Quantcast
KomputerNewsTech News

Mengenal Chip Samsung DRAM GDDR7

Samsung resmi mengumumkan chip DRAM Graphics Double Data Rate 7(GDDR7). Chip memori grafis ini membawa sederet inovasi baru untuk menggantikan DRAM GDDR6 yang diperkenalkan tahun lalu. Apa saja kecanggihannya?

Samsung GDDR7 DRAM-

Segala hal tentang chip Samsung DRAM GDDR7

1. Chip DRAM GDDR7 tercepat di industri

Menurut Samsung, DRAM GDDR7 perdananya ini akan tersedia dengan besaran 16GB. Dibandingkan dengan DRAM GDDR6 sebelumnya DRAM GDDR7 kini menjadi yang paling cepat di industri. Inovasi pada desain dan pengemasan sirkuit terpadu (IC) juga memungkinkan kinerja yang lebih stabil meskipun beroperasi dengan kecepatan tinggi.

2. Teknologi PAM3

Rahasianya, DRAM GDDR7 mengadopsi teknologi Pulse-Amplitude Modulation (PAM3). PAM3 adalah metode pensinyalan baru yang menggantikan teknologi Non Return to Zero (NRZ) dari generasi sebelumnya.

Samsung GDDR7 DRAM-

PAM3 memungkinkan 50% lebih banyak data untuk dikirim daripada NRZ dalam siklus pensinyalan yang sama. Imbasnya, GDDR7 mampu mengirimkan bandwith hingga 1.5 Terrabit per detik (TBps). 1.4 kali lebih besar atau meningkat sekitar 40% jika dibandingkan GDDR6 yang hanya 1.1 TBps.

Menurut Samsung, GDDR7 besutannya juga menawarkan peningkatan kecepatan per pin hingga 32Gbps. 33 persen lebih tinggi dari kecepatan data 24Gbps per pin dari GDDR6 sebelumnya.

Dengan peningkatan tersebut GDDR7 bisa memberikan lompatan bandwith yang lebih signifikan untuk kartu grafis di masa yang akan datang.

3. Lebih hemat daya

Chip GDDR7 ini mengusung desain teknologi hemat daya yang dioptimalkan untuk pengoperasian kecepatan tinggi. Hasilnya, tingkat efisiensi daya GDDR7 diklaim 20 persen lebih hemat energi jika dibandingkan GDDR6. Bahkan, untuk di laptop yang memang mengedepankan konsumsi daya Samsung menawarkan opsi voltase yang lebih rendah.

4. Manajemen thermal lebih baik

Peningkatan lain yang dibawa GDDR7 adalah manajemen thermal yang jauh lebih baik. Untuk meminimalkan panas yang dihasilkan GDDR7 mengusung material Epoxy Molding Compound (EMC) dengan konduktivitas termal tinggi. Jadi, meski performanya sangat kencang pembaruan ini berhasil menjadikan GDDR7 lebih tahan panas hingga 70% dibandingkan GDDR6.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button