Quantcast
Mobile GadgetNewsProduct NewsSmartphone

Tips: Cara Memaksimalkan Mode Foto 200 Megapixel di Samsung Galaxy S23 Series

samsung galaxy s23 ultra highlight

Satu fitur baru yang dimiliki kamera Samsung Galaxy S23 Series yang diluncurkan tahun 2023 ini adalah kamera dengan sensor 200 megapixel. Dengan ukuran gambar yang amat besar ini, Anda bisa melakukan cropping dengan leluasa dan tetap mendapatkan gambar yang besar. Selain itu, Anda bisa mencetak hasil foto dengan ukuran yang amat besar jika diinginkan..

Dari pengujian kami selama beberapa bulan, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan saat menggunakan mode 200 megapixel pada kamera Samsung Galaxy S23 Series. Sebagai catatan, kami menggunakan Samsung Galaxy S23 Ultra untuk pengujian.

1. Optimal di kondisi cahaya ideal

Mode 200 megapixel diciptakan untuk maksimal digunakan dalam kondisi cahaya berlimpah seperti siang hari di luar ruangan. Dengan begitu, detil pada gambar akan dapat ditangkap lebih baik sehingga Anda dapat melakukan cropping lebih mudah. Pastikan juga tangan tidak berguncang terlalu banyak sehingga hasil foto tetap tajam maksimal, walaupun cahaya berlimpah.

Berikut contoh foto perahu bebek di danau yang diambil sekitar pukul 10 pagi dan versi crop dari foto tersebut.

Original

20230629_095031

Cropped

perahu bebek biru samsung s23 ultra crop

2. Bisa menggantikan kamera telephoto

Satu hal yang tidak bisa dihindari saat menggunakan kamera telephoto dengan jangkauan focal panjang adalah efek guncangan yang lebih berpotensi membuat hasil foto kurang tajam atau malah kabur.

Mode 200 megapixel yang ada di Samsung Galaxy S23 Series bisa jadi solusinya. Dengan lensa 23mm dan O.I.S (Optical Image Stabilization), Anda bisa merekam gambar dengan tajam dan melakukan crop pada bagian tertentu sehingga seperti merekam dengan lensa zoom.

Contohnya adalah foto lebah yang kami crop dari mode 200 megapixel.

Original

200 megapixel

Cropped

crop samsung s23 ultra bee

Hasil foto lebah ini masih memiliki ukuran sekitar 23 megapixel. Amat memadai besar untuk dicetak selebar 1 meter sekalipun.

3. Tetap oke di dalam ruangan asal…

Mode foto 200 megapixel Samsung Galaxy S23 Series ini tetap oke saat digunakan di dalam ruangan, asalkan pencahayaan memadai. Dari pengalaman kami, selama cahaya cukup terang, hasil foto akan “aman” dan tetap tajam. Berikut hasil foto 200 megapixel Samsung Galaxy S23 Ultra dan versi crop.

Original

200 megapixel source

Cropped

cropped from 200 megapixel

4. Gunakan Pro Mode dan tripod

Untuk hasil terbaik, gunakan Pro mode yang memberikan pengaturan manual dan tripod agar tidak ada guncangan sama sekali sehingga hasil foto tajam. Sebagai panduan umum, atur ISO pada tingkat paling rendah untuk hasil foto bebas noise dengan detail terbaik.

5. Perhatikan ukuran file

Satu hal yang wajib diperhatikan saat memotret dalam mode 200 megapixel adalah ukuran file foto yang dihasilkan akan lebih besar. Semakin banyak detil yang ditangkap, ukuran file akan semakin besar. Dari pengujian, tercatat ukuran file berkisar mulai dari 11MB hingga 71MB. Berikut hasil foto 200 megapixel yang memiliki ukuran terbesar dari pengujian kami.

200 megapixel

Dengan ukuran file yang besar, itu berarti memori internal akan lebih cepat penuh. Jika berencana akan sering memotret dalam mode 200 megapixel, pastikan Anda memilih S23 Series dengan kapasitas minimal 256GB.

Bagi yang penasaran dengan Samsung Galaxy S23 Ultra yang kami gunakan di artikel ini, bisa menyimak artikel kelebihan dan kekurangan S23 Ultra. Samsung Galaxy S23 Series sudah bisa dibeli dengan harga mulai dari 12 jutaan rupiah di toko resmi dan toko ERAFONE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button