Quantcast
KomputerLaptop GamingNewsProduct News

Mengenal Lenovo LOQ, Jagoan Baru Laptop Gaming untuk Gamer Pemula

Di gelaran Lenovo Innovate 2023, Lenovo resmi memperkenalkan sub-brand gaming terbarunya di Indonesia yang diberi nama LOQ. Laptop gaming ini akan melengkapi Legion dan IdeaPad Gaming yang telah lebih dulu populer di kalangan gamer tanah air. Berikut segala hal yang gamer perlu ketahui mengenai Lenovo LOQ.

Lenovo LOQ

1. Filosofi Lenovo LOQ

Patut diakui nama LOQ memang sangat unik dan tidak biasa. Menurut Lenovo, LOQ memiliki arti “Kunci”. Jadi, LOQ bisa dipilih untuk para gamer baru untuk memulai langkah pertama dalam perjalanan gaming mereka.

Memungkinkan para gamer untuk menjelajahi dunia virtual baru dan terhubung dengan komunitas baru di dunia nyata dengan perangkat gaming yang mumpuni dan kaya fitur tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

2. LOQ adalah penyempurnaan dari IdeaPad Gaming-Series

Satu hal yang menarik dari LOQ adalah laptop gaming ini menggabungkan sederetan keunggulan IdeaPad Gaming-Series dan Legion sebelumnya. Menurut kami, LOQ adalah versi penyempurnaan dari IdeaPad Gaming sebelumnya.

Lenovo LOQ 5

Garis desain LOQ terlihat mirip dengan IdeaPad Gaming. Bahkan, rancangan bodinya juga sama-sama tahan banting dengan standar militer MIL-STD 810H6. LOQ dan IdeaPad Gaming juga membawa ukuran layar yang sama yakni 15.6 inci WQHD 2560×1440, 100% sRGB, dan mendukung refresh rate 165 Hz.

Sementara, desain seperti lekukan port konektivitas di bagian belakang laptop dan huruf “O” pada LOQ sama seperti Legion.

Lenovo LOQ

LOQ juga membawa fitur Mux Switch yang tidak ada di lini IdeaPad Gaming. Paling penting, Lenovo turut menyematkan teknologi gaming teranyarnya yakni chip Lenovo LA AI yang juga ada di Legion Series Generasi Kedelapan.

Lenovo LOQ

Chip ini akan memberdayakan fitur Lenovo AI Engine+ untuk menyesuaikan watt dan kinerja termal secara dinamis, mengoptimalkan framerate dalam game. Bahkan, memanfaatkan pembelajaran mesin untuk menganalisis kebiasaan penggunaan untuk lebih meningkatkan kinerja game dari waktu ke waktu.

3. Opsi prosesor dengan Intel Core Generasi Ke-13 dan AMD Ryzen 7000 series

Lenovo LOQ

LOQ juga menawarkan performa kencang. Laptop gaming ini akan tersedia dengan opsi prosesor Intel Core Generasi Ke-13 dan AMD Ryzen 7000 Series. RAM yang didukungnya bisa hingga 16GB dan tersedia ruang penyimpanan SSD dengan kapasitas hingga 512GB. Jika kurang RAM dan ruang penyimpaan SSD tersebut masih bisa diperluas berkat dua slot RAM dan dua slot PCIe untuk SSD yang tersedia.

4. Didukung kartu grafis diskrit Nvidia GeForce RTX 40-series dengan TGP lebih tinggi

Lenovo LOQ

Di beberapa varian IdeaPad Gaming Generasi Ketujuh memang sudah tersedia dukungan opsi kartu grafis Nvidia GeForce RTX 40-series. Tapi, satu hal yang perlu gamer cermati adalah TGP kartu grafis Nvidia GeForce RTX 40-series di LOQ lebih tinggi.

Sebagai contoh, LOQ membawa kartu grafis RTX 4050 dengan TGP 95W. Sementara, IdeaPad Gaming dengan RTX 4050 TGP 85W. Dengan TGP yang lebih tinggi performa grafis di LOQ tentu akan lebih baik. Tidak hanya itu saja, LOQ juga akan tersedia dengan opsi kartu grafis RTX 4060 dengan TGP 115W.

5. Fitur kekinian dan komplit di kelasnya

Lenovo LOQ

Sederetan fitur kekinian laptop gaming juga bisa ditemukan di LOQ. LOQ sudah dilengkapi dengan keyboard gaming khas Lenovo berukuran penuh dengan fitur numpad, key travel 1,5 mm, dan teknologi anti-ghosting 100%. Keyboard tersebut juga sudah dilengkapi dengan pencahayaan backlit RGB 4 zona opsional. Di sektor audio LOQ membawa speaker dengan dukung Nahimic Gaming Audio.

Laptop gaming ini juga sudah mendukung fitur isi ulang cepat lewat teknologi Super Rapid Charge. Pengisian daya dengan charger 140W turut didukungnya untuk menambah portabilitas saat bepergian.

Harga Lenovo LOQ

LOQ saat ini sudah tersedia di Indonesia dan dijual dengan harga mulai dari Rp18.499.000. Dalam paket penjualan LOQ sudah termasuk dengan Windows 11 dan Microsoft Home and Student 2021. LOQ juga akan mendapatkan garansi Lenovo Premium 2 Care dan 2 tahun ADP (Accidental Damage Protection).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button