Home GadgetNewsVisual

Fitur Unggulan TV Samsung Neo QLED 8K 2023, Bisa Upscaling Film Lama Jadi Setara 8K

Samsung Indonesia hari ini, Senin (19/6), mengajak awak media untuk merasakan langsung seperti apa kecanggihan dari TV terbarunya, Samsung Neo QLED 8K 2023. Yang paling menarik, TV ini mampu menampilkan film lama dalam kualitas setara 8K.

Samsung Neo QLED 8K

Fitur unggulan Samsung Neo QLED 8K 2023

Setidaknya ada 5 fitur utama yang diperkenalkan oleh Samsung. Yuk, langsung saja kita bahas satu per satu:

1. Teknologi 8K AI Upscaling

Seperti disebutkan di atas, Samsung mengklaim TV barunya mampu meningkatkan kualitas gambar film atau video lama menjadi setara 8K. Kuncinya adalah Neural Quantum Processor 8K yang dibantu oleh kecerdasan buatan (AI). Teknologi yang pertama kali dirilis pada tahun 2019 ini telah mengalami peningkatan yang signifikan.

3. Neo QLED 8K Neural Quantum Processor 8K

Tahun lalu, fitur ini memiliki 20 neural network untuk menganalisa konten dan meningkatkan kualitasnya. Kini, total ada 64 neural network yang artinya kemampuan upscaling-nya menjadi lebih presisi dan akurat.

“Neural Quantum Processor 8K dari Samsung secara ‘ajaib’ akan mengubah konten apa pun menjadi setara 8K yang berkualitas tinggi, dengan tekstur lebih baik, detail yang lebih kaya, dan noise minimal,” kata Ubay Bayanudin, Head of Product – AV Business, Samsung Electronics Indonesia.

Ubay menambahkan, penambahan 44 neural networks menjadi 64membuat kemampuan AI Upscaling di Samsung Neo QLED 8K TV meningkat drastis. Cara kerja 8K AI Upscaling adalah dengan mengumpulkan dan mempelajari berbagai macam karakteristik konten berdasarkan jenisnya dan kemudian menyimpannya di dalam database. 8K AI Upscaling lalu menggunakan database itu untuk memproses jenis gambar yang serupa menjadi lebih tinggi resolusinya serta mengurangi kerusakan gambar atau noise.

2. Quantum Matrix Technology Pro

Quantum Matrix Technology Pro didukung 14-bit HDR Contrast dijanjikan akan menciptakan kontras tinggi dan gambar yang lebih nyata. Sekadar informasi, TV Samsung Neo QLED 8K menggunakan Quantum Mini LED. Total ada 33 juta piksel, atau empat kali jumlah piksel yang ditanamkan di layar 4K.

3. Real Depth Enhancer Pro

4. Neo QLED 8K Real Depth Enhancer Pro

Algoritma AI dari Real Depth Enhancer Pro akan menemukan di bagian mana pengguna lebih fokus dan meningkatkan kedalamannya. Pengguna akan merasakan efek 3D seperti melihat langsung ke lokasi, bukan melalui layar kaca. Samsung sempat memamerkan sedikit fitur ini dengan memutar film Lord of The Rings melalui Prime Video. Hasilnya gambar jadi terlihat lebih hidup dan tidak flat.

4. Auto HDR Remastering

Fitur baru ini menggunakan teknologi AI berbasis deep learning untuk mendeteksi konten SDR dan HDR, lalu meningkatkan kontras, warna, dan kecerahan pada konten SDR ke level HDR. Hasilnya, gambar lebih tajam dan kaya warna. Warna pada Samsung Neo QLED 8K sendiri sudah divalidasi oleh Pantone.

7. Neo QLED 8K Pantone Validated

5. Eye-Comfort Mode

Sesuai namanya, Eye-Comfort Mode akan memberi kenyamanan untuk menatap layar dalam waktu yang lama. Caranya adalah menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan pencahayaan di lingkungan TV berada. Fitur ini juga memanfaatkan data cuaca, waktu matahari terbit dan terbenam di Indonesia. Selain itu ada juga Anti Reflection yang akan mengurangi pantulan cahaya dari berbagai sudut manapun di ruangan.

6. Multi View

Multi View adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan hingga 4 konten berbeda secara bersamaan, dalam format splitscreen. Ya, jadi TV akan dibelah menjadi 4 bagian, sehingga setiap anggota keluarga bisa melihat konten favorit mereka sendiri dalam satu layar yang sama. Misalnya, orang tua menonton film, sementara anak-anak bermain game.

7. Q-Symphony 3.0

Terakhir dari sektor audio, Q-Symphony 3.0 akan mengharmonsasikan suara yang dikeluarkan speaker TV dengan yang keluar dari Samsung Soundbar HW-Q990C. Samsung juga tidak lupa membenamkan teknologi audio lainnya seperti Dolby Atmos dan fitur Object Tracking Sound Pro (OTS Pro) untuk menciptakan 3D surround sound yang dinamis.

5. Neo QLED 8K Dolby Atmos

Harga Samsung Neo QLED 8K 2023

Itulah beberapa fitur unggulan dari TV Samsung Neo QLED 8K 2023. Bagi yang bermina, Samsung Indonesia meluncurkan tiga model Neo QLED 8K yaitu QN900C (85 inci), QN800C (75 inci), QN700C (65 inci dan 55 inci), dengan harga mulai dari Rp27.999.000 sampai dengan Rp129.999.000. Pembelian bisa melalui Samsung.com maupun gerai resmi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button