Quantcast
ReviewMobile GadgetSmartphone

Review vivo Y36

vivo Y36 hadir di Indonesia dengan menjadikan sektor desain sebagai salah satu nilai jual utamanya. Hal yang menurut kami amat masuk akal, karena secara tampilan hp 3 jutaan ini memang terlihat lebih menonjol dan beda dari para pesaingnya.

Namun apakah vivo Y36 hanya sekadar desain bagus semata? Dalam artikel review kali ini, YANGCANGGIH.com ingin mengupas lebih jauh apa saja keunggulan yang dimiliki oleh Y36. Penasaran? Yuk, langsung saja simak!

Kelebihan vivo Y36:

  • Desain menawan dengan material kaca
  • Memori internal 256 GB
  • Baterai awet
  • Pengisian daya 44W
  • Charger langsung tersedia di dalam kemasan
  • Kamera lumayan oke di kondisi cahaya ideal
  • Masih punya audio jack 3.5mm
  • Ada NFC

Kekurangan vivo Y36:

  • Speaker belum stereo
  • Perekaman video belum bisa 1080p 60fps
  • Video dengan kamera selfie masih kurang stabil
  • Akan lebih menarik jika dibekali kamera ultrawide

Bodi berlapis kaca

vivo Y36

vivo bisa dibilang penuh totalitas dalam merancang desain dari Y36. Pasalnya, untuk ukuran hp 3 jutaan, tampilannya tergolong mewah dan tidak pasaran. Hp ini sudah menggunakan material berlapis kaca seperti layaknya perangkat flagship. Di kelas harganya, rata-rata masih pakai polikarbonat.

Desain berlapis kaca pada Y36 diberi nama Dynamic Glass Design. Varian warna yang kami ulas disebut Glitter Aqua. Berbekal teknologi Golden Ripple Process, vivo dapat membungkus body smartphone untuk menghadirkan warna berkilau layaknya kilauan air pada danau yang terkena cahaya. Kalau ingin yang lebih kalem Anda dapat memilih varian warna Meteor Black.

vivo Y36 Glitter Aqua 8

Yang kami suka, lapisan kaca pada cover belakang varian Glitter Aqua tidak menjadi magnet sidik jari, jadi nggak gampang kotor kecuali pada frame di sekitar kamera. Dari segi pengoperasian juga nyaman digenggam dengan satu tangan berkat struktur 2.5 Flat Frame, meski bagian belakangnya agak licin. Ketebalannya 8,07mm dan bobotnya 202 gram.

Di depan terdapat layar IPS berukuran 6,64 inci dengan desain Ultra O Screen. Ya, artinya sudah ada punch hole, bukan poni waterdrop. Bezelnya sendiri belum bisa disebut tipis, terutama pada bagian dagunya.

vivo Y36 Glitter Aqua 7

vivo Y36 memiliki sertifikasi IP54 untuk ketahanan terhadap debu dan percikan air. Pada bagian bawah Anda masih disuguhkan port audio jack 3.5mm yang berdampingan dengan port USB-C dan lubang speaker. Untuk sensor sidik jari, posisinya ada di samping menjadi satu dengan tombol power.

Untuk durabilitas, Y36 sudah memiliki Quality-Tested Durability (32.000 Times Drop Test, 6.000 USB Plugging Test, -20 C – 50 C (phone in use) dan -40 C – 75 C (phone in storage) Extreme Environment Test, 6.500 Headset Port Test, dan juga Anti Gores).

vivo y36

Sedikit membahas paket penjualannya, Y36 langsung memberikan charger 44W di dalam kemasan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan softcase, SIM Tray ejector, dan pastinya buku panduan.

Layar 90Hz

vivo Y36 Glitter Aqua 6

Seperti disebutkan sebelumnya, Anda akan menemukan layar IPS berukuran 6,64 inci dengan desain Ultra O Screen. Resolusinya Full HD+ dengan refresh rate 90Hz. Penawaran yang menurut kami standar saja untuk hp 3 jutaan. Bahkan sebagian pesaing sudah pakai AMOLED.

Refresh rate-nya dapat dikunci antara 60Hz atau 90Hz. Namun Anda juga bisa memilih opsi otomatis yang akan menyesuaikan sendiri dengan konten yang ditampilkan.

