Quantcast
ReviewMobile GadgetSmartphone

Review POCO X5 Pro 5G

POCO X5 Pro 5G
POCO X5 Pro 5G
8.3

POCO X5 Pro 5G resmi meluncur bersama F5 beberapa waktu yang lalu. Meski perbedaan harganya lumayan jauh, namun X5 Pro 5G tetap mengedepankan hardware yang tidak kalah menggiurkan di hampir semua sektor.

Yang patut diapresiasi, smartphone ini bukan sekadar jualan performa semata. Sejauh pengujian kami, kemampuan kameranya ternyata juga cukup baik dan ideal untuk bikin konten sehari-hari. Penasaran? Yuk, langsung saja simak ulasan kami!

Kelebihan POCO X5 Pro 5G:

  • Desain oke dan cukup tipis
  • Performa kencang, asyik untuk gaming
  • Kamera bagus di kelasnya
  • Ada lensa ultrawide
  • Layar sudah 120Hz
  • Charging cepat 67W
  • Charger 67W sudah termasuk dalam kemasan
  • Speaker stereo
  • Masih memiliki audio jack 3.5mm
  • Harga ramah kantong

Kekurangan POCO X5 Pro 5G:

  • Tidak ada slot microSD
  • MIUI ada iklan
  • Agak panas saat gaming berat dalam durasi yang lama
  • Masih Android 12, belum 13 seperti kebanyakan ponsel baru lainnya

Desain tipis

POCO X5 Pro 5G masih mengedepankan identitas khas POCO yang bisa terlihat dari desain cover belakangnya. Di area yang sejajar dengan kamera, Anda akan menemukan frame besar dengan tekstur dan finishing berbeda untuk menghiasi logo POCO berukuran lumayan besar.

POCO X5 Pro 5G

Pada varian warna Biru, area ini tampak lebih menyatu karena warnanya masih senada dengan back cover. Kalau Anda ingin tampil lebih menonjol, pilih X5 Pro 5G varian warna Kuning yang memiliki frame besar berwarna hitam.

POCO X5 Pro 5G

Perangkat ini punya bodi yang cukup tipis dengan tepian datar khas smartphone masa kini. Pengoperasian dengan satu tangan masih terasa nyaman bagi kami yang tangannya agak besar. Dibanding pendahulunya bobot POCO X5 Pro 5G lebih ringan. Cover belakangnya juga tidak licin, dan tidak mudah kotor oleh bekas jari kecuali pada bagian sekitar frame kamera.

Di depan Anda disuguhkan layar berukuran 6,67 inci dengan punch hole mungil di tengah yang menampung kamera selfie. Bezel di sekitar layar bukan yang paling tipis, tapi tidak juga terlihat tebal. Wajar untuk hp 3 jutaan. Sebagai perlindungan, layar ini telah dilapisi Gorilla Glass 5.

POCO X5 Pro 5G 5

Sensor sidik jari terpasang di samping menjadi satu dengan tombol power. Pada sisi yang sama POCO juga meletakkan tombol pengaturan volume. Di bagian bawah terdapat port USB-C berdampingan dengan lubang speaker, mic, dan SIM-tray. Sementara di atas ada port audio jack 3.5mm, lubang speaker, dan mic.

POCO X5 Pro 5G 1

Paket penjualan smartphone ini terbilang komplit. Anda langsung diberikan charger 67W beserta kabel USB-C, softcase, SIM-tray ejector, serta beberapa sticker. Sekadar informasi tambahan, X5 Pro 5G merupakan ponsel dengan sertifikasi IP53 yang tahan terhadap cipratan air dan debu.

Layar 120Hz

Seperti disebutkan sebelumnya, POCO X5 Pro 5G memiliki layar berukuran 6,67 inci. Panelnya disebut Flow AMOLED dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate hingga 120Hz untuk pergerakan gambar yang lebih halus serta touch sampling rate 240Hz.

Secara default layar POCO X5 Pro 5G akan menyesuaikan refresh rate secara otomatis tergantung dari konten yang ditampilkan. Namun Anda juga diberikan opsi untuk mengunci refresh rate antara 60Hz atau 120Hz. Pilih mana yang pas dengan kebutuhan.

