DroneMobile GadgetNewsProduct News

Ini Bedanya Drone DJI Air 3 dan Air 2S

DJI Air 3 sudah diresmikan kehadirannya di Indonesia beberapa waktu lalu. Kendati demikian, kehadiran Air 3 tidak serta merta langsung menggantikan Air 2S yang saat ini masih tersedia di pasaran. Nah, berikut perbedaan antara DJI Air 3 dan Air 2S yang wajib Anda ketahui.

DJI AIR 3-

Perbedaan DJI Air 3 dan Air 2S

1. Dimensi
Kedua drone ini mengadopsi rancangan drone lipat yang ringkas. Beda keduanya ada di dimensi.

DJI Air 3

Saat terlipat dimensi Air 3 207 x 100.5 x 91.1 mm. Sementara, Air 2S lebih ringkas dengan dimensi 180 x 97 x 77mm. Mengingat dimensi bodinya lebih besar Air 3 juga lebih berat. Bobotnya 720 gram. Bobot Air 2S hanya 595 gram saja.

2. Kamera
Fitur kamera yang paling membedakan antara keduanya. Air 3 menjadi drone pertama di lini Air yang membawa konfigurasi kamera ganda atau Dual Camera.

DJI Air 3

Konfigurasi kamera Air 3 terdiri dari modul kamera utama dengan lensa 24mm F/1.7 dan modul kamera medium tele dengan lensa 70mm bukan diafragma F/2.8 yang berkemampuan zoom optikal 3x. Kedua modul kameranya tersebut masing-masing ditopang sensor gambar CMOS berukuran 1/1.3 inci

DJI Air 2S 5

Untuk Air 2S hanya menggunakan satu modul kamera saja. Tapi, modul kamera Air 2S hadir dengan sensor CMOS yang berukuran 1 inci. Di atas kertas ukuran sensor yang lebih besar akan semakin andal untuk pengambilan gambar di kondisi minim cahaya.

3. Kemampuan foto dan video
Dengan konfigurasi kamera yang berbeda kemampuan foto dan video kedua drone ini juga beda. Kamera Air 3 bisa digunakan untuk memotret hingga resolusi 48 megapixel. Kamera Air 2S hanya jepretan foto di resolusi 20 megapixel.

DJI Air 3

Di modus video Air 3 bisa merekam video di resolusi 4K 60p dan hingga resolusi 4K 100p untuk video gerakan lambata atau slow motion. Untuk Air 2S bisa merekam video hingga resolusi 5.4K 30p.

4. Teknologi transmisi video
Air 3 adalah drone pertama DJI yang mengusung teknologi transmisi DJI O4. Berkat teknologi ini Air 3 bisa mengirimkan gambar ke remot hingga jarak 20 Km di resolusi Full HD 1080p/60 fps.

DJI Air 3

Air 2S mendukung teknologi transmisi video DJI O3 sebelumnya. Jadi, hanya bisa mengirimkan gambar ke remot hingga jarak 12 Km di resolusi Full HD 1080p/30 fps.

5. Sistem keamanan

DJI Air 2s 3
Kedua drone ini bisa diterbangkan dengan sangat mudah dan aman. Di Air 3 DJI kini melengkapinya dengan fitur omnidirectional obstacle sensing. Jadi, bisa mendeteksi rintangan dari segala arah. Air 2S sebelumnya hanya mendukung fitur Obstacle Sensing dari 4 arah saja.

6. Fitur pintar
Air 3 dan Air 2S dilengkapi dengan sederetan fitur pintar yang mirip. Air 3 kini mendukung ActiveTrack 5.0 dengan kemampuan pelacakan subyek yang lebih cepat dan presisi. Di Air 3 juga tersedia dukungan fitur MasterShots.

DJI AIR 3 6

Fitur ini memungkinkan drone untuk mengambil gamba, menentukan pengambilan gambar yang sesuai, dan menyunting gambar aerial secara otomatis. Selain itu, pengguna juga dimungkinkan untuk menentukan jalur terbang otomatis lewat fitur waypoint. Untuk Air 2S hanya mendukung fitur ActiveTrack 4.0 dan MasterShots saja. Tidak ada dukungan fitur Waypoint.

7. Durasi terbang
Perbedaan terakhir ada di durasi terbang. Air 3 mampu menawarkan durasi terbang maksimum hingga 46 menit. 15 menit lebih lama jika dibandingkan Air 2S yang maksimum hanya bisa terbang 31 menit.

DJI Air 3

Perbedaan lain ada di teknologi pengisian daya baterai. Air 3 untuk pertama kalinya didukung charging hub dengan fitur power transfer atau pengalihan daya.

Cukup dengan menekan dan menahan tombol fungsi, Anda kini dapat mengalihkan atau berbagi sisa daya dari beberapa baterai ke baterai yang memiliki sisa daya paling tinggi. Jadi, fitur pintar ini bisa memastikan bahwa Anda memiliki baterai yang selalu terisi penuh. Sangat berguna dalam skenario penerbangan di mana opsi pengisian daya terbatas.

Pre-Order DJI Air 3

Sesi pre-order Air 3 sudah dibuka hingga 8 Agustus 2023, dan penjualan perdana akan dilakukan pada tanggal 9
Agustus 2023 melalui jaringan ritel Erajaya yakni DJI Experience Store, Urban Republic, Erafone, iBox,
dealer resmi DJI, serta laman e-commerce Eraspace.com, DJI Official Store di marketplace Tokopedia,
Shopee dan Blibli.

Jika berminat Air 3 dijual dalam tiga paket pembelian. Paket Basic sudah termasuk baterai, aksesoris dan remot RC-N2 harganya mulai Rp17.500.000. Paket Fly More Combo termasuk 3 baterai, aksesoris, tas dan remot RC-N2 harganya Rp21.140.000. Terakhir, paket Fly More Combo namun dengan remot DJI RC 2 yang sudah dilengkapi dengan layar sentuh harganya Rp23.400.000.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button