Kelebihan KekuranganMobile GadgetNewsSmartphone

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A78 4G

Selain versi 4G, OPPO Indonesia juga meluncurkan OPPO A78 4G sebagai alternatif yang lebih terjangkau. Smartphone ini cocok untuk Anda yang menginginkan perangkat ramping dengan desain menawan dan punya teknologi charging cepat.

Dibanderol dengan harga Rp3.599.000, berikut adalah kelebihan dan kekurangan OPPO A78 4G.

Kelebihan OPPO A78 4G

1. Desain menawan

OPPO A78

Seperti disebutkan di atas, salah satu kelebihan dari A78 adalah tampilannya yang cukup menawan. OPPO menyebut desain ini dengan nama Diamond Matrix, yang memiliki efek gradasi unik ketika bagian belakangnya terkena cahaya.

Varian warna yang menurut kami paling diunggulkan adalah Hijau Laut. Finishing-nya unik dan tidak pasaran. Sementara untuk bodinya, A78 mengadopsi gaya Ultra-Slim Retro yang ramping.

2. Layar sedap dipandang

Layar A78 menggunakan panel AMOLED berukuran 6,4 inci dan didukung refresh rate 90Hz, serta touch sampling rate 180Hz untuk respon yang lebih baik. Menariknya lagi, pengguna dapat melihat layar dengan nyaman di bawah sinar matahari berkat tingkat kecerahan 600 nits. Layar ini juga sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 5.

3. 67W SuperVOOC

OPPO A78 charging 67W

Salah satu peningkatan yang cukup signifikan dibanding generasi sebelumnya adalah teknologi fast charging yang semakin kencang, yaitu 67W SuperVOOC. Untuk mengisi penuh hingga 100 persen hanya butuh waktu 44 menit saja.

4. Baterai awet

A78 dibekali baterai 5.000 mAh yang tahan untuk menemani aktivitas seharian penuh. OPPO tidak lupa membekali A78 dengan fitur Battery Health Engine membantu memperpanjang masa pakai baterai A78 hingga 1.600 siklus pengisian. Ada juga Optimized All-Day Charging, yang secara cerdas mempelajari kebiasaan pengisian daya harian pengguna dan menyesuaikan kecepatan pengisian daya.

OPPO A78 Kamera

5. Kamera bisa diandalkan

OPPO A78 menawarkan kamera utama 50 MP f/1.8 yang ditemani kamera portrait 2 MP. Hasil fotonya cukup oke baik pada kondisi cahaya yang ideal maupun temaram.

6. RAM dan storage besar

A78 RAM dan storage

Smartphone ini memiliki RAM 8 GB dan memori internal 256 GB. Selain nyaman untuk multitasking, Anda juga bisa menyimpan lebih banyak file seperti foto dan video tanpa khawatir storage cepat penuh.

7. Cocok untuk penggunaan jangka panjang

Berkat OPPO Dynamic Computing Engine, A78 dijanjikan dapat memberi kinerja yang selalu lancar hingga 4 tahun. Cocok untuk penggunaan jangka panjang.

8. NFC, Dual-Speakers

Ya, A78 didukung NFC dan speaker stereo.

Kekurangan OPPO A78 4G

1. Tidak ada kamera ultrawide

Untuk harga 3,5 jutaan, cukup disayangkan ponsel ini tidak memiliki kamera ultrawide. Bagi kami, kamera sudut lebar sering dipakai pada berbagai skenario pemotretan.

2. Chipset belum sekencang pesaingnya

Meski dari segi kinerja lancar dan gesit, chipset Snapdragon 680 pada A78 sebenarnya masih agak tertinggal dari para pesaingnya di kelas harga setara. Kekurangan ini akan terasa saat main game yang butuh kinerja tinggi seperti Genshin Impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button