POCO X5 Pro 5G 4

Yang menarik, layar ini ternyata sudah mendukung gamut warna DCI-P3, contrast ratio 5.000.000:1, dan tingkat kecerahan hingga 900 nits. Selain mampu menampilkan warna yang kaya, konten pada layar juga bisa dilihat dengan nyaman di bawah sinar matahari.

Sedikit membahas audio, POCO membenamkan speaker stereo yang telah memiliki sertifikasi Hi-Res Audio. Kualitas suara yang dihasilkan terdengar jernih dan mantap. Optimal untuk menemani Anda menonton video atau bermain games.

Kamera oke untuk foto dan video

POCO X5 Pro 5G dipersenjatai sensor utama 108 MP di belakang bersama dengan kamera ultrawide 8 MP dan makro 2 MP. Di depan, ada kamera selfie 16 MP. Belum ada OIS (Optical Image Stabilization) di sini, namun tetap ada fitur penstabil untuk perekaman video.

Bagaimana hasil foto kamera utamanya? Pada kondisi cahaya yang ideal, hp ini mampu menangkap detail dengan baik, serta mereproduksi warna secara natural. Tidak ada komplain juga soal dynamic range untuk kamera utama. Intinya, kami suka dengan hasilnya karena tergolong oke untuk sebuah ponsel 3-4 jutaan.

IMG_20230706_084547

Auto POCO X5 Pro 5G (3)

IMG_20230706_082947

Portrait

Foto pada kondisi low light atau malam hari pun cukup memuaskan. Tentu belum mampu menyamai ponsel kelas premium atau flagship, namun kemampuannya untuk menangkap detail dan menjaga suasana malam menurut kami sudah bagus.

Night Mode POCO X5 Pro 5G (2)

Night Mode (1)

Night Mode (2)

Night Mode (4)

Asalkan cahayanya masih ada alias tidak gelap gulita, mode Night hp ini bisa diandalkan. Detail gambar masih tajam, objek foto tampak lebih terang, dan software dapat menjaga nuansa temaram tetap seperti aslinya.

POCO X5 Pro dapat merekam hingga resolusi 4K di 30 fps, atau 1080p 60 fps. Sementara kamera depannya mampu merekam hingga resolusi 1080p 60 fps. Fungsi stabilisasi video tentu juga tersedia tapi hanya pada setting 30fps di kamera depan/belakang. Berikut contoh video 1080p yang kami rekam menggunakan hp ini:

POCO X5 Pro Video Test (2)

1080p POCO X5 Pro 5G (2)

POCO X5 Pro Video Test (1)

Performa mantap

POCO X5 Pro 5G dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 778G. Bukan keluaran terbaru, tapi performanya masih sangat bisa bersaing dengan kebanyakan chipset kelas menengah masa kini. Untuk memori, Anda bisa memilih varian 6/128GB atau 8/256GB. RAM-nya LPDDR4X, sementara storage-nya UFS 2.2.

Kinerjanya tidak perlu diragukan lagi. Untuk menunjang kebutuhan sehari-hari jelas lebih dari cukup. Smartphone terasa gegas saat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Kebutuhan multitasking pun dapat terfasilitasi dengan baik.

Untuk gaming juga mantap. Judul populer seperti Mobile Legends bisa dimainkan dengan lancar pada setting grafis Ultra dan refresh rate Ultra. PUBG Mobile pun dapat Anda mainkan pada setting Smooth-Extreme jika menginginkan frame rate yang lebih tinggi.

Baterai standar saja, 5.000 mAh. Ketahanannya pun belum bisa disebut istimewa, namun sudah tergolong oke untuk menemani aktivitas Anda seharian penuh. Kalau harus mengisi daya, Anda bisa mengandalkan teknologi charging cepat 67W. Penuh 100 persen hanya butuh waktu kurang dari 1 jam.

Kesimpulan

Sebagai sebuah hp kisaran 3-4 jutaan rupiah, POCO X5 Pro punya penawaran yang cukup komplit. Fiturnya seimbang di hampir semua lini. Beberapa kekurangannya hanya pada hal-hal yang sifatnya minor saja, tidak terlalu mengganggu pengalaman penggunaan secara keseluruhan.

Bagi yang berminat, POCO X5 Pro 5G 6/128 GB dijual dengan harga Rp3.799.000. Sedangkan untuk varian 8/256GB harganya Rp4.299.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Performa
Kamera
Baterai
Harga
Final Score

Back to top button