya di atasnya, kemampuan charging ini justru lebih menggiurkan. Sekadar informasi, A78 5G masih 33W saja. Untuk bisa mengisi penuh baterai 5.000 mAh, A78 4G butuh waktu sekitar 40 menit saja.

Kesimpulan

OPPO A78 4G menawarkan beberapa fitur yang menurut kami lebih oke dibanding versi 5G-nya, misalnya teknologi charging, kapasitas storage, hingga sensor sidik jari di dalam layar. Ditambah lagi harganya juga jauh lebih murah.

Bagi yang berminat, OPPO A78 dijual dengan harga Rp3.599.000. Pembelian bisa melalui tautan berikut ini.

OPPO A78 4G Hijau 1
OPPO A78
7.5
Cek Harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Kamera
Performa
Baterai
Harga
Final Score

Back to top button