Quantcast
Mobile GadgetNewsWearable

Apple Vision Pro: Headset VR/AR Canggih, Mampu Gabungkan Dunia Nyata dengan Konten Digital

Apple memperkenalkan headset Virtual Reality dan Augmented Reality pertamanya yang diberi nama Apple Vision Pro. Perangkat canggih ini disebut Apple sebagai Spatial Computer, karena mampu menggabungkan dunia nyata dan konten digital secara mulus. Seperti apa?

Spesifikasi Apple Vision Pro

Apple Vision Pro

Apple Vision Pro berjalan dengan sistem operasi baru yang disebut VisionOS. Headset ini memiliki display yang dapat menampilkan 23 juta pixel (lebih dari TV 4K) pada masing-masing layar OLED untuk mata kiri dan kanan.

Ada juga lensa custom catadioptric yang diklaim dapat memberikan ketajaman dan kejernihan tinggi, dengan warna yang kaya serta dynamic range tinggi. Bagi pengguna dengan kebutuhan koreksi penghilatan, Apple membenamkan Zeiss Optical Inserts sehingga pengguna bisa tetap melihat dengan jelas.

Vision Pro merupakan headset VR/AR yang dipersenjatai chipset Apple M2 versi dual-core. Selain itu, Apple turut menanamkan chip R1 terbaru untuk memproses input dari 12 kamera, 5 sensor, dan 6 mikrofon. Chip R1 ini akan mengirimkan gambar ke layar dengan latensi hanya 12ms saja.

Apple Vision Pro Battery

Dari sektor daya, Vision Pro dibekali baterai eksternal yang mampu membuatnya menyala hingga 2 jam. Pengguna dapat melakukan navigasi pada antarmuka VisionOS menggunakan mata, tangan, dan suara. Ya, tidak butuh controller tambahan.

Lewat fitur bernama EyeSight, pengguna bisa melihat apa yang terjadi di sekitarnya tanpa perlu membuka heaset. Headset ini juga memungkinkan penggunanya melakukan panggilan FaceTime secara imersif. Spatial Audio? Tentu tersedia.

Apple Vision Pro 3

Harga Apple Vision Pro

Bagi yang berminat, Apple Vision Pro rencananya baru akan dijual di Amerika Serikat pada awal tahun 2024 mendatang. Harganya cukup premium, yaitu US$3499 atau sekitar 52 juta rupiah.

Kesan pertama

Meski harganya relatif mahal, namun Vision Pro menjanjikan pengalaman VR/AR yang futuristik. Anda bisa menikmati konten digital dan menggabungkannya dengan dunia nyata tanpa batas. Menarik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button