Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Mengenal Teknologi Loseless Zoom pada Kamera OPPO Find X6 Pro 5G

Upgrade Signifikan dari Find X2 Pro

Salah satu fitur unggulan yang dikedepankan oleh OPPO pada hp flagship terbarunya, Find X6 Pro 5G, adalah teknologi loseless zoom. Menurut OPPO, teknologi lensa kamera dengan sistem periskop ini telah mengalami peningkatan yang signifikan dibanding generasi sebelumnya. Seperti apa?

Upgrade signifikan dari Find X2 Pro

OPPO Find X2 Pro kamera belakang
Find X2 Pro

Teknologi loseless zoom dengan sistem periskop pada kapal selam diperkenalkan oleh PPO pada ajang MWC 2017. Singkatnya, fitur yang disebut ‘5x Dual Camera Zoom’ ini menanamkan kamera ganda menggunakan lensa sudut lebar dan telefoto, Untuk menyimpan lensa telephoto, OPPO menggunakan struktur gaya periskop sehingga dapat menyimpan ruang yang membuat kamera zoom optical pada smartphone dapat tampil ramping.

Dua tahun kemudian atau tepatnya pada ajang MWC 2019, OPPO mengumumkan 10x lossless zoom yang mengkombinasikan lensa dengan sudut lebar, kamera utama super jernih dan lensa telephoto yang menghadirkan kemampuan pengambilan gambar telephoto dan sudut lebar pada satu perangkat. OPPO juga akan menyematkan teknologi OIS pada kedua lensa tersebut.

Teknologi ini kemudian bisa dinikmati oleh pengguna melalui seri Find X2 Pro, yang meluncur di Indonesia pada maret 2020. Find X2 Pro dipersenjatai tiga kamera dengan lensa utama wide angle 48MP + lensa bersudut ultra lebar 48MP + lensa telefoto 13MP, yang mampu mencapai 10x zoom hybrid.

Chip driver OIS terbaru yang dikombinasikan dengan teknologi image multi-focus fusion dan ultra-resolution algorithm memastikan konsistensi warna dan white balance saat berganti kamera. Hal ini menjadikan proses zoom lebih alami dan mulus. Pengguna dapat dengan mudah mengganti zoom di antara tiga kamera tersebut untuk memotret jarak pendek 3 cm dan mencapai maksimum 60x zoom.

Find X6 Pro

Setelah menghadirkan teknologi loseless zoom yang cukup canggih pada Find X2 Pro, kini OPPO kembali membenamkannya pada Find X6 Pro 5G. Bahkan, OPPO mengklaim peningkatan teknologi antara kedua seri tersebut amat signifikan. Selain kemampuan telenya lebih baik, dari segi sensor pun juga sudah mengadopsi teknologi terkini.

Perbandingan hasil zoom Find X2 Pro dan Find X6 Pro

Jika dibandingkan, hasil teknologi hybrid zoom ini terasa sekali perbedaannya. Terutama dalam lompatan teknologi, baik dari sensor yang diusung, kualitas lensa, bahkan algoritma kecerdasan buatan. Find X2 Pro membawa sensor sebesar 13 Megapixel untuk telefoto sedangkan Find X6 Pro membawa sensor 50 Megapixel untuk lensa yang sama. Tentu akan berpengaruh pada ketajaman dan warna, karena cahaya yang ditangkap lebih banyak.

Bukan cuma itu, untuk kemampuan zoom-nya, Find X2 Pro mendukung 5x zoom sementara Find X6 Pro bisa sampai 6x zoom. Sekilas memang tidak jauh berbeda. Namun menurut OPPO, upgrade pada sensor, algoritma AI, dan jenis lensa bikin hasil akhirnya berbeda.

Berikut contoh perbandingan foto dari kamera loseless zoom yang diambil menggunakan Find X2 Pro dan Find X6 Pro (foto yang atas menggunakan 5x zoom Find X2 Pro, sementara dibawahnya menggunakan 6x zoom Find X6 Pro; begitu seterusnya):

5x optical zoom OPPO Find X2 Pro (3)

6x Optical Zoom OPPO Find X6 Pro (3)

5x optical zoom OPPO Find X2 Pro (1)

6x Optical Zoom OPPO Find X6 Pro (2)

5x optical zoom OPPO Find X2 Pro (2)

6x Optical Zoom OPPO Find X6 Pro (1)

Terlihat, noise pada Find X6 Pro jauh lebih rendah dan berhasil menampilkan gambar yang lebih sesuai aslinya. Menariknya lagi, kamera loseless zoom pada Find X6 Pro juga lebih ideal untuk pemotretan di kondisi minim cahaya atau malam hari.

Bagaimana menurut Anda? Setuju kalau Find X6 Pro menawarkan upgrade loseless zoom yang signifikan dari Find X2 Pro? Meskipun tampak begitu istimewa, sayangnya untuk saat ini OPPO hanya meluncurkan Find X6 Pro di pasar Tiongkok. Belum ada kepastian apakah nantinya akan dirilis secara global dan masuk Indonesia atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button