Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2: Janjikan Performa Kencang Berkat CPU Cortex X2

Qualcomm mengumumkan kehadiran chipset terbarunya yang diberi nama Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2. Dibanding generasi sebelumnya, tentu SoC ini menawarkan kinerja yang lebih bertenaga serta efisiensi daya yang lebih baik lagi.

Fitur Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2

Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2

Qualcomm menjelaskan bahwa Snapdragon 7+ Gen 2 dipersenjatai CPU Kryo berkecepatan 2.91GHz yang punya peningkatan perforam sebesar 50 persen dari Snapdragon 7 Gen 1, serta GPU Adreno yang 2 kali lipat lebih kencang. Soal efisiensi daya, Qualcomm mengklaim peningkatannya mencapai 13 persen di seluruh sistem. Snapdragon 7+ Gen 2 dibangun di atas proses manufaktur 4nm TSMC, arsitektur 64-bit.

Yang menarik, untuk pertama kalinya Snapdragon 7-series menggunakan Arm Cortex X-series pada core CPU-nya, sama dengan yang digunakan oleh seri flagship Snapdragon 8 Gen 1. CPU-nya terdiri atas 1 core utama berbasis Arm Cortex X2, 3 core untuk performa berbasis Arm Cortex A710, dan 4 core untuk efisiensi berbasis Arm Cortex A510.

Ada sederet fitur premium yang diusungnya. Sebut saja Snapdragon Elite Gaming seperti Auto Variable Rate Shading (VRS), untuk mengoptimalkan daya dan kinerja dengan me-render konten secara fokus pada resolusi penuh dan latar belakang adegan pada resolusi yang lebih rendah.

Sementara Volumetric Rendering menambahkan realisme pada adegan game dengan grafis partikel seperti kabut dan asap. Ada juga Snapdragon Sound dengan Qualcomm aptX untuk streaming musik yang stabil dan bebas delay saat bermain game.

Dari sektor imaging, Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2 dibekali Triple ISP 18-bit. Pengguna dijanjikan bisa mengambil gambar yang lebih baik saat low light, karena SoC ini dapat mengambil 30 gambar dan menggabungkan bagian-bagian terbaik menjadi satu foto untuk hasil yang lebih terang, jernih, dan berwarna di malam hari. Pengguna juga bisa merekam video 4K HDR.

Foto 1 Snapdragon 7Gen 2 Mobile Platform Badge

Performa AI pun meningkat 2x lipat dengan performa 40% lebih baik per Watt dibandingkan pendahulunya. Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2 memungkinkan AI Super Resolution yang secara cerdas mampu meningkatkan adegan game atau foto untuk kualitas visual dari gambar beresolusi rendah (1080p ke 4K).

“Peluncuran Snapdragon 7+ Gen 2 hari ini menggambarkan kemampuan kami untuk menghadirkan beberapa fitur unggulan yang paling banyak diminati ke dalam seri Snapdragon-7 kami yang membuatnya dapat diakses oleh lebih banyak orang,” jelas Christopher Patrick, Senior Vice President dan General Manager of Mobile Handsets, Qualcomm Technologies, Inc.

Soal konektivitas, Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2 didukung Snapdragon X62 5G Modem-RF System dengan kecepatan unduh hingga 4.4 Gbps. Modem ini juga diklaim lebih hemat daya. Terakhir, ada Qualcomm® FastConnect 6900 Mobile Connectivity System untuk Wi-Fi hingga 3.6 Gbps.

Hadir di POCO F5

Hp terbaru POCO, POCO F5 akan menjadi yang pertama menghadirkan Snapdragon 7+ Gen 2 untuk pasar Indonesia. Kita tunggu saja peluncurannya dalam waktu dekat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button