Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Pengalaman Menggunakan Kamera OPPO Find X6 Pro 5G untuk Jalan-jalan di Bali

OPPO memberi kesempatan pada YANGCANGGIH.com untuk mengikuti serangkaian acara OPPO APAC Vitality Imaging Tour di Bali. Selain menjelaskan beragam upgrade teknologi pada kamera Find X6 Pro 5G, kami juga diizinkan untuk menguji langsung kemampuannya.

Untuk mengoptimalkan pengujian, OPPO mengajak kami photo tour ke berbagai tempat eksotis di Bali, mulai dari Pantai Gunung Payung hingga menonton pertunjukan Tari Kecak dan Api di Uluwatu.

Penasaran seperti apa kemampuan kamera OPPO Find X6 Pro dalam menangani kondisi pemotretan yang berbeda-beda? Yuk, langsung saja simak ulasannya!

Spesifikasi kamera OPPO Find X6 Pro 5G

Find X6 Pro

Find X6 Pro 5G merupakan hp flagship yang mengusung tiga kamera utama pada bagian belakang. OPPO menempatkan sensor 1 inci 50 MP SONY IMX 989 untuk kamera sudut lebar, 50 MP SONY IMX890 sebagai sensor untuk kamera telefoto, dan 50 MP SONY IMX890 untuk lensa ultrawide. Sementara untuk selfie, terdapat kamera 32 MP di depan.

Kamera utama hp ini memiliki diafragma f/1.8 sehingga dapat mengambil 142% lebih banyak cahaya jika dibandingkan dengan Find X5 Pro. Modul lensanya 1G+7P. OPPO menggunakan teknologi yang terinspirasi dari kamera tradisional untuk meningkatkan kemampuan kamera menangkap cahaya kompleks sekaligus mengurangi pijar lensa.

Kemampuan telefotonya tergolong istimewa. Pengguna bisa memanfaatkan fitur 6x zoom untuk memotret dari jarak yang jauh. OPPO mengklaim, sensor yang digunakan pada kamer tele ini adalah yang terbesar yang pernah ada pada konfigurasi kamera dengan sistem periskop. Selain itu, OPPO juga membekalinya dengan OIS (Optical Image Stabilization).

Kolaborasi dengan Hasselblad

Kamera Find X6 Pro

Pada Find X6 Pro 5G, OPPO kembali menggandeng Hasselbald dalam hal pengembangan kamera. Hp ini memiliki mode Hasselblad Pro yang kini didukung format JPEG. Untuk sentuhan akhir, pengguna juga bisa menambahkan tanda air (watermark) Hasselblad.

Hasil foto OPPO Find X6 Pro 5G

Menurut OPPO, ada tiga fase fotografi komputasi yang menjadi terobosan mereka. Fase pertama adalah mengambil “gambar yang lebih jelas” dengan memperkaya detail. Pada fase kedua, tujuannya adalah untuk mengambil “gambar yang lebih bagus” dengan warna asli dan pencitraan yang lebih cerah dalam pemandangan gelap.

Yang menurut kami paling menentukan hasil akhir dari kamera OPPO Find X6 Pro 5G adalah fase ketiga, yaitu “gambar seperti aslinya”. Pada fase ini, teknologi memulihkan lapisan cahaya alami untuk menghasilkan gambar yang mendekati kenyataan.

IMG_20230626_201837

Auto Mode OPPO Find X6 Pro (2)

Auto OPPO Find X6 Pro (2)

Ultrawide OPPO Find X6 Pro

HDR OPPO Find X6 Pro (2)

Auto OPPO Find X6 Pro (3)

Selfie OPPO Find X6 Pro

Terbukti, hasil fotonya memang istimewa. Bahkan sejauh pengalaman kami mengulas smartphone dari berbagai brand, kamera Find X6 Pro merupakan salah satu yang terbaik dalam dunia mobile photography. OPPO Find X6 Pro mampu memproses apa yang ditangkap sensor kamera dengan baik, sehingga hasil akhirnya lebih realistis alias sesuai aslinya.

Ketika kami melihat dari layar/viewfinder, kami awalnya tidak yakin hasil akhirnya bakal sesuai keinginan. Namun begitu tombol shutter ditekan dan proses pengolahan foto terjadi, ternyata foto yang jadi benar-benar dipoles sedemikian rupa sehingga tampak menawan namun tetap mendekati natural. Detail yang ditangkap tinggi, dynamic range-nya luas, dan warnanya begitu kaya.

Satu hal yang menurut kami patut diapreasiasi adalah peningkatan kemampuan kamera periskop (loseless zoom) yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan Find X2 Pro. Berikut adalah beberapa contoh foto hybrid zoom:

Night + Optical Zoom OPPO Find X6 Pro (6)

6x Optical Zoom OPPO Find X6 Pro (2)

20x Hybrid Zoom OPPO Find X6 Pro

Hybrid Zoom OPPO Find X6 Pro (3)

Hybrid Zoom OPPO Find X6 Pro

Saat berada di Uluwatu, kami diajak untuk menguji kemampuan kamera OPPO Find X6 Pro 5G untuk mengabadikan momen Tari Kecak dalam kondisi low light. Bukan cuma cahaya yang menjadi tantangan, tapi juga gerakan cepat dari para penari. Jarak dari tempat kami duduk dengan panggung pertunjukan pun lumayan, sekitar 6-8 meter, jadi kami juga harus menggunakan kamera tele untuk zoom. Ternyata kamera Find X6 Pro 5G bisa diandalkan untuk mengabadikan momen seperti ini.

Night + Optical Zoom OPPO Find X6 Pro (1)

Night + Optical Zoom OPPO Find X6 Pro (5)

Night + Optical Zoom OPPO Find X6 Pro (4)

Night + Optical Zoom OPPO Find X6 Pro (3)

Untuk perekaman video, Find X6 Pro mampu mengabadikan momen secara apik dengan kualitas gambar dan audio yang menurut kami bagus. Bahkan, pada kondisi agak temaram pun masih oke. Berikut contoh hasil rekaman videonya:

VID20230626184618

VID20230626175616

VID20230625182300

1080p selfie video

4K selfie video

Mode Tele-Portrait

Ada satu hal yang menurut kami menarik juga untuk dibahas, selain kemampuan kamera dan mode tele dari OPPO Find X6 Pro 5G. Smartphone ini didukung fitur bernama Tele-Portrait, yang memungkinkan pengguna memakai mode portrait dengan lensa tele hingga pembesaran 3 kali.

Auto OPPO Find X6 Pro (4)

Tele Portrait OPPO Find X6 Pro (2)

Tele Portrait OPPO Find X6 Pro (3)

Seperti diketahui, teknologi Portrait sendiri sebenarnya lebih identik dengan seri Reno. Menurut bocoran yang kami dengar, kabarnya OPPO akan menghadirkan sebuah perangkat non-flagship dengan harga yang lebih terjangkau dari Find X6 Pro, namun membawa teknologi lensa periskop dan kemampuan tele-portrait seperti yang ada pada Find X6 Pro. Perangkat apa yang dimaksud? Pantau terus YANGCANGGIH.com agar tidak ketinggalan update informasinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button