Refresh rate vivo Y36

Bagaimana dengan tingkat kecerahan layarnya? Cukup oke untuk penggunaan di bawah sinar matahari. Klaim dari vivo bisa mencapai 600 nits. Yang menarik, vivo mengklaim layar YH36 memiliki 100% DCI-P3 Color Gamut.

Yang agak disayangkan justru dari sektor audio. Speaker pada Y36 belum stereo. Hanya tersedia satu saja di bagian bawah. Dari segi kualitas suara juga standar saja, jernih tapi memang kurang wah.

Kamera oke untuk harian

vivo Y36 Glitter Aqua 3

vivo Y36 dibekali kamera utama 50 MP f/1.8 yang didampingin depth sensor 2 MP. Kami asumsikan depth sensor ini hanya sekadar pelengkap saja, jadi tidak perlu masuk hitungan. Artinya, Anda hanya bisa mengandalkan satu lensa di belakang. Tidak ada lensa makro, apalagi ultrawide. Sementara untuk selfie, terdapat kamera 16 MP di depan.

Kualitas fotonya bagi kami standar saja. Masih oke saat mengabadikan momen dengan kondisi cahaya yang ideal. Tajamnya dapat, warnanya cenderung natural alias tidak terlalu nge-pop, tapi dynamic range-nya agak pas-pasan.

Auto (5)

Auto (4)

Auto (6)

Auto (3)

Sementara pada kondisi cahaya yang agak temaram, asalkan tidak terlalu gelap kamera Y36 mampu menangkap gambar dengan level yang lumayan. Sejauh pengujian kami, masih ada beberapa ponsel dari brand lain di kisaran harga setara yang performa low light-nya lebih baik.

Night Mode (1)

Night Mode (5)

Night Mode (3)

Night Mode (2)

Intinya kemampuan fotografi dari kamera ponsel ini belum bisa disebut spesial, tapi masih cocok untuk sekadar memotret sehari-hari dan upload ke media sosial.

Soal perekaman video, baik kamera belakang maupun depan hanya mampu hingga 1080p 30fps saja. Opsi 60fps hanya tersedia pada perekaman 720p di kamera belakang. Fungsi stabilisasinya agak kurang terutama di kamera depan. Jadi mungkin bakal kurang ideal untuk Anda yang gemar nge-vlog.

Video Selfie

Kinerja mulus, tapi…

vivo Y36 dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 680. Kita sama-sama tahu bahwa chipset ini punya performa yang lumayan untuk memberikan kinerja mulus pada skenario penggunaan sehari-hari. Tapi kita sama-sama tahu juga bahwa di level harganya, ada brand lain yang menawarkan chipset lebih bertenaga bahkan sudah 5G.

Untuk kapasitas memorinya adalah 8 GB dan bisa Anda tambah lagi secara virtual hingga 8 GB, sehingga totalnya menjadi 16 GB. Sementara penyimpanan internalnya sebesar 256 GB, lega untuk menyimpan macam-macam file.

Kami sempat mencoba menjalankan game-game populer seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile. Judul yang disebut pertama jelas bisa dimainkan dengan lancar tanpa kendala pada setting grafis dan refresh rate tinggi. Sementara PUBG Mobile berjalan mulus di setting Smooth-High.

Baterai? Standar saja, 5.000 mAh. Daya tahannya patut diacungi jempol. Kami bisa menggunakan hp ini selama seharian penuh dengan gaya pemakaian yang intens, atau sampai 2 hari jika pemakaiannya lebih santai.

Untuk pengisian daya, vivo Y36 sudah mendukung 44W FlashCharge dan charger-nya sudah diberikan langsung di dalam kemasan. Mengisi daya dari kondisi di bawah 10 persen hingga penuh 100 persen membutuhkan waktu sekitar 1 jam 5 menit.

Kesimpulan

Dari segi spesifikasi, vivo Y36 mungkin tidak semenggiurkan beberapa ponsel lain yang memang fokus di sektor performa. Tapi kalau Anda mencari hp 3 jutaan dengan desain premium ala produk flagship, dan punya komposisi hardware yang mampu memberikan kenyamanan penggunaan sehari-hari, vivo Y36 layak masuk dalam daftar belanja.

Bagi yang berminat, vivo Y36 dijual dengan harga Rp3.399.000. Pembelian dengan garansi resmi bisa melalui tautan berikut ini.

vivo y36
vivo Y36
7.6
Cek Harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Performa
Kamera
Baterai
Harga
Final Score

Back to top button