Quantcast
ReviewMobile GadgetSmartphone

Review realme C53

Reader Rating0 Votes
0
7.9
Cek Harga

Smartphone di kelas harga 2 jutaan rupiah selalu dinanti-nanti konsumen di Indonesia. Beberapa hal yang diharapkan biasanya adalah kualitas kamera, performa dan daya tahan baterai yang baik. Apakah semua itu bisa disajikan oleh realme C53?

Berikut ulasan kami tentang realme C53, hp terbaru realme yang dijual resmi di harga 2 juta rupiah.

Desain realme C53

Pertama kali melihat fisiknya, kami tidak merasa bahwa ini adalah hp seharga 2 juta rupiah. Konsep desain cover belakang yang gemerlap memberikan kesan ini adalah hp seharga 3 jutaan rupiah ke atas. Desain kamera ala boba yang mirip seperti iPhone 14 Pro juga menunjang kesan tersebut.

kamera realme c53

Ponsel ini juga nyaman di genggaman tangan, termasuk saat dioperasikan dengan satu tangan. Bodinya yang cukup tipis juga memudahkan saat disimpan di saku atau di tas. Secara keseluruhan, desain fisik realme C53 terlihat dan terasa premium. Tidak mencerminkan hp seharga 2 juta rupiah.

Hasil foto realme C53

app kamera realme c53

Untuk segmen harganya, hasil foto dari kamera realme C53 termasuk di atas rata-rata. realme C53 mampu menghasilkan foto yang baik di bawah kondisi cahaya ideal. Detil dan warna terlihat baik, walaupun jika dicermati ada beberapa detil yang hilang. Tapi ini masih amat bisa diterima jika kita mengingat harga realme C53 yang murah.

Outdoor siang hari

IMG_20230616_131530

IMG_20230616_171858

Mode Portrait juga cukup oke, walaupun detil dan efek bokehnya terlihat dipaksakan saat foto diperbesar. Warna kulit akan terlihat lebih kemerahan, dengan tepi wajah yang kurang pas terpotong efek bokeh. Tapi dengan latar yang tepat dan setting efek bokeh di tengah, foto Portrait akan terlihat baik.

Portrait mode

IMG_20230608_170335

Portrait

Beralih ke dalam ruangan, kamera realme C53 juga masih bisa diandalkan. Syaratnya, pastikan tangan stabil dengan pencahayaan cukup. Detil foto terlihat baik dan terjaga, dengan reproduksi warna yang matang.

Indoor

IMG_20230616_174104

IMG_20230616_180220

IMG_20230616_180041

Bahkan Night Mode juga bisa diandalkan, dengan detil dan noise yang terjaga. Hanya saja, obyek yang memiliki detil rumit seperti pohon akan sulit ditangkap dengan baik. Namun sekali lagi, untuk hp seharga 2 juta, hasil foto realme C53 termasuk baik.

Night Mode

IMG_20230616_180012

IMG_20230607_194323

Hanya saja, ada lag atau jeda saat menekan tombol jepret dan saat kamera merekam foto. Jadi pastikan ponsel tidak digerakkan sebelum selesai merekam foto.

Performa realme C53

Dari sisi performa, realme C53 yang ditenagai chipset Unisoc Tiger T612 dengan RAM 6GB ini termasuk cukup lumayan. Anda bisa memainkan game dengannya, selama di setting grafis rendah. Namun untuk game berat seperti Genshin Impact dan CarX Street, ponsel ini akan terasa kurang nyaman akibat lag yang sering terjadi. Waktu loading atau pertama kali menjalankan aplikasi yang berat juga cukup lama.

Sendatan juga terasa saat menavigasi menu atau menyentuh layar terlalu cepat. Tapi untuk keperluan mendasar seperti chatting, browsing, mengakses media sosial serta menonton film, pengalaman kami cukup positif. Ini masih sangat baik jika kita menilik harga realme C53 yang amat terjangkau.

Kualitas layar IPS 6,74 incinya cukup lumayan. Visual saat menonton film dan main game masih dapat dinikmati, selama ekspektasi pengguna sesuai dengan harganya. Bentang layar yang lega juga membuatnya cocok digunakan bagi pengguna dewasa yang membutuhkan hp dengan tulisan berukuran besar.

Daya tahan baterai juga memadai. Dengan kapasitas 5000mAh, realme C53 akan bisa digunakan lebih dari 14 jam dengan pola pemakaian memotret dan merekam video sesekali, sering chatting dan mengakses media sosial, serta menelpon secara berkala.

Kesimpulan

realme c53 kamera

Dengan harga jual 2 juta rupiah, realme C53 hadir dengan membawa spesifikasi di atas rata-rata. Memori internal 128GB dan NFC juga jarang ditemukan di hp kelas ini, tapi semua ada di realme C53. Ditambah dengan desain menarik ala iPhone versi hemat (setidaknya dari belakang) dan hasil foto yang cukup lumayan selama cahaya memadai, realme C53 memang pantas direkomendasikan bagi pengguna yang membutuhkan hp Android untuk kebutuhan mendasar.

Kelebihan realme C53

  • Desain kamera mirip iPhone
  • Warna casing atraktif
  • Bodi nyaman saat digenggam
  • Layar berukuran lega
  • Kapasitas RAM dan memori internal lebih tinggi dibanding kompetitornya
  • Sudah memiliki NFC
  • Hasil foto lumayan oke, baik di siang maupun malam hari
  • Daya tahan baterai cukup lama
  • Harga terjangkau

Kekurangan realme C53

  • Speaker hanya mono
  • Detil foto menurun dan terlihat jika foto diperbesar
  • Performa kurang memadai untuk game berat
  • Loading atau waktu menjalankan aplikasi agak lambat
  • Terjadi sendatan layar jika menyentuh layar terlalu cepat atau dengan beberapa jari sekaligus

Siapa yang cocok menggunakan realme C53?

Pelajar SD hingga SMA

Harga, kamera dan performa realme C53 akan ideal bagi pelajar SD hingga SMA, selama mereka tidak terlalu mementingkan performa saat main game. Desain kamera yang mirip iPhone juga akan membuat penggunanya lebih percaya diri saat memamerkan ponsel ini di publik.

Ibu rumah tangga

Bagi ibu rumah tangga yang suka menonton video Youtube dan Tiktok, layar besar dan daya tahan baterai realme C53 akan jadi favorit. Kapasitas memori internal juga cukup besar untuk menyimpan banyak hasil foto dan video.

Pekerja UMKM

Jika kebutuhan komunikasi hanya sebatas media sosial, chatting dan email, realme C53 akan bisa diandalkan. Apalagi jika Anda harus membelikan para karyawan agar dapat bekerja.

 

 

realme c53 kamera
Review realme C53
Desain
8
Performa
7
Kamera
7.5
Harga
9
Reader Rating0 Votes
0
7.9
Cek Harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Performa
Kamera
Harga
Final Score

Back to top button